BERITA PRAKERJA Cara Mengatasi Lupa Email dan Password Akun Prakerja

Cara Mengatasi Lupa Email dan Password Akun Prakerja

Oleh Syamsul Arifin | Senin, 20 Maret 2023

Cara Mengatasi Lupa Email dan Password Akun Prakerja

Lupa email dan password Kartu Prakerja adalah hal yang biasa dialami oleh calon penerima manfaat Program Kartu Prakerja. Jika kamu juga mengalami hal yang sama, maka kamu bisa ikuti tutorial di bawah ini.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Kartu Prakerja adalah salah satu program pemerintah yang banyak diminati masyarakat terutama lulusan baru, pencari kerja maupun pekerja yang membutuhkan pelatihan. Program Kartu Prakerja ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan serta pengetahuan peserta agar dapat memenuhi kebutuhan industri.

Cara Mengatasi Lupa Email Prakerja

Untuk menjadi peserta program Kartu Prakerja, kamu harus memiliki akun prakerja dengan melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Pendaftaran Kartu Prakerja hanya bisa dilakukan melalui situs prakerja.go.id dengan menyertakan email dan password. Tapi, jika sudah pernah mendaftar, tapi lupa email akun Prakerja bagaimana? Ikuti caranya di bawah ya.

Umumnya, ketika kamu lupa email akun Kartu Prakerja, kamu akan mengalami kesulitan saat hendak login. Jika ini masalah yang sedang kamu miliki, ikuti step by step berikut ini:

1. Kirim Email ke info@prakerja.go.id

Langkah pertama adalah kamu harus mengirim email ke Info Prakerja melalui alamat info@prakerja.go.id. Tuliskan di dalam email bahwa kamu mengalami masalah saat login karena lupa email. Setelah itu, tunggu balasan dari Info Prakerja. Setelah mendapatkan balasan, ikuti langkah-langkah yang diberikan oleh Info Prakerja.

2. Hubungi Call Center Prakerja

Jika menggunakan email di atas dirasa lama, kamu bisa menghubungi Call Center Prakerja. Untuk layanan masyarakat dengan respon lebih cepat, kamu bisa menghubungi nomor 0800-150-3001. Nomor ini beroperasi setiap hari Senin - Minggu, mulai pukul 08.00 - 20.00 WIB.

Lupa Email dan Password - GAMELAB.ID

Cara Mengatasi Lupa Password Akun Prakerja

Selain email, banyak juga pemilik akun Kartu Prakerja yang mengalami masalah gagal login karena lupa password atau kata sandi. Untuk mengatasi lupa password, ada sedikit perbedaan dengan masalah lupa email. Silakan ikuti tutorial di bawah ini:

1. Login seperti biasa di situs prakerja.go.id.

2. Pada saat kamu masukkan password, ada notifikasi jika password salah atau gagal login karena password tidak sesuai. Klik menu ‘Lupa Password’.

3. Setelah itu, akan ada email dari pihak Kartu Prakerja berisi link verifikasi. Silakan klik link verifikasi tersebut.

4. Link tersebut akan mengarahkan kamu ke halaman baru untuk mengganti password lama dengan yang baru. Masukkan password yang kamu inginkan dan pastikan untuk mencatatnya atau menyimpan password tersebut terlebih dahulu.

5. Klik menu ‘Atur Ulang’.

6. Jika sudah klik menu ‘Atur Ulang’, berarti password baru sudah siap kamu gunakan.

Cara Mengubah Password Akun Prakerja

Terkadang kamu perlu mengganti password lama dengan yang baru jika dirasa password lama kurang kuat, terlalu sulit untuk diingat atau tidak familiar sehingga rawan untuk lupa. Jika ini masalah kamu, solusinya adalah dengan mengubah password lama dengan yang baru.

Bagaimana cara mengubah password lama dengan baru? Ikuti tutorial di bawah ini ya:

1. Buka situs prakerja.go.id.

2. Login dengan akun Kartu Prakerja kamu.

3. Klik menu ‘Profile’ dan kamu akan lihat menu ‘Password/Ubah Password’.

4. Ketik password lama di kolom yang sudah tersedia. Di kolom selanjutnya, ketikkan password baru. Pastikan untuk mencatat atau menyimpan password baru kamu agar tidak lupa.

5. Klik ‘Atur Ulang’ atau ‘Ubah’.

6. Sekarang coba untuk login kembali di situs prakerja.go.id dengan password baru.

Lupa Email dan Password - GAMELAB.ID

Baca Juga : Mengintip Dunia Programmer, Apa yang Tidak Dikatakan di Kampus!

Penutup

Sekarang kamu sudah tahu apa yang harus kamu lakukan jika lupa email, lupa password atau ingin mengubah password lama dengan yang baru. Nah, setelah kamu melakukan semua hal di atas, pastikan untuk memilih kelas atau pelatihan Kartu Prakerja yang tepat.

Di GAMELAB.ID kamu bisa memilih pelatihan online yang sesuai dengan passion. Jika kamu menyukai dunia atau industri kreatif, maka Kelas Membuat Musik Digital Menggunakan FL Studio Untuk Menjadi Multimedia Designer adalah pilihan yang tepat. Tentu saja, kamu bisa menggunakan saldo Prakerja kamu untuk membeli kelas FL Studio ini.

Sebagai informasi, kamu dapat menciptakan berbagai karya musik secara digital dengan menggunakan aplikasi FL Studio. Misalnya musik EDM (Electronic Music Dance) yang biasanya diciptakan oleh para DJ seperti Alan Walker, musik tradisional, modern, pop, rock hingga dangdut.

Musik Digital juga digunakan di industri perfilman, animasi/video, game dan aplikasi. Oleh sebab itu, seorang ahli musik digital memiliki rentang gaji yang cukup tinggi. Bahkan, jika kamu sudah ahli (expert), kamu berpotensi mendapatkan gaji hingga dua digit. 

Yuk, segera daftar kelas Musik Digital dengan FL Studio sekarang. Jika kamu ada pertanyaan seputar Program Kartu Prakerja atau kelas FL Studio, silakan klik link ini ya.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Senin, 20 Maret 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI