BERITA SMK Magang dan PKL, Sama atau Beda? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Magang dan PKL, Sama atau Beda? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Oleh Syamsul Arifin | Senin, 10 April 2023

Magang dan PKL, Sama atau Beda? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Magang dan PKL adalah dua istilah yang sering digunakan di dunia pendidikan. Apakah keduanya sama atau malah berbeda? Nah, daripada penasaran, yuk cari tahu penjelasan lengkapnya di artikel ini.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Sebagai anak SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) atau mahasiswa, pada saatnya nanti kamu pun akan menjalani yang namanya magang atau PKL (Praktik Kerja Lapangan). Istilah magang dan PKL memang erat kaitannya dengan dunia pendidikan baik di tingkat sekolah maupun universitas. Tapi, apakah kamu tahu perbedaan antara magang dan PKL?

Magang dan PKL: Berbeda atau Sama?

Tentu kamu sudah sering mendengar kedua istilah ini. Tidak sedikit pula yang bingung, apakah keduanya berbeda atau justru sama? Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak penjelasan di bawah ini.

Arti Magang

Magang atau dalam bahasa Inggris disebut dengan istilah internship merupakan suatu program belajar sekaligus berlatih kerja di dunia industri atau usaha. Artinya, peserta magang akan bekerja secara langsung di sebuah perusahaan dalam kurun waktu tertentu.

Adapun perusahaan yang menerima karyawan atau peserta magang memiliki kewajiban untuk memberi tugas dan membimbing mereka selama program magang berlangsung. Sehingga, jika kamu adalah peserta magang, kamu akan mendapatkan bimbingan secara langsung dari perusahaan atau tempat kamu magang.

Setelah program magang selesai, perusahaan akan memberikan penilaian kinerja kamu selama proses magang. Penilaian ini sangat penting untuk kamu sebagai peserta magang sebagai bukti bahwa kamu telah melaksanakan program magang dengan baik.

Magang secara umum dilakukan oleh mahasiswa tingkat akhir atau anak SMK di kelas tertentu. Sebagian universitas atau perguruan tinggi memasukkan magang sebagai salah satu mata kuliah wajib untuk para mahasiswa. Sehingga sangat mempengaruhi nilai.

Sedangkan di SMK, magang adalah salah satu kegiatan yang bersifat wajib dan menjadi program unggulan sekolah. Dengan magang, siswa-siswi SMK dapat mempraktekkan apa yang selama ini dipelajari di sekolah sekaligus agar lebih siap memasuki dunia kerja.

Saat ini, kamu bisa mengikuti kegiatan magang online yang bisa kamu lakukan dari mana dan kapan saja. Di GAMELAB.ID, magang online sudah menggunakan kurikulum industri. Sehingga, selesai mengikuti magang online di GAMELAB.ID kamu akan lebih siap terjun ke dunia kerja.

Magang dan PKL - GAMELAB.ID

Arti Praktik Kerja Lapangan (PKL)

Lalu bagaimana dengan arti PKL atau Praktik Kerja Lapangan? Pada dasarnya, magang dan PKL adalah hal yang sama. Hanya saja, keduanya berbeda dari penggunaan istilahnya saja.

Kata PKL biasanya lebih sering digunakan oleh jenjang SMK dan juga diploma. Sedangkan untuk jenjang S1 dan S2, istilah yang lebih sering digunakan adalah magang atau internship.

Jadi, sebenarnya kedua istilah ini mengacu pada kegiatan yang sama, hanya saja penggunaan istilah keduanya saja yang berbeda. Lalu, apa tujuan dari magang atau PKL ini?

Tujuan dan Manfaat Magang Online Bagi Mahasiswa atau Anak SMK

Tujuan magang bagi mahasiswa tidak jauh berbeda dengan tujuan atau manfaat PKL bagi siswa-siswi SMK. Magang atau PKL, termasuk magang online dapat menjadi jembatan antara dunia pendidikan formal dengan dunia kerja atau industri.

Sehingga, setelah selesai mengikuti program magang online, kamu akan lebih siap untuk bekerja. Ini karena kamu telah memiliki sejumlah pengalaman selama mengikuti program magang online tersebut. Adapun manfaat lainnya adalah seperti berikut:

1. Mengimplementasikan Ilmu ke Pekerjaan

Beberapa bidang studi, baik itu di kampus maupun di sekolah, ilmu teori terkadang tidaklah cukup. Oleh sebab itu, kamu masih harus belajar bagaimana mengimplementasikan ilmu tersebut ke dalam kegiatan kerja yang nyata.

Program magang online di GAMELAB.ID dapat memberikan kesempatan yang optimal buat kamu untuk menerapkan ilmu teori di kampus atau sekolah ke dalam dunia kerja. Tentunya, kamu akan menemukan banyak hal baru selama praktik di dunia kerja ini.

2. Meningkatkan Hard Skill

Pada saat kamu mengikuti magang online di GAMELAB.ID, kamu akan mempelajari keterampilan baru atau meningkatkan keterampilan yang sudah kamu kuasai sebelumnya. Selama program magang, kamu akan belajar banyak hal pada saat sesi pelatihan.

Kemudian, kamu juga akan mempraktikkan apa yang sudah dipelajari selama sesi pelatihan secara langsung, di bawah seorang trainer profesional dan berpengalaman. Metode ini sangat efektif untuk menambah skills baru atau meningkatkan skills yang sudah kamu kuasai.

3. Mempelajari Soft Skill

Selain mempelajari dan meningkatkan hard skills, dengan magang online di GAMELAB.ID kamu juga akan belajar berbagai soft skills secara langsung. Misalnya kemampuan berkomunikasi, negosiasi hingga manajemen waktu.

Kamu juga akan belajar soft skills lain, tergantung dari kelas magang yang kamu ikuti. Jika kamu mengikuti magang online Kelas Desain misalnya, kamu akan belajar tentang ketelitian, imajinasi hingga mengombinasikan imajinasi dan ide menjadi sebuah karya desain.

4. Membantu Proses Adaptasi dengan Dunia Kerja

Ketika kamu mulai memasuki dunia kerja, jika tidak mempersiapkannya, pasti akan kaget. Inilah yang membuat fresh graduate merasa kelabakan saat awal-awal menjalani pekerjaannya. 

Oleh sebab itu, program magang online di GAMELAB.ID dapat membantu kamu untuk beradaptasi lebih cepat. Skills dan materi yang diajarkan pada saat magang online di GAMELAB.ID sangat sesuai dengan kebutuhan industri. Sehingga, kamu tidak akan kaget ketika terjun ke dunia kerja.

Magang dan PKL - GAMELAB.ID

5. Memudahkan Karier Fresh Graduate

Setelah lulus sekolah SMK atau kuliah nanti, sebagai fresh graduate kamu pun ingin melamar pekerjaan. Tapi, persaingan yang tinggi saat ini menuntut fresh graduate pun harus memiliki pengalaman.

Dengan mengikuti magang online di GAMELAB.ID, kamu akan mendapatkan sertifikat resmi yang bisa kamu gunakan untuk melengkapi CV. Selain itu, pastinya kamu juga memiliki pengalaman yang cukup sesuai dengan kebutuhan industri.

Inilah alasan kenapa magang online di GAMELAB.ID dapat membantu karier kamu sebagai seorang fresh graduate. Tentunya, selain yang disebutkan di atas, masih banyak manfaat dan tujuan magang online atau PKL di GAMELAB.ID.

Baca Juga : Ciptakan Lulusan Kompeten, SMK Binaan Gamelab dan SMKN 1 Bakauheni Jalin Kerja Sama

Penutup

Sekarang kamu sudah tahu arti dan perbedaan antara magang dan PKL. Kamu juga sudah tahu tujuan dan manfaat dari magang online di GAMELAB.ID. Nah, saatnya kamu bergabung dengan peserta magang online lainnya yang saat ini sedang menambah dan meningkatkan skills di GAMELAB.ID.

Kamu bisa memilih skills yang ingin kamu pelajari atau tingkatkan di Kelas Akademi. Sedangkan bagi anak SMK, jika sekolah kamu sudah mengikuti Program SMK Binaan, kamu bisa bergabung dengan Kelas Industri di sekolah kamu. Yuk, segera daftar dan ikut magang online di GAMELAB.ID. Jika kamu ada pertanyaan, silakan hubungi Tim GAMELAB.ID di sini.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Senin, 10 April 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI