BERITA SALES & MARKETING Marketing Mix : Konsep dan Penerapannya dalam Bisnis Online / Startup

Marketing Mix : Konsep dan Penerapannya dalam Bisnis Online / Startup


#bisnis #marketing #startup
Marketing Mix : Konsep dan Penerapannya dalam Bisnis Online / Startup

Marketing Mix merupakan istilah yang cukup terkenal di dalam bisnis. Marketing mix atau pemasaran bauran adalah suatu strategi yang terdiri dari beberapa unsur terpadu untuk menjual produk atau jasa kepada pelanggan.

Yuk, belajar di GAME LAB ACADEMY harga lebih murah, bisa belajar kapan saja dan di mana saja. Kelas ditulis oleh professional dari industri berkolaborasi dengan praktisi pendidikan. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Marketing Mix merupakan istilah yang cukup terkenal di dalam bisnis. Marketing mix atau pemasaran bauran adalah suatu strategi yang terdiri dari beberapa unsur terpadu untuk menjual produk atau jasa kepada pelanggan.

Pentingnya marketing untuk bisnis dan startup

Marketing memegang peranan penting di dalam bisnis dan startup. Di mana dengan proses marketing, produk kita akan dikenal secara lebih luas ke berbagai penjuru. Produk kita juga akan lebih dikenal oleh target market yang sebelumnya belum terjangkau. Produk kita juga akan semakin dikenal dan dipercaya oleh pelanggan yang sudah menggunakan produk kita.

Marketing dapat dilakukan dengan maksimal dan akhirnya akan menaikkan pendapatan perusahaan. Nah, salah satu framework yang bisa dipakai untuk meningkatkan kesuksesan bisnis / startup adalah marketing mix. 

Definisi Marketing Mix

Marketing mix adalah sekumpulan variabel-variabel marketing yang digunakan oleh perusahaan untuk mengejar target penjualan yang diinginkan. Marketing mix masuk dalam kategori strategi pemasaran yang dilakukan secara terpadu dan bersamaan.

Tujuan dan Manfaat Marketing Mix

Strategi marketing mix dapat menjadi kesatuan yang luar biasa dan memberikan efek bagi bisnis secara signifikan. Kita dapat menjalan keseluruhan marketing mix tanpa terkecuali dan dengan tingkat pelaksanaan secara berkesinambungan.

Perusahaan apapun membutuhkan marketing baik yang skala kecil maupun skala besar. Berbagai jenis produk perusahaan juga membutuhkan marketing. Bagi founder startup atau pemilik bisnis, pengertian tentang marketing mix ini sifatnya wajib. Marketing akan menentukan bagaimana perusahaan berhadapakan dengan kompetitor dan pelangganannya.

Konsep Dasar Marketing Mix

Marketing Mix pada awalnya memiliki elemen 4P yang terdiri dari: 

  • Product (produk)
  • Price (harga)
  • Place (saluran distribusi)
  • Promotion (promosi)

Sedangkan Marketing Mix yang terbaru memiliki elemen 7P yang terdiri dari: 

  • Product (produk)
  • Price (harga)
  • Place (saluran distribusi)
  • Promotion (promosi)
  • People (SDM)
  • Process (proses)
  • Packaging (kemasan)

Penerapan Marketing Mix

Pada bisnis atau startup, penerapan marketing mix dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

Produk

Produk harus memenuhi kebutuhan penggunannya atau target marketnya. Produk harus bagus dan memiliki kualitas yang dapat dipertanggungjawabkan. Produk berkualitas akan menjadi elemen marketing dengan sendirinya. Produk yang jelek, akan menjadi marketing yang buruk juga. Kecuali kita menjadi single player di bidang tertentu

Price

Penentuan harga menjadi faktor penting untuk jenis produk-produk tertentu. Harga harus masuk ke dalam kategori sepadan dengan apa yang pengguna keluarkan. Perang harga sering terjadi di tengah kompetisi bisnis yang ketat. Tetapi hal tersebut bisa dihadapi dengan memberikan kualitas produk yang lebih dari ekspektasi pengguna.

Place

Saluran distribusi harus mudah ditemukan dan ditempuh. Misalnya produk e-commerce, distribusi barang dari penjual ke pembeli harus mudah, harus aman dan harus terjamin. Semakin murah proses distribusi, maka proses penjualan juga akan semakin lancar dan lebih mudah.

Promotion

Promosi berbeda dengan marketing. Promosi di sini adalah upaya persuasi untuk membujuk calon pembeli menjadi pembeli. Ada beberapa elemen yang perusahaan dapat optimalkan di sisi promosi seperti Salesperson, Public Relation dan Periklanan.

People

Faktor tim yang ada di dalam perusahaan menjadi sangat penting apalagi belakangan ini. Tim yang solid, kreatif dan mau bekerja keras akan berbeda dengan tim yang biasa-biasa saja. Faktor personal setiap anggota tim berpengaruh terhadap kinerja tim, dan akhirnya berimbas dalam perusahaan itu sendiri.

Process

Proses harus sangat efisien dan efektif agar bisa berkompetisi dengan kompetitor. Gunakan teknologi terbaru, gunakan teknologi yang memadai dan tetap on-budget sehingga kita dapat bekerja lebih baik dan efektif. Process juga dapat dirapikan dengan SOP (Standard Operational Procedures). 

Packaging

Kemasan memegang peranan penting juga untuk menarik orang membeli produk kita. Produk yang bagus, harus dikemas juga dengan packaging yang bagus. Jangan sampai, produk bagus tapi kemasannya ternyata tidak menarik orang untuk membeli.

Simpulan

Demikian semoga bermanfaat bagi teman-teman bahasan saya tentang Marketing Mix. Adapun nanti di artikel-artikel berikutnya akan saya bahas lebih dalam lagi tentang marketing.

Sumber gambar: Business vector created by mokoland - www.freepik.com


Andi Taru

Andi Taru

Selasa, 11 Agustus 2020