BERITA CREATIVE, DESAIN & MULTIMEDIA Ingin Jadi Desainer Grafis? Kuasai 10 Skills Desainer Grafis Pemula Ini!

Ingin Jadi Desainer Grafis? Kuasai 10 Skills Desainer Grafis Pemula Ini!

Oleh Syamsul Arifin | Jumat, 17 Maret 2023

Ingin Jadi Desainer Grafis? Kuasai 10 Skills Desainer Grafis Pemula Ini!

Sebagai desainer grafis pemula membutuhkan beberapa skills yang dibutuhkan oleh industri kreatif. Dengan menguasai skills berikut ini, kamu akan lebih mudah untuk diterima perusahaan atau industri kreatif.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Desainer grafis adalah orang yang menciptakan karya dan kegiatan kreatif untuk berbagai jenis media dengan mengandalkan unsur visual dan tulisan. Biasanya, desainer grafis menggunakan software desain seperti Canva, CorelDRAW dan lain sebagainya untuk membuat berbagai karya desain.

10 Skills Desainer Grafis Pemula

Ada beberapa skills yang harus dimiliki oleh desainer grafis. Jika kamu ingin menjadi desainer grafis profesional, kamu pun harus memiliki beberapa skills berikut ini:

1. Mengetahui Prinsip Desain UX

Desainer UX (User Experience) memiliki tugas untuk memberikan pengalaman yang baik pada audiens atau pengguna aplikasi dan website. Memang, desainer grafis biasanya pekerjaannya lebih sering membuat karya desain untuk iklan atau media sosial, tapi tidak sedikit juga perusahaan yang membutuhkan desainer UX.

Desainer UX biasanya dibutuhkan oleh perusahaan yang bergerak di bidang kreatif misalnya perusahaan game atau pembuat aplikasi. Perusahaan seperti ini membutuhkan skills desainer UX untuk menciptakan pengalaman pengguna yang menyenangkan.

2. Skills Gaya Tulisan (Tipografi)

Skills desainer grafis (graphic designer) berikutnya adalah skill membuat tulisan atau tipografi. Tipografi adalah unsur yang sangat penting dalam pembuatan karya desain grafis. Gaya tulisan atau tipografi harus menarik perhatian audiens bahkan membuat mereka memahami pesan di dalam karya desain.

3. Skills Menggunakan Software Desain

Jika kamu ingin menjadi desainer grafis di perusahaan kreatif, maka kamu harus memiliki skills di bidang desain digital. Untuk membuat desain digital, kamu harus mampu menguasai satu atau beberapa tools atau software desain. Misalnya seperti Canva, CorelDRAW, Adobe Photoshop, Adobe InDesign, Adobe Illustrator dan lain-lain.

4. Skills Mengombinasikan Ide (Ideation)

Ideation adalah proses untuk menghasilkan, mengembangkan serta mengomunikasikan ide baru. Seorang desainer grafis, perlu memiliki skills ini untuk menginterpretasikan ide menjadi karya desain yang menarik dan mengandung pesan yang tepat.

5. Skills Menggunakan Prinsip Desain

Prinsip desain mengatur penyusunan berbagai elemen desain dan mengombinasikannya untuk menciptakan sebuah karya desain. Berdasarkan Shillington Education, prinsip desain itu ada 5 yaitu balance, alignment, repetition, contrast dan hierarchy. Seorang desainer grafis harus memiliki skills untuk menggunakan prinsip desain dengan baik.

Skill Designer Pemula - GAMELAB.ID

6. Skills Kreativitas

Pekerjaan desain grafis menuntut kreativitas tinggi. Dengan kreativitas tinggi, seorang desainer grafis dapat membuat karya desain fenomenal bahkan bisa viral. Kreativitas ini juga terkadang berbentuk ciri khas dari setiap desain yang kamu buat. Sehingga, ada keunikan tersendiri antara desain yang kamu buat dan orang lain buat.

7. Skills Komunikasi

Seorang desainer grafis membutuhkan skills berkomunikasi yang baik. Kemampuan komunikasi ini sangat penting agar kamu bisa menyampaikan pesan dalam karya visual dengan baik dan benar. Bukan hanya itu, skills komunikasi ini juga kamu butuhkan ketika harus melakukan presentasi di depan klien atau saat meeting bersama tim.

8. Skills Pemilihan Warna RGB dan CMYK

Skills berikutnya adalah pemilihan warna yang tepat pada hasil desain. Terdapat dua tipe warna hasil desain, yakni RGB (Red, Green, Blue) dan CMYK (Cyan, Magenta, Yellow dan Key atau Black). Keduanya berbeda dari sisi visual dan penggunaannya. Jika kamu ingin mencetak hasil proyek desain seperti membuat baliho atau banner, kamu bisa memilih jenis warna CMYK.

Sedangkan warna RGB digunakan untuk hasil karya desain digital. Misalnya, karya desain itu akan digunakan untuk iklan di media sosial, banner untuk website dan lainnya. Jika demikian, warna RGB adalah pilihan yang tepat.

9. Skills Edit Foto

Ada banyak sekali proyek desain yang biasa dikerjakan oleh desainer grafis. Beberapa proyek desain, membutuhkan gambar atau foto orang untuk melengkapi pesan di dalam desain. Nah, sebagai seorang desainer grafis, kamu harus memiliki skills untuk edit foto.

Foto tersebut harus mendukung pesan visual di dalam desain. Bukan hanya itu saja, tetapi warna atau tone foto juga harus harmonis dengan tone warna lainnya yang ada di dalam desain.

10. Skills Pemilihan Font

Selain gaya tulisan atau tipografi, pemilihan font juga menjadi skills tersendiri bagi desainer grafis. Kamu bisa memilih ribuan font gratis untuk melengkapi karya desain kamu. Hal yang perlu kamu perhatikan adalah setiap jenis font memiliki karakter tersendiri. Sehingga, kamu bisa memilih font ini berdasarkan karakternya dan konsep visual desain kamu.

Skill Designer Pemula - GAMELAB.ID

Promo Ramadan BERKAH Bersama Shopee

Sebagai desainer grafis pemula, kamu bisa terus melakukan optimasi skills untuk meningkatkan keterampilan desain kamu. Dengan skills desain yang tinggi, kamu akan lebih percaya diri ketika menerima pesanan desain dari klien. Setiap pesanan desain yang kamu terima, nantinya akan menambah pengalaman dan skills kamu dalam membuat desain.

Sebelum menerima pesanan desain dari klien atau bekerja di perusahaan kreatif, pastikan untuk optimasi skills desain grafis di GAMELAB.ID. Di Kelas Desain, ada banyak pilihan kelas atau materi dengan kompetensi berbeda-beda sesuai minat kamu.

Selain itu, kurikulum Kelas Desain ini menggunakan kurikulum industri. Sehingga, ketika kamu lulus dari Kelas Desain, kamu akan lebih siap dan percaya diri untuk melamar kerja di perusahaan favorit. Belum lagi, GAMELAB.ID juga akan memberikan sertifikat resmi sebagai bukti jika kamu telah mengikuti dan menyelesaikan kelas sesuai dengan standar kelulusan GAMELAB.ID.

Biar lebih hemat, manfaatkan promo Ramadan BERKAH bersama Shopee. Dengan promo ini kamu bisa menghemat hingga 50% saat membeli kelas di GAMELAB.ID. Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu login di aplikasi Shopee dengan akun Shopee kamu. Setelah itu, pilih kelas yang kamu inginkan, misalnya Kelas Desain. Untuk informasi lebih lengkap, klik link ini ya.

Ramadan Berkah Bersama Shopee - GAMELAB.ID

Baca Juga : Bagaimana Menciptakan Desain Website yang Memikat? Berikut Penjelasannya!

Penutup

Menjadi seorang desainer grafis memang tidak mudah, apalagi jika kamu masih pemula. Tapi, peluang kerja menjadi seorang desainer grafis sangat terbuka lebar. Apalagi, ke depan profesi ini sangat dibutuhkan seiring dengan banyaknya perusahaan yang membutuhkan tenaga desainer grafis untuk melengkapi tim marketing.

Jadi, peluang kerja seorang desainer grafis tidak hanya di perusahaan kreatif yang bergerak di bidang desain atau iklan saja, tetapi di semua bidang. Oleh sebab itu, perusahaan apapun nantinya akan membutuhkan seorang desainer grafis. Kamu hanya perlu meningkatkan skills agar dapat memenuhi persyaratan menjadi seorang desainer grafis profesional.

Tenang, kamu bisa memilih Kelas Desain di GAMELAB.ID. Di kelas ini, kamu akan didampingi oleh trainer profesional dan berpengalaman. Sehingga di setiap pembelajaran atau pelatihan online nanti, kamu dapat mengerjakan proyek desain dengan baik. Yuk, segera daftar kelasnya atau hubungi Tim GAMELAB.ID di sini untuk informasi lebih lanjut.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Jumat, 17 Maret 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI