BERITA BISNIS & ADMINISTRASI 10 Skills Marketing yang Harus Dimiliki untuk Jadi Ahli Marketing

10 Skills Marketing yang Harus Dimiliki untuk Jadi Ahli Marketing

Oleh Syamsul Arifin | Jumat, 7 April 2023

10 Skills Marketing yang Harus Dimiliki untuk Jadi Ahli Marketing

Skills marketing berikut ini dapat menjadi referensi untuk kamu yang ingin menjadi seorang ahli marketing. Yuk, coba kuasai 10 skills marketing berikut ini agar mudah dapat kerja dan bisa bekerja di perusahaan favorit.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Memilih jurusan pemasaran atau ingin menjadi orang yang ahli di bidang marketing tentu membutuhkan skills tertentu. Ini karena di dunia marketing pun ada banyak persaingan. Oleh sebab itu, seorang marketer atau yang ahli di bidang marketing harus selalu meningkatkan keterampilan.

5 Hard Skills di Bidang Marketing

Hard skills ini berhubungan dengan keahlian teknis. Setidaknya, terdapat 5 hards skills yang harus kamu kuasai jika ingin menjadi marketer profesional.

1. Skills Menganalisis Pasar

Pekerjaan dasar seorang marketer atau ahli pemasaran adalah menganalisis pasar. Jika tidak mengetahui pasar termasuk pasar digital, kamu tidak akan memahami pembeli dan kompetitor. Tidak mengetahui siapa pembeli dan kompetitor dapat menyebabkan pekerjaan yang dilakukan sia-sia.

Saat ini sudah banyak tools atau teknologi digital yang dapat digunakan untuk menganalisis pasar termasuk pembeli dan kompetitor. Tools ini dapat menyediakan data pembeli, kompetitor bahkan mengetahui bagaimana seseorang akhirnya memutuskan untuk membeli atau meninggalkan suatu produk.

2. Skills Melakukan Riset

Masyarakat atau calon konsumen memiliki kebiasaan yang dapat diukur. OIeh sebab itu, keahlian melakukan riset adalah hal yang sangat penting di bidang marketing. Dengan riset yang tepat, seorang marketer dapat membuat keputusan dengan baik.

Proses riset ini dapat dilakukan kapan saja, di mana saja dan dalam kegiatan apa saja. Misalnya, kamu dapat mengobrol dengan pembeli baik secara online maupun offline untuk riset. Kamu juga bisa membuat konten yang menarik dan mengundang interaksi seperti konten tanya jawab untuk riset.

3. Skills Memahami Customer Experience

Skills marketing berikutnya yang perlu kamu miliki adalah skills memahami pengalaman pengguna atau customer experience. Istilah customer experience berhubungan dengan kegiatan jual beli atau interaksi antara penjual dan pembeli.

Tapi, jika dilihat dari waktunya, pengalaman pengguna memiliki tiga sesi. Yaitu, customer journey, user interaction dan user experience. Kebutuhan ini harus dipahami dengan baik oleh seorang marketer.

Ini karena ketiga sesi tersebut memiliki peranan yang sangat besar terhadap kegiatan bisnis suatu perusahaan. Beruntungnya, saat ini sudah tersedia tools atau software yang memanfaatkan teknologi digital untuk mengetahui dan memahami ketiga sesi tersebut.

10 Skills Marketing - GAMELAB.ID

4. Skills Storytelling

Di era sekarang, cara promosi telah berubah. Apalagi, semenjak ramainya kegiatan pemasaran online atau digital marketing, promosi dilakukan dengan beragam cara kreatif. Bahkan, seorang calon konsumen tidak merasa bahwa dirinya menjadi target promosi. Inilah yang disebut dengan skills storytelling.

Storytelling tetap mengedepankan promosi, baik itu dengan video, foto maupun tulisan. Tujuannya adalah untuk menciptakan kedekatan dengan calon pelanggan. Kedekatan inilah yang nantinya dapat memunculkan rasa percaya hingga pelanggan akan melakukan pembelian.

5. Skills Digital Marketing

Digital marketing atau pemasaran secara digital juga menjadi skills yang penting bagi seorang marketer. Pemasaran secara online melalui berbagai platform seperti media sosial, saat ini menjadi salah satu cara yang sangat efektif untuk kegiatan pemasaran dan branding.

Hanya saja, kegiatan marketing di media sosial harus diimbangi dengan informasi, pengetahuan atau hal lainnya yang menarik. Bagaimanapun, pelanggan di media sosial memiliki karakter yang berbeda dengan pelanggan di dunia nyata. 

Misalnya seperti jam mereka online, berapa lama mereka bermain media sosial dan lain sebagainya. Dengan demikian, dibutuhkan strategi digital marketing yang tepat.

10 Skills Marketing - GAMELAB.ID

5 Soft Skills di Bidang Marketing

Selain hard skills atau keterampilan teknis di atas, ternyata untuk jadi marketer handal kamu juga harus menguasai beberapa soft skills. Berikut 5 soft skills yang perlu kamu kuasai:

1. Skill Kreativitas (Creativity)

Jika kamu bergelut di bidang marketing, maka kamu tidak akan lepas dari yang namanya kreativitas. Sebab, marketing lebih sering digunakan di industri kreatif karena bidang ini membutuhkan banyak kreativitas untuk melakukan pemasaran.

Jika kamu memiliki kreativitas tinggi, kamu dapat memiliki berbagai ide brilian untuk melakukan kampanye atau iklan baik secara digital maupun konvensional. Dengan demikian, iklan tersebut akan mendapatkan respon positif dari audiens.

2. Skill Adaptasi (Adaptation)

Skill marketing yang perlu kamu kuasai berikutnya adalah kemampuan beradaptasi. Di dunia marketing, semua hal serba cepat apalagi saat teknologi digital seperti sekarang ini. Sesuatu yang viral saat ini, bisa jadi redup beberapa hari kemudian. Begitu juga sebaliknya, yang saat ini terlihat biasa saja, bisa jadi viral beberapa hari ke depan.

Oleh sebab itu, seorang ahli marketing harus memiliki kemampuan adaptasi untuk selalu mengikuti perkembangan dan permintaan pasar. Belum lagi, kamu juga akan berhadapan dengan banyak klien yang memiliki karakter berbeda.

3. Skill Kolaborasi (Collaboration)

Dalam melakukan kegiatan marketing, kamu tidak akan menjalankannya sendiri. Kamu membutuhkan tim berbeda untuk target berbeda. Misalnya, tim A untuk mengurus branding, tim B untuk mengurus blog, tim C untuk mengurus media sosial, tim D menghitung cash flow atau biaya iklan dan lain sebagainya.

Bukan hanya kolaborasi di dalam tim marketing saja, terkadang kamu juga harus kolaborasi atau kerja sama dengan tim di luar divisi marketing. Bahkan, mungkin kamu juga akan kolaborasi dengan tokoh, influencer dan lain sebagainya yang kamu sendiri belum pernah bertemu sebelumnya.

4. Skill Manajemen Waktu (Time Management)

Jika kamu terjun di dunia marketing, kamu tidak hanya mengerjakan satu proyek. Bisa jadi dalam sepekan, kamu dan tim mengerjakan beberapa proyek. Masing-masing proyek terdapat deadline yang harus segera diselesaikan.

Oleh sebab itu, kamu perlu memiliki skills dalam mengatur waktu. Sebab, aktivitas kamu nantinya tidak akan lepas dari brainstorming atau bertukar ide, eksekusi iklan hingga evaluasi dan ada laporan dari setiap kegiatan. Tanpa manajemen yang baik, kamu akan mengalami kesulitan untuk menyelesaikan semuanya.

5. Skill Kepemimpinan (Leadership)

Skill marketing terakhir yang sebaiknya kamu miliki adalah skill kepemimpinan. Keterampilan ini sangat dibutuhkan, terlebih jika kamu memiliki tim marketing dengan jumlah banyak.

Bagaimana mengatur setiap individu di dalam tim, membagi semua pekerjaan hingga mengawasi kinerja semua tim. Oleh sebab itu, skill leadership itu sangat penting di dalam mengatur semua anggota tim.

10 Skills Marketing - GAMELAB.ID

Baca Juga : Rahasia Tersembunyi, Strategi Email Marketing yang Meningkatkan Penjualan!

Penutup

Memilih jurusan atau bidang marketing adalah keputusan yang tepat jika kamu menyukai dunia kreatif yang penuh inovasi dan tantangan. Tapi, jika passion kamu memang di bidang ini, tentu kamu dapat menjalaninya dengan senang hati.

Sebab, industri kreatif itu selalu menuntut perubahan dan ada berbagai tantangan sehingga tidak akan membosankan. Untuk itu, kamu perlu menguasai berbagai skills seperti yang disebutkan di atas. Beruntungnya, kamu bisa belajar dan meningkatkan keterampilan marketing kamu di GAMELAB.ID.

Kamu bisa memilih Kelas Bisnis dan lihat daftar skills yang bisa kamu pelajari serta kuasai. Misalnya, skills digital marketer, skills membuat toko online, skills branding dan banyak lagi. Yuk, segera daftar kelasnya sekarang. Info lebih lanjut, kamu bisa klik link ini.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Jumat, 7 April 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI