BERITA SMK Viral! Mahasiswa Kampus Terbaik Kalah Saing dengan Lulusan SMK di Dunia Industri!

Viral! Mahasiswa Kampus Terbaik Kalah Saing dengan Lulusan SMK di Dunia Industri!

Oleh Syamsul Arifin | Senin, 5 Juni 2023

Viral! Mahasiswa Kampus Terbaik Kalah Saing dengan Lulusan SMK di Dunia Industri!

Mahasiswa lulusan salah satu universitas terbaik 'curhat' bahwa dirinya kalah saing dengan lulusan SMK ketika akan melamar kerja. Yuk, simak lengkapnya di artikel ini.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Baru-baru ini, ramai diperbincangkan tentang persaingan di dunia kerja atau industri antara lulusan salah satu universitas terbaik di Indonesia dengan seorang lulusan STM (Sekolah Teknik Menengah) atau SMK (Sekolah Menengah Kejuruan). Kabar ini pun menarik perhatian banyak orang.

Viral Lulusan SMK Kalahkan Lulusan Universitas

Diinformasikan bahwa seorang lulusan salah satu universitas terbaik di Indonesia sedang melamar pekerjaan di suatu perusahaan. Dia bersama dengan 15 peserta lainnya menunggu giliran wawancara.

Hal menarik terjadi ketika ada salah satu peserta yang hanya lulusan STM atau SMK yang langsung diterima tanpa ada training. Dikatakan bahwa peserta ini berumur sekitar 30-an dan hanya lulusan SMK tapi sudah memiliki pengalaman bekerja di perusahaan ternama di Italia, Eropa.

Pengalamannya pun dibuktikan dengan memiliki sertifikat welding (pengelasan). Perusahaan pun langsung melakukan negosiasi gaji, tanpa ada tes atau training apa-apa lagi. Inilah yang membuat peserta lainnya, termasuk peserta lulusan universitas merasa kecewa.

Inilah yang menjadi perbincangan netizen di dunia maya. Banyak dari netizen setuju dengan perusahaan yang merekrut peserta lulusan SMK dengan pengalaman bekerja di luar negeri dan memiliki sertifikat welding daripada memilih peserta lulusan universitas terbaik tanpa pengalaman.

Tentu, perusahaan merekrutnya bukan tanpa alasan. Walau pun hanya lulusan SMK, tapi pengalaman bekerja di perusahaan Italia, apalagi dengan sertifikat, telah membuktikan skills-nya. Oleh sebab itu, perusahaan pun tanpa ragu untuk merekrutnya tanpa melakukan tes dan langsung ke tahap negosiasi gaji.

Artinya, pengalaman itu sangat penting dan menjadi pertimbangan utama bagi perusahaan untuk merekrut seseorang. Tidak peduli apakah kamu lulusan SMK atau universitas, jika kamu memiliki pengalaman di dunia industri apalagi dibuktikan dengan adanya sertifikat, maka kamu akan lebih mudah diterima kerja.

Lulusan Kampus Kalah Saing dengan Lulusan SMK - GAMELAB.ID

Alasan Pengalaman di Dunia Industri Sangat Penting

Pengalaman di dunia industri sangat penting bagi lulusan SMK atau universitas. Pengalaman dapat memberikan pemahaman yang mendalam tentang realitas dan tuntutan kerja yang sebenarnya. Ada beberapa alasan mengapa pengalaman industri menjadi krusial (penting):

1. Langsung Praktik

Melalui pengalaman industri, lulusan SMK atau universitas memiliki kesempatan untuk mempraktikkan secara langsung keterampilan teknis yang telah dipelajari di sekolah ke dalam situasi nyata di tempat kerja.

Kamu dapat melihat bagaimana keterampilan tersebut diterapkan dalam praktik sehari-hari dan belajar menghadapi tantangan yang mungkin tidak pernah ditemui di dalam kelas.

Pengalaman langsung ini memberikan peluang untuk menguji dan mengasah keterampilan teknis dengan situasi dan proyek nyata di dunia industri. Kamu dapat melihat bagaimana keterampilan berkontribusi pada keberhasilan tugas-tugas kerja dan memperoleh umpan balik langsung dari rekan kerja dan atasan.

Selain itu, pengalaman industri juga memperkuat pemahaman dan keterampilan lulusan SMK atau universitas dalam menghadapi tantangan yang terjadi. Kamu dapat belajar menyelesaikan masalah, beradaptasi dengan perubahan yang cepat dan mengambil keputusan yang tepat dalam lingkungan kerja yang sesungguhnya.

2. Memahami Lingkungan Kerja

Pengalaman di dunia industri memberikan kesempatan pada lulusan SMK atau universitas untuk memahami lingkungan kerja yang sebenarnya secara langsung. Kamu dapat mengamati dan terlibat dalam dinamika tim, hierarki organisasi, serta budaya kerja yang berlaku di industri tersebut.

Kamu juga dapat melihat bagaimana kerja tim dilakukan, bagaimana kolaborasi antar-departemen terjadi dan bagaimana peran individu berkontribusi dalam mencapai tujuan bersama. Kamu pun bisa mengamati komunikasi dan interaksi antar anggota tim serta memahami pentingnya kerja sama dalam mencapai hasil yang diinginkan.

Selain itu, pengalaman industri juga memungkinkan lulusan SMK atau universitas untuk memahami hierarki organisasi yang berlaku. Kamu dapat melihat struktur kelembagaan, peran dan tanggung jawab di setiap tingkatan, serta bagaimana keputusan diambil dan diterapkan dalam lingkungan kerja.

Memahami hierarki organisasi membantu kamu mengerti bagaimana berkontribusi secara efisien. Selain itu, kamu juga dapat mengamati dan memahami budaya kerja yang ada di industri tersebut.

Budaya kerja mencakup norma, nilai, kebiasaan dan praktik yang diterapkan di tempat kerja. Dengan memahami budaya kerja, kamu dapat menyesuaikan diri dengan lebih baik dan mematuhi aturan serta etika yang berlaku dalam industri tersebut.

Lulusan Kampus Kalah Saing dengan Lulusan SMK - GAMELAB.ID

3. Mengembangkan Keterampilan Sosial

Melalui interaksi dengan rekan kerja, atasan dan klien di dunia industri, lulusan SMK atau universitas memiliki kesempatan untuk mengembangkan keterampilan sosial yang penting. Kamu belajar berkomunikasi secara efektif, berkolaborasi dalam tim dan membangun hubungan kerja yang baik dengan orang-orang di sekitar.

Dalam lingkungan kerja, keterampilan sosial menjadi faktor penting dalam membangun hubungan yang harmonis dengan rekan kerja. Kamu dapat belajar bagaimana berkomunikasi dengan jelas dan diplomatis, mendengarkan dengan baik dan menyampaikan pendapat dengan sopan dan efektif.

Kamu juga dapat mempelajari cara bekerja sama dalam tim, menghormati perbedaan pendapat dan mencapai tujuan bersama. Selain itu, interaksi dengan atasan dan klien membantu kamu untuk mengasah keterampilan sosial dalam konteks profesional.

Selain itu, kamu bisa belajar bagaimana berinteraksi dengan atasan secara efektif, mengikuti instruksi dengan baik dan menyampaikan laporan atau kemajuan pekerjaan dengan tepat waktu dan akurat.

Pengalaman industri juga memungkinkan kamu untuk mempelajari cara berkomunikasi dengan klien, memahami kebutuhan mereka dan memberikan pelayanan yang baik. Keterampilan sosial ini sangat penting dalam membangun jaringan profesional yang luas dan kuat.

Tentu saja kamu dapat memanfaatkan interaksi dengan rekan kerja, atasan dan klien untuk memperluas lingkaran profesional. Melalui keterampilan sosial yang baik, kamu bisa membangun hubungan yang baik, mendapatkan dukungan dan membuka peluang karier baru.

4. Memperoleh Wawasan Industri

Pengalaman di industri membantu lulusan SMK atau universitas untuk memahami lebih dalam tentang operasional, proses dan tren yang ada di industri tertentu. Kamu dapat melihat bagaimana industri beroperasi, beradaptasi dengan perubahan teknologi dan mengatasi tantangan tertentu.

Ini termasuk melihat secara langsung bagaimana industri melakukan proses produksi, distribusi hingga pemasaran. Dengan terlibat langsung di industri, kamu dapat melihat perubahan teknologi yang terjadi dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi cara kerja dan proses di industri tersebut.

Hal yang berharga adalah ketika kamu mulai memahami tantangan dan hambatan yang dihadapi oleh industri, serta bagaimana industri mengatasi tantangan yang muncul.

Singkatnya, pengalaman di industri memberi wawasan yang lebih luas tentang dinamika industri, persaingan yang ada dan peluang yang tersedia. Dengan memahami tren dan perkembangan industri, kamu dapat mengantisipasi kebutuhan dan permintaan di pasar kerja.

5. Membangun Reputasi dan Referensi

Melalui pengalaman industri, lulusan SMK atau universitas memiliki kesempatan untuk membangun reputasi yang baik di lingkungan kerja. Ketika kamu menunjukkan keterampilan dan dedikasi yang baik dalam melaksanakan tugas atau pekerjaan, kamu akan diakui sebagai individu yang dapat diandalkan dan profesional.

Reputasi yang baik ini membantu kamu dalam mencari pekerjaan selanjutnya. Ketika mencari lowongan pekerjaan baru, referensi yang positif dari tempat kerja sebelumnya dapat menjadi poin tambahan yang mempengaruhi keputusan perekrut.

Referensi yang kuat dari atasan atau rekan kerja dapat memberikan bukti konkret tentang kemampuan dan prestasi lulusan SMK atau universitas. Ketika kamu memiliki catatan kerja yang mengesankan, banyak perusahaan akan melihatnya sebagai aset yang berharga.

Oleh sebab itu, penting untuk menjaga reputasi dengan tetap memberikan kinerja terbaik dan menjaga hubungan profesional yang baik dengan kolega dan atasan.

Lulusan Kampus Kalah Saing dengan Lulusan SMK - GAMELAB.ID

Baca Juga : GAMELAB dan SMKS Pelita Al-Qur'an Gelar Seminar Industri untuk Tingkatkan Keterampilan Siswa

Penutup

Pengalaman di dunia industri sangat penting bagi lulusan SMK atau universitas karena beberapa hal. Misalnya seperti memberikan mereka kesempatan untuk mengasah keterampilan, memahami lingkungan kerja, mengembangkan keterampilan sosial, memperoleh wawasan industri dan membangun reputasi. 

Pengalaman ini membantu kamu menjadi lebih siap, adaptif dan berhasil dalam memasuki dunia kerja yang nyata. Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk memiliki pengalaman industri sebanyak mungkin agar lebih mudah diterima di dunia kerja.

Kamu bisa memulai pengalaman industri dengan mengikuti program Magang Online atau Kelas Online di GAMELAB.ID. Ada banyak pilihan kelas dan materi yang bisa kamu ikuti sesuai dengan passion atau minat kamu.

Yuk, jadi lulusan SMK atau universitas yang berkompeten dan mampu bersaing dengan segudang pengalaman yang dibutuhkan dunia industri. Segera daftar kelasnya sekarang dan jika ada pertanyaan, silakan hubungi Tim GAMELAB.ID dengan klik link ini.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Senin, 5 Juni 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI