BERITA PRAKERJA Cara Menggunakan Instagram Business untuk Memaksimalkan Penjualan

Cara Menggunakan Instagram Business untuk Memaksimalkan Penjualan

Oleh Syamsul Arifin | Selasa, 2 Mei 2023

Cara Menggunakan Instagram Business untuk Memaksimalkan Penjualan

Instagram bukan hanya sebagai media sosial untuk berbagi foto dan video, melainkan juga untuk berbisnis. Kamu bisa menggunakan Instagram Business untuk memaksimalkan penjualan produk atau jasa yang kamu miliki.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Instagram telah menjadi salah satu platform media sosial yang paling populer di dunia, dengan lebih dari satu miliar pengguna aktif setiap bulannya. Selain sebagai tempat berbagi foto dan video pribadi, Instagram juga telah menjadi alat pemasaran yang efektif bagi bisnis. Dalam artikel ini, kamu akan belajar tentang Instagram Business dan bagaimana memanfaatkan platform ini untuk mengembangkan merek dan bisnis kamu.

Apa itu Instagram Business?

Instagram Business adalah fitur yang disediakan oleh Instagram untuk membantu kamu memaksimalkan potensi bisnis yang kamu kelola. Fitur ini dapat membantu kamu membuat profil khusus bisnis dengan berbagai opsi tambahan seperti informasi tentang produk atau jasa yang ditawarkan, lokasi bisnis, serta akses ke statistik penggunaan dan analitik.

Oleh sebab itu, Instagram Business adalah salah satu strategi pemasaran digital yang efektif. Ini karena dengan menggunakan Instagram Business, kamu dapat mengakses berbagai fitur dan alat untuk membangun brand, mempromosikan produk atau jasa, serta berinteraksi dengan pelanggan secara lebih efektif. 

Beberapa fitur yang tersedia di Instagram Business antara lain pengaturan profil bisnis, kemampuan untuk membuat dan mempromosikan iklan, akses ke alat analitik dan informasi pengikut, serta fitur-fitur kreatif seperti Instagram Stories, Feeds, dan Reels. Kamu juga bisa memaksimalkan fitur Direct Message (DM), likes, komen dan berbagi (share).

Sebagai pengusaha atau pemilik bisnis, kamu dapat memanfaatkan potensi besar platform media sosial ini untuk mengembangkan bisnis secara online. Ini karena ada beberapa alasan kenapa kamu harus menggunakan Instagram Business untuk memaksimalkan potensi bisnis kamu.

Instagram Business - GAMELAB.ID

Kenapa Harus Memanfaatkan Instagram Business?

Jika ada yang bertanya, kenapa harus memanfaatkan Instagram Business? Tentu jawabannya adalah karena Instagram Business menawarkan berbagai keuntungan yang dapat membantu bisnis kamu. Beberapa keuntungan tersebut antara lain:

Lebih Mudah untuk Menjangkau Target Pasar

Dengan Instagram Business, kamu dapat mengakses alat (tools) pemasaran untuk menjangkau target pasar dengan lebih mudah. Sebagai contoh, bisnis kamu dapat menggunakan fitur iklan Instagram (Instagram Ads) untuk menampilkan produk atau jasa kepada pengguna Instagram potensial, berdasarkan demografi, minat atau perilaku.

Lebih Mudah untuk Mengukur Kinerja Pemasaran

Instagram Business menyediakan alat analitik (analytic) yang memungkinkan kamu melihat seberapa efektif kampanye pemasaran, berapa banyak orang yang telah terlibat dengan konten dan bagaimana interaksi dengan pengikut. Semua data akan disediakan oleh Instagram.

Meningkatkan Kredibilitas Merek

Profil Instagram Business dengan informasi yang lengkap dapat menambah kredibilitas bisnis atau merek (brand). Selain itu, hal ini juga dapat membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan. Ini karena akun Instagram Business memang dirancang secara khusus untuk meningkatkan kredibilitas bisnis.

Dengan kata lain, calon pelanggan akan lebih percaya dengan bisnis kamu ketika kamu menggunakan akun Instagram Business daripada akun pribadi. Oleh sebab itu, jika kamu ingin meningkatkan kredibilitas bisnis di Instagram, gunakanlah akun Instagram Business, bukan akun pribadi.

Memudahkan Promosi Produk Baru atau Jasa

Dengan Instagram Business, kamu dapat dengan mudah mempromosikan produk atau jasa baru. Kamu juga bisa menarik perhatian pelanggan dengan lebih mudah dengan menggunakan alat promosi dan iklan yang disediakan oleh Instagram.

Membangun Komunitas Penggemar

Dengan Instagram Business, kamu dapat mengembangkan komunitas penggemar (fans) yang loyal dengan terus memposting konten yang berkualitas dan relevan. Hal ini dapat membantu meningkatkan kesadaran merek dan memperkuat hubungan dengan pelanggan.

Instagram Business - GAMELAB.ID

Cara Menggunakan Akun Instagram Business

Instagram Business dapat membantu kamu melakukan promosi secara digital dengan lebih terarah dan memperoleh hasil yang lebih memuaskan. Fitur-fitur pada Instagram Business dirancang khusus untuk mendukung keperluan bisnis dan memperluas distribusi konten agar lebih banyak diketahui orang. Berikut cara menggunakan akun Instagram Business:

Buat Akun Instagram Business

Kamu dapat membuat akun Instagram Business baru atau mengubah akun Instagram pribadi yang sudah ada menjadi akun bisnis. Jika kamu ingin membuat akun baru, unduh aplikasi Instagram di ponsel dan daftar dengan email atau nomor telepon. Setelah mendaftar, pilih "Buat akun Bisnis" saat diminta untuk memilih jenis akun.

Atur Profil Bisnis

Setelah memiliki akun bisnis, hal berikutnya yang perlu dilakukan adalah memaksimalkan profil akun kamu agar menarik bagi target konsumen. Isi foto profil, nama akun, username, bio, dan website dengan baik dan menarik. Kelima hal tersebut adalah wajah dari akun Instagram kamu. 

Pastikan informasi kontak bisnis seperti nomor telepon dan alamat email juga tercantum. Dengan memiliki profil yang menarik dan lengkap, calon konsumen akan tertarik untuk mengintip profil dan mencari tahu lebih jauh tentang produk atau layanan yang kamu jual.

Verifikasi Akun Instagram

Instagram Business memerlukan verifikasi akun untuk memastikan bahwa akun tersebut benar-benar milik bisnis. Caranya adalah dengan menghubungkan akun Instagram dengan halaman Facebook bisnis atau dengan memverifikasi nomor telepon dan email bisnis.

Gunakan Alat Pemasaran Instagram Business

Setelah akun Instagram Business terverifikasi, gunakan alat (tools) pemasaran Instagram Business untuk mempromosikan bisnis yang kamu kelola. Kamu dapat membuat iklan Instagram (Instagram Ads) dan memposting konten yang relevan dengan produk atau layanan kamu. 

Tools ini juga dapat kamu gunakan untuk berinteraksi dengan pelanggan dan influencer dalam industri yang sesuai dengan bisnis yang kamu kelola. Oleh sebab itu, manfaatkanlah semua tools ini untuk memaksimalkan penjualan atau bisnis kamu.

Pelajari Analitik Instagram Business

Instagram Business menyediakan fitur analitik yang membantu kamu memahami kinerja postingan dan iklan. Pelajari cara menggunakan alat analitik Instagram Business untuk mengetahui strategi atau rencana pemasaran mana yang bekerja dengan baik dan yang tidak.

Dengan fitur ini, kamu dapat dengan mudah untuk mengukur sejauh mana strategi pemasaran digital yang sudah kamu lakukan di Instagram. Apa yang ditampilkan pada fitur ini juga bisa menjadi bahan untuk evaluasi strategi pemasaran selanjutnya.

Miliki Strategi Konten

Memiliki strategi yang baik sangat penting untuk meningkatkan penjualan melalui Instagram Business. Kamu memerlukan konten yang konsisten, desain, foto menarik dan bahasa yang digunakan harus selaras dengan brand kamu. 

Tentukan juga kapan dan di mana kamu akan memposting konten, apakah di Instagram Stories atau di Feed. Terakhir, kamu juga perlu mengetahui strategi untuk mengiklankan profil kamu melalui Instagram Business.

Jalin Hubungan Baik dengan Follower

Kamu perlu menjalin hubungan dengan follower untuk meningkatkan engagement dan membuat akunmu semakin dilihat oleh banyak pengguna lainnya. Balas komentar yang diberikan oleh pengikut atau pengguna Instagram, ajukan pertanyaan kepada followers dan adakan giveaway atau mini kuis untuk menarik perhatian. 

Hal ini juga akan membuat algoritma Instagram lebih memperhatikan akun kamu dan menampilkan akun tersebut kepada lebih banyak pengguna. Selain itu, tentunya cara seperti ini dapat membangun kedekatan dengan fans atau pengikut.

Instagram Business - GAMELAB.ID

Fitur-Fitur Akun Instagram Business

Akun Instagram Business memberikan fitur-fitur yang dapat kamu manfaatkan untuk memaksimalkan kepentingan atau pemasaran bisnis kamu. Berikut adalah beberapa fitur yang tersedia di akun Instagram Business:

Instagram Insights

Fitur penting dari akun Instagram Business adalah Instagram Insights. Dengan fitur ini, kamu dapat melihat analisis konten yang diposting. Misalnya seperti jumlah kunjungan, demografi pengguna, dan waktu aktivitas pengguna Instagram.

Instagram Ads

Fitur iklan di Instagram dapat kamu manfaatkan untuk mempromosikan konten. Instagram Ads dapat meningkatkan jangkauan pengguna Instagram. Instagram Ads adalah fitur berbayar untuk mengiklankan produk atau layanan kamu baik melalui foto atau video.

Tombol Kontak

Kamu dapat menambahkan tombol kontak khusus yang berisi informasi seperti alamat email, nomor telepon, atau alamat bisnis. Tombol ini memudahkan pengguna Instagram untuk menghubungi bisnis kamu ketika akan melakukan pembelian atau mengajukan pertanyaan.

Integrasi Facebook

Dengan menghubungkan akun Instagram Business dengan akun Facebook, kamu dapat memperluas jangkauan kampanye iklan dan memudahkan pengelolaan kampanye iklan. Ini bisa menjadi salah satu strategi pemasaran via Instagram. Makin jauh jangkauan iklan, makin besar juga potensi untuk mendapatkan pelanggan baru.

Kolaborasi dengan Influencer

Fitur ini berguna untuk berkolaborasi dengan influencer dan membuat kesepakatan sponsorship melalui Instagram. Kerja sama dengan influencer ini dapat memberikan banyak keuntungan. Misalnya seperti produk kamu dapat dikenal lebih luas dan tentunya potensi untuk mendapatkan pelanggan baru juga besar.

Verifikasi Akun

Kamu dapat memverifikasi akun Instagram Business untuk menunjukkan bahwa bisnis kamu adalah bisnis yang sah dan terpercaya. Jika akun terverifikasi, maka calon pelanggan akan lebih percaya untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang kamu tawarkan di Instagram.

Instagram Business - GAMELAB.ID

Baca Juga : Bikin Nulis Caption Cepat, 12 Copywriter AI untuk Efisiensi Waktu

Penutup

Dalam era digital yang makin berkembang, Instagram Business menjadi salah satu platform media sosial yang paling populer di dunia. Dengan fitur-fitur yang dirancang khusus untuk bisnis, Instagram Business memberikan banyak manfaat bagi pengusaha, mulai dari meningkatkan jangkauan dan visibilitas brand hingga membangun koneksi dengan pelanggan. 

Dengan berbagai pilihan iklan dan analitik, Instagram Business memberikan kesempatan kepada para pengusaha untuk memasarkan produk secara efektif dan memantau performa kampanye iklan. Selain itu, Instagram Business juga menawarkan fitur-fitur kreatif seperti Instagram Stories, dan Reels untuk menambah daya tarik konten yang dibagikan. 

Oleh karena itu, bagi para pengusaha, pemilik bisnis atau kamu yang ingin memasarkan produk secara digital, Instagram Business adalah platform tepat untuk membangun brand dan mengembangkan bisnis kamu. Kamu hanya perlu mempelajari bagaimana memanfaatkan Instagram Business secara maksimal.

Kabar baiknya, GAMELAB.ID memiliki pelatihan Memasarkan Produk dan Jasa Melalui Instagram untuk kamu yang siap kerja dan memiliki saldo Prakerja. Segera gunakan saldo Prakerja kamu untuk membeli pelatihan tersebut. Jika ada pertanyaan, silakan kirim pertanyaan kamu ke Tim GAMELAB.ID melalui link ini.

 


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Selasa, 2 Mei 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI