BERITA CREATIVE, DESAIN & MULTIMEDIA 10 Jenis Desainer Grafis Beserta Tugasnya yang Paling Banyak Diminati Perusahaan

10 Jenis Desainer Grafis Beserta Tugasnya yang Paling Banyak Diminati Perusahaan

Oleh Syamsul Arifin | Senin, 17 April 2023

10 Jenis Desainer Grafis Beserta Tugasnya yang Paling Banyak Diminati Perusahaan

Setidaknya, terdapat 10 jenis desainer grafis yang sangat diminati oleh perusahaan saat ini. Jika kamu tertarik menjadi seorang desainer grafis, kamu bisa memilih satu dari 10 jenis desainer grafis di artikel ini.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Desainer grafis adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk menciptakan desain visual yang menarik dan efektif untuk media cetak maupun digital, seperti brosur, majalah, situs web, aplikasi, dan lain-lain. Tugas seorang desainer grafis meliputi menciptakan konsep desain, memilih warna, font, gambar yang tepat, dan memadukan elemen-elemen tersebut dalam sebuah desain yang menarik dan efektif.

10 Jenis Desainer Paling Diminati

Seorang desainer grafis harus memiliki kemampuan dan keterampilan dalam bidang desain dan seni, misalnya menguasai software desain grafis seperti CorelDRAW, Canva, Adobe Photoshop, Illustrator, dan InDesign. Selain itu, desainer grafis juga harus memahami konsep branding, marketing, dan komunikasi visual agar bisa menciptakan desain yang memenuhi kebutuhan dan tujuan klien.

Ada beberapa jenis desainer grafis yang berbeda. Setiap jenis desainer grafis memiliki tugas, fungsi, dan tujuan yang berbeda. Berikut adalah 10 jenis desainer grafis beserta penjelasannya:

1. Advertising Designer

Advertising designer adalah desainer grafis yang berfokus pada pembuatan karya visual untuk keperluan promosi dan periklanan. Desainer ini harus memiliki pemahaman yang baik dalam melakukan pemasaran dengan visual dan mampu memberikan pengaruh persuasif pada target audiens.

2. Visual Identity Designer

Visual identity designer bertugas menciptakan branding yang kuat dari identitas visual yang dibuat, bukan hanya tentang logo semata. Desainer ini juga menciptakan aturan regulasi terkait visual pada sebuah merek, seperti ikon, maskot, packaging, gaya desain brand serta visual yang dapat mengingatkan audiens terhadap sebuah merek.

3. Motion Graphic Designer

Motion graphic designer mengolah elemen grafis dan memberikan gerakan pada elemen tersebut (motion) sehingga dapat bergerak. Desainer ini seringkali menciptakan output dalam bentuk video yang lebih atraktif. Meskipun demikian, motion graphic designer juga dapat masuk ke sektor desainer lainnya seperti advertising.

4. Animation Designer

Animation designer fokus pada pembuatan animasi, baik itu 2D, 3D, VR, atau games. Desainer ini menciptakan desain karakter, aset grafis, dan tekstur yang diperlukan dalam menciptakan visual animasi.

10 Jenis Desainer Grafis - GAMELAB.ID

5. Illustrator Designer

Illustrator designer menciptakan dan mengisi visual penjelas dan penggambaran pada sebuah konten. Desainer ini hadir untuk mendukung dan menggantikan elemen tulisan dengan ilustrasi yang lebih menarik.

6. Layout Designer

Layout designer fokus pada tata letak visual seperti pada penerbitan dan percetakan, seperti layout majalah, layout album foto, layout buku dan keperluan tata letak dalam cetak digital. Tentunya, layout desainer tidak hanya bekerja pada industri cetak, melainkan juga industri digital.

7. Typography Designer

Typography designer fokus pada menciptakan, mengatur, dan mengolah tipografi. Desainer ini memiliki keahlian yang sangat spesifik pada tipografi itu sendiri. Di sini, kamu akan lebih sering membuat desain dengan menonjolkan font atau huruf pada sebuah karya desain.

8. User Interface (UI) Designer

UI designer fokus pada menciptakan antarmuka untuk aplikasi atau website. Desainer ini menciptakan elemen grafis yang menarik bagi pengguna agar mereka merasa nyaman dan betah saat menggunakan aplikasi atau website. Outputnya adalah sebuah prototype dari website atau aplikasi yang di dalamnya terdapat ilustrasi, tombol, GUI (graphical user interface), dan icon.

9. User Experience (UX) Designer

UX designer bekerja sama dengan UI designer, tetapi lebih fokus pada riset pengalaman pengguna sehingga pengguna dapat dengan mudah menggunakan aplikasi atau website. Desainer ini juga mengatur mekanisme dan tampilan pada aplikasi atau website agar sesuai dengan kebutuhan pengguna.

10. Full Stack Designer

Full stack designer adalah gabungan dari UI designer, UX researcher, dan front-end developer sehingga memiliki kemampuan dalam desain, riset, dan coding khususnya CSS dan HTML. Desainer ini dapat menciptakan sebuah tampilan aplikasi atau website dari awal hingga jadi secara nyata.

10 Jenis Desainer Grafis - GAMELAB.ID

Baca Juga : Mengenal Tugas Ilustrator dan Desainer Grafis

Penutup

Sebagai profesi yang sangat kreatif dan berkembang dengan pesat di era digital, desainer grafis memiliki peran yang sangat penting dalam menciptakan berbagai karya visual yang menarik dan efektif dalam berbagai bidang. Sehingga, peluang kerjanya pun sangat besar.

Dari advertising designer hingga full stack designer, masing-masing jenis desainer grafis memiliki tugas, fungsi, dan tujuan yang berbeda dalam menciptakan karya visual yang berkualitas. Oleh karena itu, memilih jenis desainer grafis yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan tujuan proyek menjadi hal yang sangat penting. 

Sebagai seorang desainer grafis, kreativitas dan kemampuan dalam memahami pasar serta target audience menjadi faktor penting dalam menciptakan karya visual yang sukses dan memuaskan klien. Untuk itu, kamu bisa memulainya dengan mengikuti Kelas Desain di GAMELAB.ID.

Ada banyak hal yang akan kamu pelajari, mulai dari materi dasar hingga materi untuk profesional. Kabar baiknya, kamu bisa memanfaatkan Promo dan Diskon yang masih berlaku untuk membeli Kelas Desain dengan harga yang lebih hemat. Yuk, segera daftar kelasnya atau kamu bisa bertanya pada Tim GAMELAB.ID terlebih dahulu dengan klik link ini.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Senin, 17 April 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI