BERITA SMK Cara Penulisan Daftar Pustaka Laporan PKL SMK yang Benar [Lengkap dengan Contoh]

Cara Penulisan Daftar Pustaka Laporan PKL SMK yang Benar [Lengkap dengan Contoh]

Oleh Syamsul Arifin | Selasa, 30 Mei 2023

Cara Penulisan Daftar Pustaka Laporan PKL SMK yang Benar [Lengkap dengan Contoh]

Daftar pustaka adalah bagian penting yang menunjukkan sumber-sumber yang dijadikan referensi dalam laporan PKL. Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat diikuti untuk menulis daftar pustaka dalam laporan PKL SMK.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Laporan Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan salah satu komponen penting dalam program pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Dalam laporan PKL, terdapat berbagai informasi dan referensi yang digunakan untuk mendukung dan menguatkan isi laporan yang ditulis di halaman daftar pustaka.

Apa Itu Daftar Pustaka Laporan PKL SMK?

Daftar pustaka dalam laporan PKL SMK adalah bagian penting yang mencantumkan semua sumber referensi yang digunakan dalam penulisan laporan tersebut. Daftar pustaka memberikan informasi lengkap tentang sumber-sumber yang digunakan, seperti buku, jurnal ilmiah, artikel online atau dokumen resmi lainnya.

Tujuan dari daftar pustaka adalah untuk memberikan pengakuan kepada penulis atau pencipta sumber yang digunakan dalam laporan PKL. Selain itu, dengan adanya daftar pustaka, pembaca dapat menelusuri dan memeriksa sumber tersebut. 

Daftar pustaka juga menunjukkan bahwa penulisan laporan PKL yang kamu buat didasarkan pada referensi yang dapat dipertanggungjawabkan dan dapat dipercaya. Dengan demikian, laporan PKL SMK yang kamu buat benar-benar dapat dipertanggungjawabkan.

Daftar pustaka biasanya disusun secara alfabetis berdasarkan nama belakang penulis atau judul sumber jika tidak ada penulis yang disebutkan. Setiap tulisan dalam daftar pustaka harus mencakup informasi seperti nama penulis, judul sumber, tahun terbit, nama penerbit dan informasi tambahan yang relevan seperti nomor halaman atau edisi.

Penulisan Daftar Pustaka - GAMELAB.ID

Cara Penulisan Daftar Pustaka Laporan PKL SMK

Berikut ini beberapa cara penulisan daftar pustaka laporan PKL SMK yang benar:

1. Identifikasi Sumber

Identifikasi sumber merupakan langkah awal dalam penulisan daftar pustaka. Dalam langkah ini, kamu perlu mengidentifikasi semua sumber yang telah digunakan dalam laporan PKL.

Misalnya seperti sumber dari buku, jurnal ilmiah, artikel online atau dokumen resmi lainnya. Tujuan dari identifikasi ini adalah untuk mencatat dengan lengkap informasi tentang setiap sumber yang kamu gunakan.

Ketika mengidentifikasi sumber, pastikan kamu mencatat informasi yang relevan dan penting untuk mengidentifikasi dan mengakses kembali sumber tersebut. Informasi yang perlu dicatat meliputi nama penulis atau penulis bersama, judul sumber, tahun terbit, nama penerbit dan jika diperlukan, informasi tambahan seperti nomor halaman atau edisi. 

2. Gunakan Format Gaya Penulisan yang Tepat

Saat menulis daftar pustaka, penting untuk menggunakan format gaya penulisan yang sesuai. Format yang umum digunakan adalah APA (American Psychological Association) atau MLA (Modern Language Association). 

Kamu perlu memahami dan mengikuti aturan format yang telah ditetapkan oleh lembaga pendidikan (sekolah kamu) atau mengacu pada pedoman yang diberikan oleh guru. Menggunakan format yang tepat akan membantu menjaga konsistensi dan keseragaman dalam penulisan daftar pustaka.

3. Susun Daftar Pustaka Secara Alfabetis

Setelah mengidentifikasi sumber dan memahami format yang digunakan, susun daftar pustaka secara alfabetis berdasarkan nama belakang penulis. Jika tidak ada penulis yang disebutkan, gunakan judul sebagai acuan pengurutan. 

Pastikan untuk memformat setiap tulisan dengan konsisten, seperti menggunakan indentasi atau penomoran yang benar. Susunan alfabetis membantu pembaca mencari referensi yang spesifik dengan mudah dan memberikan tampilan yang teratur pada daftar pustaka.

4. Cek Kembali Kebenaran Informasi

Sebelum menyelesaikan daftar pustaka, periksa kembali kebenaran setiap informasi yang dicantumkan. Pastikan bahwa nama penulis, judul, tahun terbit dan informasi lainnya ditulis dengan benar. 

Hal ini penting untuk menjaga integritas akademik laporan PKL dan menunjukkan kehati-hatian dalam mengutip sumber. Memeriksa kebenaran informasi juga membantu mencegah kesalahan penulisan yang dapat merugikan validitas laporan.

5. Jaga Konsistensi dalam Penulisan

Dalam penulisan daftar pustaka, penting untuk menjaga konsistensi. Gunakan format yang sama untuk setiap entri, termasuk penulisan nama penulis, judul dan informasi lainnya. 

Perhatikan penggunaan tanda baca, kapitalisasi dan penulisan tahun terbit yang seragam. Konsistensi dalam penulisan memberikan kesan profesional dan menjadikan daftar pustaka lebih mudah dibaca dan dipahami.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu akan mampu menulis daftar pustaka yang baik dan terstruktur dalam laporan PKL SMK. Penting untuk menghargai dan memberikan pengakuan kepada sumber-sumber yang digunakan, sehingga laporan PKL kamu dapat mencerminkan integritas akademik yang tinggi.

Penulisan Daftar Pustaka - GAMELAB.ID

Contoh Penulisan Daftar Pustaka Laporan PKL SMK

Berikut adalah contoh penulisan daftar pustaka untuk laporan PKL SMK:

1. Buchari, A. (2019). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Restoran Seafood X. Jurnal Manajemen Pemasaran, 7(2), 45-57.

2. Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Pedoman Penulisan Laporan Praktek Kerja Lapangan SMK. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

3. Hamzah, M. (2018). Analisis Kualitas Produk dan Dampaknya terhadap Loyalitas Pelanggan di Toko Elektronik Y. Jurnal Ilmu Manajemen, 5(1), 22-35.

4. Kementerian Pariwisata. (2017). Profil Pariwisata Indonesia. Jakarta: Kementerian Pariwisata.

5. Rachmawati, D. (2020). Peran Promosi Pariwisata dalam Peningkatan Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Kota Yogyakarta. Jurnal Pariwisata, 12(1), 78-90.

6. Supriyanto, B. (2015). Implementasi Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Efisiensi Proses Administrasi di SMK XYZ. Jurnal Teknologi Informasi, 3(2), 112-125.

7. Tarigan, S. (2019). Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan XYZ Menggunakan Metode Rasio Keuangan. Jurnal Akuntansi, 8(1), 56-68.

8. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

9. Yusuf, M. (2017). Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Produktivitas Karyawan di Perusahaan Manufaktur. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, 5(2), 89-102.

10. Zainal, R. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Supermarket XYZ. Jurnal Manajemen Bisnis, 6(1), 45-58.

Pastikan untuk menyesuaikan format dan informasi yang ditampilkan dengan pedoman yang telah ditetapkan oleh sekolah. Contoh di atas hanya merupakan ilustrasi umum tentang bagaimana penulisan daftar pustaka dalam laporan PKL SMK. 

Selalu rujuk ke pedoman resmi dan instruksi yang diberikan oleh guru kamu untuk memastikan format penulisan yang tepat. Jadi, selain merujuk ke artikel ini, kamu juga perlu bertanya pada guru pembimbing.

Penulisan Daftar Pustaka - GAMELAB.ID

Baca Juga : Ekplorasi Game VR dan Animasi, SMK PGRI 1 Ponorogo Kunjungan ke Gamelab Indonesia

Penutup

Dalam menulis laporan PKL SMK, menyusun daftar pustaka dengan benar merupakan hal yang sangat penting. Daftar pustaka tidak hanya memberikan pengakuan kepada penulis atau pencipta sumber yang digunakan, tetapi juga memberikan integritas akademik pada laporan. 

Dengan mencantumkan daftar pustaka yang akurat, kamu menunjukkan bahwa penelitian didasarkan pada sumber-sumber yang dapat dipertanggungjawabkan dan dapat dipercaya. Selain itu, menulis daftar pustaka dengan benar juga memberikan manfaat bagi pembaca laporan. 

Daftar pustaka memungkinkan pembaca untuk menelusuri sumber-sumber yang kamu gunakan, memperdalam pemahaman atau melakukan penelitian lebih lanjut. Ini juga merupakan bentuk penghargaan terhadap kontribusi penulis atau pencipta sumber yang telah kamu gunakan dalam laporan.

Untuk meningkatkan skills dan mengoptimalkan keterampilan di bidang administrasi, kamu dapat mengikuti program Kelas AkademiMagang Online atau Kelas Industri di GAMELAB.ID. Kedua program ini akan memberikan kesempatan untuk mendapatkan pengalaman praktis sesuai kelas yang kamu ikuti. 

Dengan mengikuti magang di GAMELAB.ID, kamu akan mendapatkan pelatihan langsung dari para ahli di bidang tersebut dan dapat mengasah keterampilan yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Yuk, segera daftar kelas favoritmu. Info lebih lanjut, kamu bisa bertanya ke Tim GAMELAB.ID dengan klik link ini.

 


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Selasa, 30 Mei 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI