BERITA SMK Jurusan Multimedia: Pengertian dan 4 Alasan Memilihnya

Jurusan Multimedia: Pengertian dan 4 Alasan Memilihnya

Oleh Syamsul Arifin | Senin, 6 Maret 2023

Jurusan Multimedia: Pengertian dan 4 Alasan Memilihnya

Jurusan Multimedia adalah jurusan SMK yang mempelajari bagaimana memanfaatkan teknologi untuk membuat aset digital seperti game, gambar, video, teks, desain dan lain-lain. Yuk, cari tahu lebih lanjut di artikel ini.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Sebelumnya, Tim GAMELAB.ID telah membahas Jurusan RPLG (Rekayasa Perangkat Lunak dan Gim). Selain RPLG, ada cukup banyak jurusan SMK lainnya yang dapat kamu pilih. Salah satunya adalah Jurusan Multimedia. Jurusan ini sangat cocok untuk kamu yang kreatif sekaligus memiliki ketertarikan dengan dunia teknologi. 

Jurusan Multimedia

Jurusan Multimedia adalah salah satu jurusan SMK yang fokus mempelajari penggunaan komputer untuk menyajikan suara, teks, gambar, animasi bahkan video dengan software tertentu. Beberapa software yang sering digunakan di antaranya adalah Freehand, CorelDRAW, Adobe Photoshop dan lain-lain.

Jurusan Multimedia fokus pada penggunaan teknologi untuk memproduksi konten multimedia. Multimedia sendiri terbagi menjadi dua, yakni interaktif dan linear. Multimedia linear berarti tidak ada alat pengontrol yang bisa digunakan oleh pengguna. Misalnya seperti film dan televisi.

Sedangkan multimedia interaktif berarti konten multimedia yang memiliki alat pengontrol yang bisa digunakan oleh pengguna. Misalnya adalah game edukasi seperti Marbel atau game lainnya. 

Oleh sebab itu, kamu yang memilih Jurusan Multimedia, nantinya akan selalu berhubungan dengan konten atau aset digital. Industri ini membutuhkan orang-orang kreatif. Sehingga, kamu yang memang menyukai industri kreatif ini, sangat cocok untuk memilih Jurusan Multimedia.

Pengetahuan dan Keahlian Jurusan Multimedia

Jika kamu memilih Jurusan Multimedia, ada beberapa keterampilan atau kemampuan yang akan kamu pelajari. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa lihat daftar keterampilan Jurusan Multimedia berikut ini:

- Keterampilan menggambar teknis

- Kemampuan menggunakan software gambar

- Kemampuan imajinasi

- Kemampuan berpikir kreatif dan terstruktur

- Skills memecahkan masalah

- Pemahaman artistik

- Kemampuan bekerja bersama tim

- Pemahaman komposisi warna 

Keterampilan di atas dapat kamu pelajari selama mengikuti kegiatan pembelajaran dan pelatihan di Jurusan Multimedia. Nantinya, setiap bidang keahlian juga memiliki skills tersendiri seperti bidang desain grafis yang membutuhkan skills membuat desain, layout dan lain sebagainya.

Bidang lain misalnya seperti ilustrasi atau animasi, kamu membutuhkan kemampuan kreatif dan pemahaman terkait penggunaan software untuk membuat ilustrasi dan animasi. Oleh sebab itu, pastikan untuk fokus di salah satu bidang Jurusan Multimedia, kemudian pelajari berbagai materi termasuk skills yang dibutuhkan. Sehingga, kamu bisa menjadi seorang ahli.

Jurusan Multimedia - GAMELAB.ID

4 Alasan Memilih Jurusan Multimedia

Jika kamu masih belum yakin untuk memilih Jurusan Multimedia, 4 alasan berikut ini dapat menjadi motivasi. Jadi, silakan pahami alasan-alasan berikut ini agar makin yakin untuk mengambil Jurusan Multimedia baik ketika masuk SMK atau Perguruan Tinggi.

1. Lebih Siap Menghadapi Perkembangan Teknologi

Dengan memilih Jurusan Multimedia, kamu akan lebih siap untuk menghadapi perkembangan teknologi. Sebab, setiap hari kamu akan berhubungan dengan namanya teknologi, terutama teknologi digital. Perkembangan teknologi digital sendiri sangat pesat.

Tapi, untuk bisa mengikuti perkembangan teknologi, kamu harus terus melakukan update, baik itu update informasi maupun skills. Mau tidak mau, pada akhirnya kamu pun harus selalu upgrade dan optimasi skills mengikuti perkembangan teknologi yang terjadi.

2. Menghasilkan Karya Digital yang Dibutuhkan

Ketika kamu menekuni bidang multimedia, kamu akan mampu mengembangkan kreativitas dalam diri. Salah satu bentuk kreativitas tersebut adalah membuat karya atau produk yang dapat dinikmati banyak orang. Misalnya seperti game, film atau video animasi.

Karya digital ini bahkan bisa menjadi produk komersial dengan keuntungan yang menggiurkan. Kamu bisa membuat game berbayar dengan metode subscription (langganan). Ada juga yang memberikan opsi membeli game di awal dan selanjutnya tidak perlu membayar lagi.

3. Belajar Banyak Hal Terkait Teknologi

Kamu yang memilih Jurusan Teknologi, dapat mempelajari banyak ilmu terkait dengan teknologi. Beberapa di antaranya seperti ilmu komputer, videografi hingga pemrograman website. 

Oleh sebab itu, banyak profesi yang bisa kamu pilih. Kamu bisa memulai dengan skills atau passion yang kamu miliki. Alasan ini pula yang sering digunakan oleh orang yang ingin menekuni Jurusan Multimedia.

4. Peluang Kerja Luas

Industri teknologi terus berkembang bahkan mengalami pertumbuhan yang sangat pesat. Ada banyak perusahaan baru termasuk startup seperti GAMELAB.ID dan Educa Studio yang memang fokus dalam membuat aset digital.

Untuk itu, peluang Jurusan Multimedia juga sangat besar sekaligus menjanjikan. Ada banyak profesi yang bisa kamu tekuni terkait dengan multimedia. Apalagi jika skills kamu di atas rata-rata, maka mendapatkan pekerjaan di industri kreatif atau digital sangat mudah.

Jurusan Multimedia - GAMELAB.ID

Baca Juga : Ekplorasi Game VR dan Animasi, SMK PGRI 1 Ponorogo Kunjungan ke Gamelab Indonesia

Penutup

Jurusan Multimedia menjadi salah satu jurusan yang sangat digemari di SMK bahkan Perguruan Tinggi. Peminat yang sangat banyak pada jurusan ini bukan tanpa alasan. Di antara alasan tersebut, sudah kami sampaikan di atas.

Pertanyaannya adalah bagaimana caranya melakukan optimasi skills yang berhubungan dengan Jurusan Multimedia? Ada banyak cara untuk meningkatkan skills sesuai Jurusan Multimedia. Salah satunya adalah dengan mengikuti pelatihan dari lembaga resmi seperti GAMELAB.ID.

Di GAMELAB.ID, kamu bisa memilih Kelas Akademi sesuai passion kamu di bidang multimedia. Untuk kamu yang memiliki saldo Prakerja, bisa memilih Membuat Musik Digital Menggunakan FL Studio untuk Menjadi Multimedia Designer. Di sini, kamu bisa belajar banyak tentang pembuatan musik secara digital.

Sedangkan jika kamu adalah pelajar SMK, sekolah kamu bisa bekerja sama dengan GAMELAB.ID untuk membentuk Kelas Industri. Kelas ini difokuskan untuk mencetak generasi siap kerja dan wirausaha.

Kelas Industri ini adalah salah satu bagian dari Program SMK Binaan GAMELAB.ID. Sampaikan ke guru atau sekolah kamu untuk segera mengadakan kerja sama dengan GAMELAB.ID dengan menghubungi Tim GAMELAB.ID di sini.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Senin, 6 Maret 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI