BERITA BISNIS & ADMINISTRASI Mengenal Produk Bundling, Strategi Marketing untuk Keberhasilan Bisnis

Mengenal Produk Bundling, Strategi Marketing untuk Keberhasilan Bisnis

Oleh Syamsul Arifin | Senin, 17 April 2023

Mengenal Produk Bundling, Strategi Marketing untuk Keberhasilan Bisnis

Produk bundling merupakan salah satu strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan atau mengenalkan produk baru pada konsumen. Ada beberapa manfaat dan jenis produk bundling yang perlu kamu ketahui.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Produk bundling adalah suatu strategi pemasaran di mana beberapa produk dikelompokkan menjadi satu kemasan penjualan dengan satu harga. Dengan strategi marketing ini, harga menjadi lebih ekonomis daripada total harga kemasan satuan.

Apa Itu Produk Bundling?

Produk bundling adalah strategi pemasaran dimana dua atau lebih produk dikelompokkan bersama dalam satu kemasan penjualan dengan satu harga yang lebih ekonomis atau murah dari total harga kemasan masing-masing produk secara terpisah. 

Strategi bundling dapat diterapkan dalam sebuah rencana pemasaran pada periode tertentu. Strategi ini juga dapat digunakan pada setiap produk yang kurang laku atau produk baru yang masih kurang dikenal serta diminati oleh konsumen.

Dengan strategi bundling ini, konsumen bisa membeli lebih dari satu produk dalam satu pembelian. Sedangkan bagi perusahaan, strategi ini dapat mengatur stok produknya dengan lebih baik. Selain itu, strategi bundling juga dapat meningkatkan jumlah rata-rata pemesanan dan penjualan serta mengurangi biaya pemasaran dan distribusi produk.

Manfaat dan Tujuan Produk Bundling

Tujuan utama dari produk bundling adalah untuk meningkatkan penjualan produk dan memberikan nilai tambah kepada pelanggan. Dengan menggabungkan beberapa produk yang saling berkaitan atau komplementer dalam satu paket, perusahaan dapat menawarkan produk dengan harga yang lebih kompetitif dan memberikan kemudahan serta kenyamanan bagi pelanggan. 

Selain itu, produk bundling juga dapat membantu perusahaan untuk meningkatkan diferensiasi produk dan meningkatkan loyalitas pelanggan, karena pelanggan cenderung merasa lebih puas dengan produk yang lengkap dan memiliki nilai tambah. 

Mengenal Produk Bundling - GAMELAB.ID

Produk bundling juga dapat membantu perusahaan untuk memperkenalkan produk baru kepada pelanggan dan meningkatkan kesadaran merek secara keseluruhan. Berikut adalah beberapa alasan mengapa produk bundling penting:

- Mempermudah Pengelolaan Stok: Dalam produk bundling, stok dapat dikelola dengan lebih efisien karena produk yang berbeda dapat diikat dalam satu paket sehingga perusahaan dapat mengontrol inventaris dengan lebih baik.

- Meningkatkan Keuntungan: Dalam beberapa kasus, produk bundling dapat membantu meningkatkan margin keuntungan karena konsumen cenderung membayar lebih untuk paket bundling daripada untuk produk yang dijual secara terpisah.

- Memperkenalkan Produk Baru: Produk bundling dapat digunakan sebagai cara untuk memperkenalkan produk baru (branding) kepada konsumen dengan memasukkan produk baru tersebut ke dalam paket dengan produk-produk yang sudah dikenal oleh konsumen.

Jenis Produk Bundling

Lalu, apa saja jenis produk bundling yang bisa dijadikan strategi pemasaran? Berikut ini adalah beberapa jenis produk bundling:

- Pure bundling: Jenis bundling di mana dua produk atau lebih hanya dijual sebagai satu paket saja. Contohnya adalah paket perjalanan yang termasuk tiket pesawat, penginapan, dan tur.

- Mixed bundling: Jenis bundling di mana produk yang dijual dalam paket juga tersedia untuk dijual secara terpisah. Contohnya adalah paket printer dan kertas, di mana kedua produk dapat dibeli secara terpisah tetapi juga dijual dalam satu paket.

- Cross bundling: Jenis bundling di mana produk dari dua perusahaan yang berbeda dijual bersama-sama. Contohnya adalah mobil yang dijual dengan asuransi mobil dari perusahaan asuransi yang berbeda.

- Premium bundling: Jenis bundling di mana produk yang lebih mahal dijual bersamaan dengan produk yang lebih murah. Contohnya adalah ponsel cerdas (smartphone) yang dijual dengan aksesoris murah seperti pelindung layar dan kabel pengisian daya.

- New product bundling: Jenis bundling di mana produk baru dijual bersamaan dengan produk yang sudah ada. Contohnya adalah perangkat lunak baru yang dijual bersama dengan perangkat keras yang sudah ada.

Mengenal Produk Bundling - GAMELAB.ID

Baca Juga : Rahasia Tersembunyi, Strategi Email Marketing yang Meningkatkan Penjualan!

Penutup

Dalam dunia bisnis, produk bundling telah terbukti sebagai strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan. Dengan menggabungkan beberapa produk yang terkait atau memiliki nilai tambah, pelanggan dihadapkan dengan pilihan yang lebih menarik dan seringkali lebih ekonomis dibandingkan dengan membeli produk secara terpisah. 

Selain itu, produk bundling juga dapat membantu meningkatkan loyalitas pelanggan dan memperkuat citra merek. Oleh karena itu, produk bundling dapat menjadi salah satu strategi pemasaran yang sangat berharga bagi bisnis dalam meningkatkan keuntungan dan memperluas basis pelanggan mereka.

Tentunya, produk bundling hanyalah salah satu strategi dalam pemasaran yang bisa dilakukan oleh bisnis atau perusahaan. Masih ada strategi pemasaran lain yang dapat diterapkan oleh suatu bisnis, misalnya pemasaran digital (digital marketing), psikologi marketing dan lain sebagainya. Jika kamu ingin mengetahui strategi pemasaran lainnya, kamu bisa mengikuti Kelas Bisnis di GAMELAB.ID.

Ada cukup banyak pilihan kelas yang bisa kamu beli di GAMELAB.ID. Kamu juga bisa memanfaatkan Diskon dan Promo yang masih tersedia dan berlaku agar lebih hemat. Yuk, segera daftar kelasnya atau jika masih ada pertanyaan, silakan hubungi Tim GAMELAB.ID di sini.

 


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Senin, 17 April 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI