BERITA PRAKERJA Masih Tidak Lolos Prakerja 2023? Gunakan Surat Pernyataan Ini, Dijamin Auto Lolos!

Masih Tidak Lolos Prakerja 2023? Gunakan Surat Pernyataan Ini, Dijamin Auto Lolos!

Oleh Syamsul Arifin | Jumat, 3 Maret 2023

Masih Tidak Lolos Prakerja 2023? Gunakan Surat Pernyataan Ini, Dijamin Auto Lolos!

Masih tidak lolos Prakerja 2023? Kamu bisa mengikuti tips berikut ini dan mengisi data dengan Surat Pernyataan Gagal jika kamu sudah gagal 3 kali berturut-turut. Kamu juga bisa download surat pernyataan tersebut pada link di bawah.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Prakerja 2023 baru saja dibuka dan saat ini jumlah pendaftarnya terus mengalami peningkatan. Sayangnya, dari banyaknya peserta pasti ada yang tidak lolos. Tidak lolos ini disebabkan beberapa hal. Simak terus sampai selesai ya.

Cara Lolos Prakerja 2023

Penyebab gagal atau tidak lolos menjadi peserta Prakerja 2023 bisa karena berbagai hal. Misalnya data yang dimasukkan tidak tepat atau kurang lengkap. Bisa juga karena foto KTP tidak jelas atau bahkan kamu bisa saja gagal mendaftar karena jumlah kuota sudah habis.

Kamu dapat membaca artikel 10 Ribu Peserta Lolos Kartu Prakerja 2023, Ini Dia Bocoran Cara Lolosnya! untuk mengetahui beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar lolos Prakerja 2023. Di dalam artikel tersebut ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan agar bisa melakukan pendaftaran Prakerja 2023 dengan benar.

Penyebab Gagal Lolos Prakerja 2023

Secara umum, penyebab peserta gagal lolos Prakerja 2023 terdiri dari dua hal, yakni gagal verifikasi data dan gagal karena jumlah kuota sudah terpenuhi. Silakan simak penjelasan berikut ini.

- Gagal Karena Verifikasi Data

Gagal dalam verifikasi data umumnya terjadi pada saat kamu mengisi data di form yang tersedia. Data ini berhubungan dengan KTP (Kartu Tanda Penduduk) dan KK (Kartu Keluarga). Yang paling sering terjadi adalah adanya ketidaksesuaian data antara yang ada di KTP dengan data dari DUKCAPIL (Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil).

Jika kamu menghubungi CS (Customer Service) prakerja.go.id mengenai gagalnya verifikasi data ini, pihak CS juga akan melakukan pengecekan ke DUKCAPIL. Oleh sebab itu, ada baiknya kamu bisa mendatangi DUKCAPIL di daerah kamu terlebih dahulu jika terjadi gagal verifikasi data di situs prakerja.go.id.

Verifikasi Data - Masih Tidak Lolos Prakerja - GAMELAB.ID

- Gagal Karena Kuota Prakerja Habis

Kamu pasti sudah tahu kan kalau ada batasan jumlah kuota Prakerja 2023 ini? Di artikel 10 Ribu Peserta Lolos Kartu Prakerja 2023, Ini Dia Bocoran Cara Lolosnya kamu akan tahu jika di tahap awal pemerintah baru membuka 10 ribu kuota saja.

Tapi, jumlah ini akan terus bertambah seiring dengan makin banyak lembaga pelatihan yang menjadi mitra Prakerja 2023. Artinya, untuk tahap awal ini hanya ada 10 ribu kuota saja. Jika jumlah kuota 10 ribu sudah terpenuhi dan belum ada lembaga pelatihan baru yang menjadi mitra, maka untuk sementara kamu tidak bisa mendaftar.

Berdasarkan informasi yang bisa kamu baca di artikel Info Penting Kartu Prakerja 2023: Ketentuan, Syarat dan Jadwal Pendaftaran, diinformasikan bahwa untuk tahap pertama pemerintah akan membuka 1 juta kuota untuk peserta Prakerja 2023.

Cara Cek Lolos atau Tidak Ikut Prakerja 2023

Karena sejauh ini belum ada informasi jika kuota sudah terpenuhi, kamu bisa melakukan pendaftaran secepatnya. Jika sudah melakukan pendaftaran dengan benar, ada baiknya untuk mengecek statusnya atau notifikasi di dashboard prakerja secara berkala. 

Jika ternyata tidak lolos, kamu bisa mengetahui apa yang menjadi penyebab kenapa kamu tidak lolos Prakerja 2023. Bagaimana caranya? Silakan ikuti cara berikut ini:

1. Login terlebih dahulu ke situs resmi prakerja.go.id dengan akun Prakerja kamu yang sudah terdaftar. Kamu bisa ikuti cara pendaftarannya di sini.

2. Cek dashboard Prakerja dan pilih menu ‘Riwayat Gelombang’. Di menu ini, ada informasi tentang gelombang sebelumnya yang sudah kamu daftar. Jika kamu gagal, kamu bisa mengetahui alasannya kenapa bisa gagal.

Jadi, pastikan dengan detail kamu melakukan pendaftaran dengan mengisi data yang benar. Selain itu, kamu juga sebaiknya mengerjakan tes online di situs prakerja.go.id dengan sebaik mungkin. Sehingga, hasil tesnya pun maksimal.

Riwayat Gelombang - triharyono.com - GAMELAB.ID

Lakukan Pendaftaran Ulang Prakerja

Jika kamu sudah tahu penyebab yang membuat kamu gagal lolos Prakerja 2023, sekarang kamu perlu melakukan pendaftaran ulang Kartu Prakerja. Saat melakukan pendaftaran ulang ini, usahakan untuk tidak melakukan kesalahan yang sama dengan pendaftaran sebelumnya.

Jika kamu tahu penyebab gagal lolos Prakerja 2023 adalah karena kesalahan pengisian data, maka untuk kali ini pastikan semua data sudah benar. Setelah data sudah dipastikan valid, kerjakan tes dengan teliti agar hasilnya lebih maksimal.

Login Ulang ke Situs Prakerja

Jika penyebab gagal lolos Prakerja 2023 karena kuota sudah penuh, maka yang perlu kamu lakukan hanya login ulang dengan akun Prakerja pada saat gelombang baru telah dibuka. Untuk itu, kamu harus selalu update dengan informasi terbaru seputar gelombang Prakerja 2023 ini.

Setiap gelombang Prakerja memiliki jumlah kuota dan periode pendaftaran berbeda-beda. Oleh sebab itu, jika kamu sudah tahu informasi gelombang baru telah dibuka maka segera lakukan pendaftaran. Jangan sampai terlambat atau kuota akan kembali terpenuhi.

Ingat, yang melakukan pendaftaran Prakerja 2023 ini dari seluruh Indonesia. Jadi, kuota gelombang Prakerja yang baru dibuka pun bisa penuh hanya dalam hitungan menit atau jam.

Menggunakan Surat Pernyataan Jika Gagal 3 Kali

Buat kamu yang sudah mendaftar Prakerja 2023 dan gagal hingga 3 kali, kamu masih memiliki kesempatan untuk lolos Prakerja 2023. Kamu masih bisa melakukan pendaftaran untuk gelombang terbaru yang sudah dibuka. Kamu hanya perlu mengisi data di Surat Pernyataan Gagal dan mengirimkannya ke alamat e-mail kepesertaan@prakerja.go.id.

Ikuti cara berikut untuk membuat Surat Pernyataan Gagal:

1. Silakan klik link di bawah ini untuk mengunduh (download) template Surat Pernyataan Gagal

Surat Pernyataan Gagal Prakerja 3 Kali

2. Setelah selesai download, silakan print terlebih dahulu (untuk materai biasa, skip langkah ini jika kamu menggunakan e-materai)

3. Selanjutnya, kamu perlu mengisi datanya dengan benar

4. Jangan lupa untuk menyertakan materai 10.000. Kamu juga bisa membeli e-materai melalui situs e-materai.co.id.

5. Jika menggunakan materia biasa, maka kamu perlu melakukan tanda tangan secara offline juga. Sedangkan jika menggunakan e-materai, kamu bisa melakukan tanda tangan melalui aplikasi.

6. Jika data sudah terisi dan lengkap dengan materai/e-materai serta tanda tangan, kirimkan Surat Pernyataan Gagal ini ke alamat e-mail kepesertaan@prakerja.go.id.

Tidak Lolos Prakerja - GAMELAB.ID

Baca Juga : Mengintip Dunia Programmer, Apa yang Tidak Dikatakan di Kampus!

Penutup

Program Kartu Prakerja 2023 memang sudah dibuka. Lembaga pelatihan yang menjadi mitra Prakerja 2023 pun terus bertambah. Salah satunya adalah GAMELAB.ID yang telah resmi menjadi mitra Prakerja 2023.

Jika kamu sudah terdaftar menjadi peserta Program Kartu Prakerja 2023, pastikan untuk memilih Kelas Prakerja di GAMELAB.ID. Ada banyak pilihan kelas yang bisa kamu ikuti untuk meningkatkan skills. Sebagai informasi, Kelas Prakerja GAMELAB.ID menggunakan kurikulum yang diformulasikan sesuai dengan kebutuhan industri.

Dengan demikian, lulus dari kelas tersebut kamu akan lebih siap dan percaya diri untuk melamar kerja. Pastinya, kamu juga akan mendapatkan sertifikat resmi dari GAMELAB.ID setelah menyelesaikan Kelas Prakerja. Yuk, segera daftar sekarang atau hubungi Tim GAMELAB.ID di sini.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Jumat, 3 Maret 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI