BERITA PRESS RELEASE Kunjungan Industri SMK Bina Cendekia Cirebon ke GAMELAB.ID

Kunjungan Industri SMK Bina Cendekia Cirebon ke GAMELAB.ID

Oleh Syamsul Arifin | Selasa, 7 Maret 2023

Kunjungan Industri SMK Bina Cendekia Cirebon ke GAMELAB.ID

SMK Bina Cendekia Cirebon mengadakan kegiatan Kunjungan Industri ke GAMELAB.ID. Kegiatan ini diikuti sekitar 140 peserta yang penuh antusias. Kunjungan Industri ini dimulai dengan seminar dan pengenalan produk PT Educa Sisfomedia Indonesia.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Kunjungan Industri adalah salah satu kegiatan yang ada di dalam kurikulum pendidikan SMK. Nama lain dari Kunjungan Industri adalah Visit Industrial. Ini adalah kegiatan rutin yang dilakukan oleh Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang bertujuan untuk mengenalkan pada siswa-siswi SMK tentang dunia kerja atau dunia usaha.

Seminar Kunjungan Industri SMK Bina Cendekia Cirebon

Pada hari Senin (6/3/2023), siswa-siswi dari SMK Bina Cendekia Cirebon melakukan Kunjungan Industri ke GAMELAB.ID. Mereka hadir dengan setelan berwarna coklat muda dan biru tua. Mereka pun tampak antusias ketika memasuki area aula GAMELAB.ID untuk mengikuti kegiatan pertama, yakni seminar Kunjungan Industri.

Kunjungan Industri SMK Bina Cendekia Cirebon - GAMELAB.ID

Seminar Kunjungan Industri ini dibawakan oleh Kak Nia. Seperti biasa, Kak Nia pun membuka acara seminar ini dengan menyapa peserta Kunjungan Industri dengan sapaan khasnya. “Selamat pagi!”, ujar Kak Nia. Siswa-siswi SMK Bina Cendekia Cirebon pun membalasnya dengan penuh semangat, “Pagi, Pagi, Pagi!”. 

Suasana di aula GAMELAB.ID pun semakin meriah dengan tepuk tangan semua peserta Kunjungan Industri. Siswa-siswi SMK Bina Cendekia Cirebon yang berjumlah sekitar 140 orang ini memang penuh semangat untuk mengikuti kegiatan Kunjungan Industri.

Kunjungan Industri SMK Bina Cendekia Cirebon - GAMELAB.ID

Dalam kegiatan seminar ini, Kak Nia mengenalkan perusahaan PT Educa Sisfomedia Indonesia dan startup yang ada di bawahnya, yakni Educa Studio dan GAMELAB.ID. Educa Studio sendiri memiliki beberapa produk unggulan berupa game edukasi Marbel (Mari Belajar), aplikasi Riri (Cerita Anak Interaktif), Channel YouTube Riri, aplikasi Kabi (Kisah Sahabat Nabi) dan lain-lain.

Sedangkan GAMELAB.ID memiliki produk unggulan seperti Kelas Akademi, Kelas Industri, SMK Binaan, Magang Online, Teaching Factory dan banyak lagi. Produk unggulan ini ada yang khusus untuk siswa-siswi SMK seperti Kelas Industri dan ada juga untuk pelajar selain SMK dan untuk mahasiswa yaitu Magang Online.

Kunjungan Industri SMK Bina Cendekia Cirebon - GAMELAB.ID

Baca Juga : Menuju Keunggungalan, SMKN 3 Sekayu Mengadakan UKK dengan Dukungan Gamelab Indonesia

Keseruan Kunjungan Industri SMK Bina Cendekia Cirebon

Setelah pengenalan profil perusahaan, Kak Nia juga menyampaikan materi menarik seputar pembuatan animasi. Siswa-siswi SMK Bina Cendekia pun memperhatikan dengan detail prosesnya.

Proses pembuatan animasi sendiri dimulai dari membuat karakter berupa gambar dengan software gambar hingga memisahkan beberapa bagian gambar. Bagian gambar yang terpisah ini nantinya akan diberi efek gerak atau animasi. Dengan demikian gambar tadi akan bisa bergerak sesuai dengan keinginan si animator.

Tahapan selanjutnya adalah pemberian suara dan juga musik. Untuk suara bisa melalui voice over dari talent. Sedangkan untuk pembuatan musik digital, bisa menggunakan software bernama FL Studio. Jika kamu memiliki saldo Prakerja, bisa mengikuti kelas Membuat Musik Digital Menggunakan FL Studio Untuk Menjadi Multimedia Designer.

Kunjungan Industri SMK Bina Cendekia Cirebon - GAMELAB.ID

Setelah selesai mengikuti seminar Kunjungan Industri bersama Kak Nia, siswa-siswi SMK Bina Cendekia Cirebon diberi waktu untuk mencoba produk dari Educa Studio. Misalnya seperti mencoba bermain game dan animasi dengan layar sentuh (touchscreen) dan game yang bisa dimainkan dengan menggunakan kacamata AR/VR.

Kunjungan Industri di GAMELAB.ID memang seru dan dapat memberikan banyak manfaat untuk siswa-siswi SMK. Jika sekolah kamu belum pernah mengadakan Kunjungan Industri ke GAMELAB.ID, yuk segera infokan ke guru atau  sekolah kamu. Informasi lebih lanjut tentang Kunjungan Industri atau program GAMELAB.ID lainnya, silakan hubungi Tim GAMELAB.ID di link ini.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Selasa, 7 Maret 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI