BERITA PRESS RELEASE Pelatihan Pembuatan Game Edukasi untuk Guru SMK Jawa Barat Kolaborasi DISDIK Jabar dengan Educa GAMELAB.ID

Pelatihan Pembuatan Game Edukasi untuk Guru SMK Jawa Barat Kolaborasi DISDIK Jabar dengan Educa GAMELAB.ID

Oleh Syamsul Arifin | Kamis, 6 April 2023

Pelatihan Pembuatan Game Edukasi untuk Guru SMK Jawa Barat Kolaborasi DISDIK Jabar dengan Educa GAMELAB.ID

Educa Studio dan GAMELAB.ID berkolaborasi dengan DISDIK Provinsi Jawa Barat untuk mengadakan kegiatan berjudul: Pelatihan Pembuatan Game Edukasi untuk Guru SMK Jawa Barat Kolaborasi DISDIK Jabar dengan Educa GAMELAB.ID.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Industri game saat ini berkembang sangat pesat. Salah satu genre game yang turut berkembang adalah game edukasi. Oleh sebab itu, DISDIK Jabar, Educa Studio dan GAMELAB.ID menyelenggarakan acara dengan tema ‘Pelatihan Pembuatan Game Edukasi’.

Berlangsungnya Kegiatan Pelatihan

Kegiatan Pelatihan Pembuatan Game Edukasi ini diselenggarakan oleh Educa Studio, GAMELAB.ID dan DISDIK Provinsi Jawa Barat. Pelatihan ini secara khusus diadakan untuk guru SMK Jawa Barat dan bertempat di Aula Moch. Yamin Dinas Pendidikan Jawa Barat.

Pelatihan yang diselenggarakan pada Kamis, 6 April 2023 ini dibuka langsung oleh Bapak Drs. Edy Purwanto,MM selaku Kepala Bidang PSMK Dinas Pendidikan Jawa Barat. Beliau memberikan sambutan serta motivasi bagi Bapak Ibu guru selaku peserta pelatihan.

Sambutan Kabid PSMK DISDIK JABAR, Drs. Edy Purwanto, MM - GAMELAB.ID

Acara ini langsung dihadiri oleh Bapak Andi Taru selaku CEO Educa. Beliau memberikan gambaran dunia usaha dan dunia industri untuk menambah wawasan bagi Bapak Ibu peserta pelatihan. Adapun yang menjadi narasumber selama pelatihan ini adalah Bima Syroth, Expert Trainer dan Eka Prasetya, Co Trainer GAMELAB.ID. 

Pelatihan ini berdurasi cukup lama, yakni dari pukul 08.00 - 19.00 WIB. Walau demikian, peserta sangat antusias dan bersemangat sehingga peserta tetap mengikuti dari awal sampai akhir. Ini karena materi pembuatan game edukasi bukan hanya penting untuk para peserta atau Bapak Ibu guru, tetapi juga penting untuk siswa-siswi SMK yang nantinya akan diampu oleh Bapak Ibu peserta pelatihan.

Adapun tujuan dari diselenggarakannya acara ini adalah untuk memberikan pemahaman sekaligus pelatihan kepada guru SMK Jawa Barat tentang game edukasi. Dengan acara ini, diharapkan semua peserta dapat memahami bagaimana pembuatan game edukasi. 

Keynote Speaker Direktur EDUCA, Andi Taru, S.Kom., M.Cs. - GAMELAB.ID

Tentu saja, harapan selanjutnya adalah para peserta yang merupakan guru dari berbagai sekolah SMK di Jawa Barat ini dapat mentransfer ilmu dan pengetahuan tentang pembuatan game edukasi pada siswa-siswi peserta di sekolah. Sehingga, manfaat dari acara ini dapat dirasakan oleh banyak orang ke depannya.

Baca Juga : Toge Productions dan Mojiken Studio: Kisah Kesuksesan Studio Game Indonesia yang Menggebrak Dunia!

Pentingnya Pembuatan Game Edukasi

Game edukasi memiliki karakter tersendiri dibandingkan dengan game pada umumnya. Pada pembuatan game edukasi, salah satu hal yang harus dipikirkan terlebih dahulu adalah materi edukasi apa yang akan dibuat di dalam game.

Selanjutnya adalah bagaimana materi edukasi tersebut disampaikan ke pengguna atau pemain game. Penyampaian materi harus tetap mengedepankan unsur ‘fun’ atau menyenangkan tanpa mengesampingkan sisi edukasi materinya.

Dengan membuat game edukasi, tentu saja kamu turut serta dalam memajukan pendidikan di Indonesia. Selain itu, kamu juga berkesempatan untuk mendapatkan keuntungan dari game edukasi tersebut.

Antusiasme peserta pelatihan yang terdiri dari guru-guru SMK - GAMELAB.IDApakah game edukasi harus berbayar? Tentu ini tergantung dari pihak pengembang atau game developernya. Jika kamu sebagai game developer, membuat satu game yang bertujuan untuk dapat digunakan oleh semua orang dan game tersebut tidak membutuhkan perawatan teknis, seperti server dan lain sebagainya yang membutuhkan biaya, maka menggratiskan game tersebut tidak masalah.

Sedangkan jika kamu berpikir bahwa game edukasi buatan kamu membutuhkan sekelompok tim untuk terus memperbarui episode, menjaga server game, hingga kebutuhan lainnya yang memakan biaya, maka menjadikan game tersebut berbayar pun tidak masalah.

Hanya saja, ketika memilih membuat game untuk dijadikan game berbayar, maka kualitas game tersebut harus benar-benar memenuhi ekspektasi pengguna. Secara singkat, kualitas game tersebut memang ‘layak’ untuk dibeli baik dari sisi cerita, permainan, grafis, dan lain sebagainya.

Expert Trainer dan Senior GameDev EDUCA, Bima Syroth - GAMELAB.ID

Nah, hal-hal seperti ini juga menjadi pembahasan dalam kegiatan ‘Pelatihan Pembuatan Game Edukasi’ yang diselenggarakan oleh Educa Studio dan GAMELAB.ID dan bekerja sama dengan DISDIK Provinsi Jawa Barat tersebut di atas. Seru sekali kan kegiatannya? Semoga kerja sama ini terus terjalin dan memberi banyak manfaat.

Tertarik kerja sama dengan GAMELAB.ID dan  Educa Studio? Silakan hubungi kami di sini. Terima kasih.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Kamis, 6 April 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI