BERITA KUNJUNGAN INDUSTRI Kunjungan Industri SMK Dharma Bahari Surabaya ke GAMELAB.ID

Kunjungan Industri SMK Dharma Bahari Surabaya ke GAMELAB.ID

Oleh Syamsul Arifin | Senin, 19 Juni 2023

Kunjungan Industri SMK Dharma Bahari Surabaya ke GAMELAB.ID

Baru-baru ini, GAMELAB.ID mendapatkan Kunjungan Industri dari SMK Dharma Bahari Surabaya. Kegiatan ini berlangsung meriah dan penuh dengan antusiasme siswa-siswi SMK Dharma Bahari Surabaya.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Pada hari Kamis, 15 Juni 2023, siswa-siswi SMK Dharma Bahari Surabaya, melaksanakan Kunjungan Industri ke GAMELAB.ID. Kegiatan ini merupakan bagian penting dari kurikulum pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan.

Berlangsungnya Kegiatan Kunjungan Industri

Kunjungan Industri siswa-siswi SMK Dharma Bahari Surabaya ke GAMELAB.ID bertujuan untuk memberikan pemahaman langsung kepada peserta mengenai industri game dan animasi. Kegiatan ini juga dapat memperluas wawasan mereka tentang proses pembuatan dan pengembangan permainan.

Kegiatan kunjungan industri ini dilaksanakan di PT Educa Sisfomedia Indonesia, tepatnya di gedung GAMELAB.ID. Para siswa memulai kegiatan dengan menghadiri sebuah seminar yang bertujuan untuk memperkenalkan perusahaan kepada mereka. 

Dalam seminar ini, mereka diberikan informasi yang mendalam mengenai GAMELAB.ID dan Educa Studio, serta produk-produk unggulan yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut. Misalnya, Educa Studio memiliki produk unggulan Riri (Cerita Anak Interaktif), game edukasi Marbel (Mari Belajar), Kolak (Koleksi Lagu Anak), Kabi (Kisah Teladan Nabi) serta Channel YouTube Riri dan Channel YouTube Kabi.

Sedangkan produk GAMELAB.ID adalah Kunjungan Industri, Kelas Industri, Magang Online Bersertifikat, Program SMK Binaan, Teaching Factory, Pelatihan Prakerja, Kelas Akademi dan banyak lagi. Jika kamu ingin meningkatkan atau optimasi skills di bidang industri kreatif, kamu bisa ikuti pelatihan di GAMELAB.ID.

Dengan mengikuti pelatihan di GAMELAB.ID, kamu bisa menggapai cita-citamu menjadi seorang ahli di bidang industri kreatif. Misalnya seperti programmer, designer, business manager, web developer atau game developer dan lain sebagainya.

 

Kunjungan Industri SMK Dharma Bahari Surabaya ke GAMELAB.ID

Setelah pengenalan perusahaan dan produk, peserta kunjungan diberikan gambaran yang jelas tentang bagaimana proses pembuatan game dan animasi dilakukan di GAMELAB.ID. Mereka diajak untuk melihat langkah-langkah penting dalam mengembangkan sebuah game, mulai dari perencanaan, desain, pengkodean hingga game atau animasi tersebut siap rilis. 

Melalui penjelasan yang detail, siswa-siswi SMK Dharma Bahari Surabaya dapat memahami betapa kompleksnya proses pembuatan game dan animasi. Dengan ini pula, mereka menghargai upaya yang dilakukan oleh para pengembang game.

Seminar pengenalan perusahaan termasuk produk unggulan GAMELAB.ID dan Educa Studio ini juga berlangsung sangat interaktif dengan adanya sesi diskusi atau tanya jawab. Para peserta diberikan kesempatan untuk bertanya langsung kepada perwakilan perusahaan tentang hal-hal yang ingin mereka ketahui lebih lanjut. 

 

Kunjungan Industri SMK Dharma Bahari Surabaya ke GAMELAB.ID

Melihat Produk Game dan Animasi Secara Langsung

Selesai mengikuti seminar, siswa-siswi SMK Dharma Bahari Surabaya diberi kesempatan untuk melihat game dan animasi secara langsung. Beberapa produk yang dipamerkan merupakan karya dari peserta Kelas Online di GAMELAB.ID.

Siswa-siswi SMK Dharma Bahari Surabaya pun sangat antusias melihat dan mencoba karya dari peserta Kelas Online di GAMELAB.ID yang sudah disediakan dengan teknologi layar sentuh. Dengan demikian, mereka dapat merasakan keseruan bermain game dan melihat animasinya.

 

Kunjungan Industri SMK Dharma Bahari Surabaya ke GAMELAB.ID

Selain produk-produk yang dikembangkan oleh peserta Kelas Online, siswa-siswi SMK Dharma Bahari Surabaya juga mendapatkan kesempatan yang menarik untuk merasakan langsung pengalaman bermain game berbasis teknologi Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR). Dalam kunjungan industri ke GAMELAB.ID, mereka diberikan kesempatan untuk mencoba game-game inovatif yang menggunakan teknologi VR dan AR.

Dalam sesi ini, para siswa akan mengenakan headset VR yang memungkinkan mereka untuk masuk ke dalam dunia virtual yang menakjubkan. Mereka dapat merasakan sensasi seperti berada di dalam permainan, dengan lingkungan yang tercipta secara realistis di sekitar mereka.

 

Kunjungan Industri SMK Dharma Bahari Surabaya ke GAMELAB.ID

Pemberian Akun GAMELAB.ID dan E-Sertifikat

Sebagai bagian dari kunjungan ini, peserta Kunjungan Industri diberikan sebuah akun GAMELAB.ID secara gratis. Akun ini dapat digunakan oleh siswa-siswi SMK Dharma Bahari Surabaya untuk mengikuti berbagai pelatihan di GAMELAB.ID, baik yang berbayar maupun yang gratis. 

Dengan adanya akun ini pula, para siswa memiliki akses langsung ke platform pembelajaran online yang telah disiapkan oleh GAMELAB.ID. Mereka dapat mengembangkan keterampilan mereka dalam pengembangan game dan animasi, serta memperluas pengetahuan mereka tentang dunia industri kreatif.

Selain itu, peserta kunjungan juga akan mendapatkan e-sertifikat setelah  menyelesaikan pelatihan di GAMELAB.ID. E-sertifikat ini dapat digunakan untuk melengkapi CV atau resume mereka dan akan menjadi tambahan nilai yang baik saat melamar pekerjaan di industri kreatif. 

Dengan adanya sertifikat ini, para siswa dapat menunjukkan kepada calon pemberi kerja bahwa mereka telah mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang relevan di bidang kreatif, terutama industri pengembangan game dan animasi.

 

Kunjungan Industri SMK Dharma Bahari Surabaya ke GAMELAB.ID

Baca Juga : SMK Rohmatul Ummah dan Gamelab Indonesia Siap Mencetak Desainer Masa Depan dalam UKK

Penutup

Kunjungan Industri ke GAMELAB.ID memberikan banyak manfaat bagi peserta. Mereka mendapatkan kesempatan untuk melihat langsung bagaimana industri game bekerja dan mengenal perusahaan yang berperan di dalamnya. 

Selain itu, peserta juga mendapatkan wawasan dan pengetahuan terbaru tentang perkembangan terkini dalam dunia industri. Hal ini akan sangat berguna bagi mereka yang memiliki minat dan bakat dalam bidang game development dan animasi.

Melalui kegiatan kunjungan industri ini, SMK Dharma Bahari Surabaya memberikan kesempatan yang berharga bagi siswa-siswinya untuk menjelajahi potensi karier di industri kreatif. Diharapkan kunjungan ini dapat membuka peluang bagi siswa-siswi SMK Dharma Bahari Surabaya untuk mengejar passion di industri kreatif.

Dengan pengalaman yang mereka peroleh dari kunjungan ini, siswa-siswi SMK Dharma Bahari Surabaya diharapkan dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang mereka pelajari saat melakukan Kunjungan Industri ke GAMELAB.ID. Mereka diharapkan menjadi generasi penerus yang berkontribusi dalam industri game yang terus berkembang di Indonesia.

Kunjungan Industri di GAMELAB.ID memang penuh inspirasi, wawasan dan pengetahuan termasuk informasi terbaru tentang dunia industri kreatif. Oleh sebab itu, jika sekolah kamu belum bekerja sama untuk adakan Kunjungan Industri di GAMELAB.ID, yuk segera sampaikan ke pihak sekolah kamu. Info lengkap tentang kerja sama ini bisa ditanyakan ke Tim GAMELAB.ID di link ini.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Senin, 19 Juni 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI