BERITA PRAKERJA 3 Pelatihan Prakerja yang Sangat Dibutuhkan di Industri Kreatif

3 Pelatihan Prakerja yang Sangat Dibutuhkan di Industri Kreatif

Oleh Syamsul Arifin | Rabu, 21 Juni 2023

3 Pelatihan Prakerja yang Sangat Dibutuhkan di Industri Kreatif

Industri kreatif yang berkembang pesat membutuhkan tenaga ahli yang terampil dan kreatif. Kamu bisa memilih 3 pelatihan Prakerja berikut untuk tingkatkan skills dan diterima di perusahaan kreatif.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Industri kreatif merujuk pada sektor ekonomi yang berfokus pada produksi dan distribusi karya-karya kreatif dan intelektual. Istilah "industri kreatif" pertama kali diperkenalkan oleh pemerintah Inggris pada tahun 1990-an untuk menggambarkan sektor ekonomi yang terdiri dari berbagai bidang seperti seni, desain, media, hiburan, fashion, arsitektur, permainan video, penerbitan, musik dan lain sebagainya.

Pengertian Industri Kreatif

Industri kreatif adalah sektor ekonomi yang berkaitan dengan produksi dan eksploitasi kreativitas, pengetahuan, dan keahlian dalam menciptakan produk, layanan atau karya seni yang memiliki nilai komersial. Industri ini melibatkan berbagai bidang seperti seni, desain, musik, film, penerbitan, periklanan, mode, arsitektur, permainan digital dan sebagainya.

Industri kreatif mencakup aktivitas yang melibatkan proses kreatif, inovasi dan ekspresi individual atau kelompok. Produk atau karya yang dihasilkan dalam industri kreatif mencerminkan aspek budaya, estetika dan keindahan, serta memiliki daya tarik pasar yang kuat. Industri ini juga memiliki dampak signifikan dalam perekonomian suatu negara, baik dari segi pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan kerja, maupun pemasukan devisa.

Salah satu karakteristik utama dari industri kreatif adalah adanya nilai tambah yang dihasilkan dari kreativitas dan intelektualitas. Ini berbeda dengan industri konvensional yang lebih berfokus pada produksi massa atau bahan mentah. Industri kreatif menciptakan produk atau karya dengan nilai yang terletak pada ide, desain, keahlian dan estetika.

Keberadaan teknologi dan internet telah memberikan dorongan besar bagi perkembangan industri kreatif. Kemajuan digital memungkinkan akses lebih luas terhadap karya-karya kreatif, distribusi yang lebih efisien dan kolaborasi antara individu atau kelompok yang berbeda geografis. Hal ini juga membuka peluang baru dalam pemasaran, penjualan dan monetisasi produk atau karya kreatif melalui platform digital.

Industri kreatif tidak hanya memberikan nilai ekonomi, tetapi juga memainkan peran penting dalam memperkaya budaya, identitas, dan citra suatu negara atau komunitas. Karya seni, desain atau kreatif lainnya dapat menjadi sarana ekspresi, menginspirasi, menyampaikan pesan dan menggerakkan perubahan sosial.

Secara keseluruhan, industri kreatif merupakan sumber daya yang berharga bagi pertumbuhan ekonomi, inovasi, dan pengembangan sosial. Memahami potensi dan dinamika industri ini dapat membuka peluang yang menarik bagi individu untuk berkarier, berwirausaha, atau terlibat dalam ekosistem kreatif yang beragam dan dinamis.

 

3 Pelatihan Prakerja Industri Kreatif - GAMELAB.ID

3 Pelatihan untuk Berkarier di Industri Kreatif

Mau berkarier di industri kreatif? Maka, 3 pelatihan Prakerja berikut ini sangat direkomendasikan untuk kamu.

1. Pelatihan Design Grafis

Sebagai seorang designer, kamu akan belajar mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk menciptakan desain yang menarik dan efektif. Salah satu perangkat lunak yang sangat berguna dalam profesi ini adalah CorelDRAW.

Kabar baiknya, kamu dapat mempelajari cara menggunakan CorelDRAW secara profesional dengan mengikuti pelatihan Mengoperasikan CorelDRAW Untuk Menjadi Designer Grafis. Di dalam pelatihan ini, kamu akan mulai dengan memahami antarmuka dan alat-alat yang tersedia dalam CorelDRAW.

Kamu akan belajar tentang prinsip desain, komposisi, pemilihan warna dan pengaturan tipografi. Selain itu, kamu juga akan diperkenalkan pada teknik-teknik penggambaran, manipulasi gambar dan pembuatan ilustrasi.

Selama pelatihan, kamu akan diajarkan bagaimana membuat desain yang beragam, seperti logo, brosur, poster, kartu nama dan lainnya. Kamu akan belajar menggunakan efek, gradient dan objek kustom untuk meningkatkan tampilan desain kamu. Selain itu, kamu bisa mempelajari teknik pengeditan gambar, penggunaan layer dan eksplorasi berbagai fitur dan alat yang ditawarkan oleh CorelDRAW.

Dengan pelatihan ini, kamu mendapatkan pemahaman yang solid tentang desain grafis dan bagaimana mengaplikasikannya dengan CorelDRAW. Kamu akan mampu menghasilkan desain yang profesional dan memenuhi kebutuhan klien atau proyek kamu sendiri.

Kamu dapat memiliki keterampilan yang sangat berharga dalam industri kreatif dan kesempatan untuk berkarier sebagai seorang designer yang terampil dan ahli.

 

Mengoperasikan CorelDRAW Untuk Menjadi Designer Grafis - GAMELAB.ID

2. Pelatihan Musik Digital

Sebagai seorang kreator musik digital, kamu perlu belajar tentang proses kreatif dalam menciptakan musik menggunakan perangkat lunak seperti FL Studio. Pelatihan Prakerja Membuat Musik Digital Menggunakan FL Studio Untuk Menjadi Multimedia Designer dapat membantu kamu memahami dasar-dasar produksi musik digital dan keterampilan yang diperlukan untuk menghasilkan musik berkualitas.

Kamu bisa memulai dengan mempelajari antarmuka dan fitur-fitur utama dalam FL Studio. Selanjutnya, kamu belajar tentang pengaturan proyek, penggunaan instrumen virtual, pengeditan MIDI, dan penerapan efek audio. Kamu juga akan diperkenalkan pada teknik pengaturan suara, penulisan melodi dan pengaturan tata suara yang baik.

Selama pelatihan, kamu diajarkan bagaimana menggunakan alat-alat produksi musik dalam FL Studio, termasuk synthesizer, drum machine, mixer dan efek. Kamu juga belajar tentang pengaturan tempo, pengeditan loop dan penggunaan efek untuk menciptakan tekstur dan nuansa yang unik dalam musik kamu.

Kamu memiliki kesempatan untuk menciptakan komposisi musik dari awal dan mengembangkan keterampilan aransemen musik. Kamu dapat belajar tentang teknik pengaturan lagu, penggunaan efek transisi dan pengolahan suara. Selain itu, kamu juga akan diberikan wawasan tentang proses mixing dan mastering untuk mencapai kualitas suara yang profesional.

Setelah menyelesaikan pelatihan ini, kamu akan memiliki pemahaman yang kuat tentang produksi musik digital dengan FL Studio. Kamu akan dapat menciptakan musik dalam berbagai genre dan gaya, dan memiliki keterampilan yang diperlukan untuk mengembangkan karier sebagai kreator musik digital yang sukses.

 

Membuat Musik Digital Menggunakan FL Studio Untuk Menjadi Multimedia Designer - GAMELAB.ID

3. Pelatihan Instagram Marketer

Sebagai seorang Instagram marketer, kamu perlu memahami strategi dan taktik yang efektif dalam pemasaran melalui platform Instagram. Kamu juga perlu mencari cara bagaimana memanfaatkan akun Instagram, menghasilkan konten menarik dan memanfaatkan fitur-fitur yang ditawarkan oleh platform tersebut untuk mencapai target pemasaran.

Untuk itu, direkomendasikan untuk mengikuti pelatihan Prakerja Memasarkan Produk dan Jasa Melalui Instagram. Di sini, kamu akan mempelajari konsep dasar pemasaran digital dengan menggunakan akun Instagram. Kamu akan belajar tentang penargetan audiens, analisis persaingan, dan pembuatan konten yang menarik baik itu Feed, Stories maupun Reels.

Bukan hanya itu, lewat pelatihan ini pula kamu dapat belajar bagaimana cara mengedit gambar, mendesain hingga mengedit dan membuat video. Tentunya, kamu juga akan diajari bagaimana membuat copywriting atau caption yang menjual hingga memilih hashtag yang tepat.

Setelah menyelesaikan pelatihan ini, kamu dapat memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi seorang Instagram marketer yang sukses. Kamu juga dapat mengoptimalkan akun Instagram, membangun brand awareness dan mencapai target pemasaran.

 

Memasarkan Produk dan Jasa Melalui Instagram - GAMELAB.ID

Baca Juga : Prakerja Gelombang Terbaru Segera Dibuka, Cek Persyaratannya di Sini!

Penutup

Pelatihan Prakerja adalah kesempatan yang berharga untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dalam dunia kerja. Melalui 3 pelatihan di atas, kamu dapat meningkatkan skills agar lebih siap terjun ke dalam industri kreatif.

Kamu bisa memulai dengan memilih salah satu pelatihan di atas sesuai dengan passion. Jika kamu memiliki minat di bidang desain, maka pelatihan Mengoperasikan CorelDRAW Untuk Menjadi Designer Grafis dapat menjadi pilihan tepat.

Sedangkan jika memiliki minat di bidang musik digital, kamu bisa mengikuti pelatihan Membuat Musik Digital Menggunakan FL Studio Untuk Menjadi Multimedia Designer. Nah, jika minat kamu di bidang pemasaran atau instagram marketing, maka pelatihan Memasarkan Produk dan Jasa Melalui Instagram adalah pilihan yang tepat.

Tunggu apalagi, yuk segera join pelatihan di atas agar skills kamu makin meningkat. Tentunya, selesai pelatihan, kamu juga akan mendapatkan e-sertifikat yang dapat kamu masukkan ke dalam CV atau resume ketika akan melamar kerja di perusahaan kreatif. Makanya, jangan ragu lagi untuk daftar pelatihan Prakerja di GAMELAB.ID. Yuk, segera daftar dan jika ada pertanyaan, klik di sini.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Rabu, 21 Juni 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI