BERITA BISNIS & ADMINISTRASI Riset Pasar: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Tips Riset Pasar

Riset Pasar: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Tips Riset Pasar

Oleh Syamsul Arifin | Jumat, 23 Juni 2023

Riset Pasar: Pengertian, Fungsi, Jenis dan Tips Riset Pasar

Riset pasar adalah kegiatan yang sangat penting untuk berbagai tujuan perusahaan. Dengan adanya riset pasar, perusahaan dapat menentukan strategi pemasaran yang tepat termasuk membuat kebijakan tertentu.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Dalam menentukan strategi pemasaran, salah satu hal penting yang harus dilakukan adalah melakukan riset pasar. Riset pasar harus dilakukan dengan teliti sehingga menghasilkan informasi atau data yang benar pula. Dengan demikian, data riset pasar dapat digunakan untuk kemajuan perusahaan.

Apa Itu Riset Pasar?

Riset pasar adalah proses pengumpulan, analisis dan interpretasi data yang relevan untuk memahami kebutuhan, preferensi, perilaku dan tren konsumen dalam suatu pasar tertentu. Tujuan utama dari riset pasar adalah untuk mendapatkan wawasan yang mendalam tentang pasar, pesaing dan pelanggan potensial guna mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik dalam strategi pemasaran dan bisnis secara keseluruhan.

Riset pasar melibatkan pengumpulan data yang bersifat kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif mencakup informasi yang lebih mendalam tentang sikap, pendapat dan persepsi konsumen melalui metode seperti wawancara, diskusi kelompok atau observasi langsung. Sementara itu, data kuantitatif berfokus pada pengukuran statistik yang obyektif seperti survei, kuesioner atau analisis data yang sudah ada.

Proses riset pasar dimulai dengan merumuskan tujuan dan pertanyaan riset yang spesifik. Kemudian, dilakukan perencanaan dan desain riset, termasuk pemilihan metode riset yang tepat, identifikasi sampel yang representatif dan pengembangan instrumen pengumpulan data. Setelah itu, dilakukan pengumpulan data yang melibatkan interaksi dengan responden melalui survei, wawancara atau observasi.

Setelah data terkumpul, langkah selanjutnya adalah analisis data. Data dianalisis dengan menggunakan metode statistik dan teknik analisis yang relevan untuk menggali wawasan dan pola yang signifikan. Hasil analisis kemudian diinterpretasikan untuk menghasilkan temuan dan rekomendasi yang dapat digunakan dalam pengambilan keputusan bisnis.

Riset pasar memiliki peran penting dalam strategi pemasaran. Dengan memahami pasar, pesaing, dan pelanggan dengan lebih baik, bisnis dapat mengembangkan produk atau layanan yang lebih sesuai dengan kebutuhan pasar, mengoptimalkan upaya pemasaran, meningkatkan kepuasan pelanggan dan mencapai keunggulan kompetitif.

 

Riset Pasar - GAMELAB.ID

Apa Saja Fungsi Riset Pasar?

Selanjutnya, apa saja fungsi riset pasar dalam pemasaran? Berikut adalah beberapa fungsi riset pasar yang perlu kamu ketahui:

1. Identifikasi Peluang

Riset pasar membantu dalam mengidentifikasi peluang-peluang baru di pasar. Dengan memahami tren pasar, kebutuhan yang belum terpenuhi atau perubahan dalam perilaku konsumen, bisnis dapat menemukan peluang untuk mengembangkan produk atau layanan baru, memasuki segmen pasar yang berkembang atau mengoptimalkan strategi pemasaran.

2. Segmentasi Pasar

Riset pasar memungkinkan bisnis untuk memahami dan mengelompokkan konsumen ke dalam segmen pasar yang berbeda berdasarkan karakteristik, kebutuhan atau preferensi mereka. Dengan segmentasi pasar yang baik, bisnis dapat mengembangkan strategi pemasaran yang lebih tepat sasaran dan efektif.

3. Evaluasi Persaingan

Riset pasar membantu bisnis dalam mempelajari pesaing di pasar. Ini meliputi analisis kekuatan dan kelemahan pesaing, strategi pemasaran yang mereka terapkan, produk atau layanan yang mereka tawarkan, serta cara bisnis dapat membedakan diri dari pesaing tersebut.

4. Pengembangan Produk

Riset pasar mendukung pengembangan produk atau layanan yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi konsumen. Dengan memahami keinginan, harapan atau masalah yang dihadapi konsumen, bisnis dapat menghasilkan inovasi produk yang lebih relevan dan menarik.

5. Penentuan Harga

Riset pasar membantu dalam menentukan harga yang tepat untuk produk atau layanan. Melalui pemahaman tentang persepsi nilai konsumen, harga pesaing atau faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan harga, bisnis dapat menetapkan harga yang kompetitif dan mengoptimalkan strategi penetapan harga mereka.

6. Perencanaan Pemasaran

Riset pasar menjadi dasar perencanaan strategi pemasaran yang efektif. Dengan memahami pasar dan konsumen, bisnis dapat merumuskan rencana pemasaran yang tepat, termasuk pemilihan saluran distribusi, kegiatan promosi yang efektif, dan pengembangan pesan yang relevan untuk target audiens.

7. Pemantauan Tren Pasar

Riset pasar membantu bisnis dalam memantau dan mengikuti tren pasar yang terkini. Dengan memahami perubahan yang terjadi di pasar, bisnis dapat mengantisipasi pergeseran kebutuhan konsumen, memperbaiki strategi pemasaran atau mengidentifikasi peluang baru untuk pertumbuhan bisnis.

Dengan menggunakan riset pasar secara efektif, bisnis dapat memperoleh wawasan yang mendalam tentang pasar, memahami konsumen mereka dengan lebih baik dan mengambil keputusan yang lebih informasional dan tepat sasaran dalam strategi pemasaran dan pengembangan produk.

 

Riset Pasar - GAMELAB.ID

Jenis-Jenis Riset Pasar

Setelah mengetahui pengertian dan fungsi riset pasar, kamu juga perlu memahami jenis-jenis riset pasar. Berikut ini adalah beberapa jenis-jenis riset pasar:

1. Riset Pasar Deskriptif

Riset pasar deskriptif bertujuan untuk menggambarkan atau menjelaskan karakteristik pasar, seperti ukuran pasar, demografi konsumen, perilaku pembelian atau pola konsumsi. Riset ini menggunakan data sekunder yang sudah ada, seperti laporan industri, publikasi atau sumber data lainnya.

2. Riset Pasar Eksploratif

Riset pasar eksploratif digunakan untuk menjelajahi dan memahami pasar yang relatif tidak dikenal atau tidak terdokumentasi dengan baik. Metode riset ini termasuk wawancara mendalam, observasi langsung, atau diskusi kelompok kecil untuk memperoleh wawasan awal yang lebih dalam tentang pasar, tren dan perilaku konsumen.

3. Riset Pasar Kausal

Riset pasar kausal bertujuan untuk memahami hubungan sebab-akibat antara variabel-variabel yang ada dalam pasar. Riset ini dapat membantu dalam mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen atau keberhasilan suatu produk atau layanan. Metode riset ini mencakup eksperimen atau analisis regresi.

4. Riset Pasar Eksperimental

Riset pasar eksperimental melibatkan pengujian produk, promosi atau strategi pemasaran lainnya pada kelompok konsumen terpilih untuk mengukur dampaknya. Riset ini dapat membantu dalam menguji hipotesis, mengevaluasi efektivitas strategi pemasaran atau menguji produk baru sebelum diluncurkan ke pasar secara luas.

5. Riset Pasar Kuantitatif

Riset pasar kuantitatif mengumpulkan data berupa angka dan statistik yang terukur. Metode riset ini melibatkan survei terstruktur, kuesioner atau analisis data sekunder. Riset kuantitatif digunakan untuk memperoleh informasi yang representatif dari populasi yang lebih besar dan mendapatkan pemahaman yang lebih luas tentang tren dan preferensi pasar.

6. Riset Pasar Kualitatif

Riset pasar kualitatif bertujuan untuk mendapatkan wawasan mendalam tentang sikap, pendapat dan persepsi konsumen. Metode riset ini melibatkan wawancara mendalam, diskusi kelompok, observasi langsung atau analisis konten. Riset kualitatif membantu dalam memahami motivasi dan alasan di balik perilaku konsumen serta menggali insight yang lebih mendalam.

7. Riset Pasar Geografis

Riset pasar geografis memfokuskan pada analisis pasar dalam konteks geografis. Ini melibatkan pemetaan data, analisis demografi dan karakteristik pasar lokal untuk memahami preferensi dan kebutuhan konsumen dalam wilayah tertentu.

8. Riset Pasar Kompetitif

Riset pasar kompetitif dilakukan untuk mempelajari pesaing di pasar. Ini melibatkan analisis pesaing, perbandingan produk, strategi pemasaran mereka, kekuatan dan kelemahan mereka, serta pengaruh mereka terhadap perilaku konsumen.

Jenis-jenis riset pasar ini dapat digunakan secara terpisah atau dikombinasikan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan bisnis. Masing-masing jenis riset memiliki pendekatan, metode dan analisis yang khusus untuk memberikan wawasan yang berharga dalam memahami pasar dan konsumen.

 

Riset Pasar - GAMELAB.ID

Tips Melakukan Riset Pasar

Berikut ini adalah beberapa tips untuk melakukan riset pasar dengan benar:

1. Tentukan Tujuan Riset

Langkah pertama dalam melakukan riset pasar adalah menentukan tujuan yang jelas. Apakah kamu ingin memahami kebutuhan konsumen yang lebih baik, mengevaluasi pasar yang ada atau mengidentifikasi peluang baru di pasar? Dengan memiliki tujuan yang jelas, kamu akan dapat fokus pada informasi yang relevan dan membuat keputusan yang lebih baik.

2. Kenali Target Audiens

Penting untuk memahami siapa target audiens dan apa yang mereka butuhkan. Identifikasi karakteristik demografis, preferensi, kebiasaan dan kebutuhan mereka. Informasi ini akan membantu kamu merumuskan pertanyaan riset yang tepat dan memastikan bahwa kamu mengumpulkan data yang relevan.

3. Gunakan Metode Riset yang Tepat

Ada berbagai metode riset pasar yang dapat kamu gunakan, seperti survei, wawancara, observasi langsung atau analisis data sekunder. Pilih metode yang sesuai dengan tujuan risetmu dan karakteristik target audiens. Kombinasikan metode jika diperlukan untuk memperoleh wawasan yang lebih komprehensif.

4. Desain Sampel yang Representatif

Jika kamu menggunakan sampel dalam risetmu, pastikan sampel tersebut mewakili populasi yang ingin kamu analisis. Gunakan metode pemilihan sampel yang tepat, seperti random sampling (pemilihan acak), stratified sampling (pemilihan berlapis), atau quota sampling (pemilihan dengan kuota). Sampel yang representatif akan memberikan hasil riset yang lebih valid dan dapat diandalkan.

5. Gunakan Alat Pengumpulan Data yang Valid

Pastikan bahwa alat pengumpulan data yang kamu gunakan valid dan teruji. Jika kamu menggunakan survei atau kuesioner, pastikan pertanyaan yang diajukan jelas, tidak bias dan dapat dimengerti dengan baik oleh responden. Uji coba alat pengumpulan data sebelumnya juga dianjurkan untuk memastikan keakuratan dan keandalannya.

6. Analisis Data dengan Cermat

Setelah mengumpulkan data, lakukan analisis yang cermat dan sistematis. Gunakan metode analisis yang sesuai dengan jenis data yang kamu miliki, seperti analisis statistik untuk data kuantitatif atau analisis konten untuk data kualitatif. Identifikasi temuan yang signifikan dan buat ringkasan yang relevan agar dapat mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik.

7. Perhatikan Etika Riset

Penting untuk menjalankan risetmu dengan memperhatikan etika riset. Jaga kerahasiaan data responden, minta persetujuan sebelum melakukan riset dan pastikan bahwa semua prosedur riset dilakukan dengan integritas dan tanggung jawab. Hindari pengumpulan data yang melanggar privasi atau menimbulkan kerugian bagi responden.

8. Terbuka Terhadap Perubahan

Pasar terus berubah, oleh karena itu penting untuk tetap fleksibel dan terbuka terhadap perubahan. Selalu perbarui pengetahuanmu tentang tren pasar terbaru dan terus evaluasi strategi pemasaran berdasarkan hasil riset yang baru. Perubahan yang cepat dalam perilaku konsumen atau tren pasar dapat mempengaruhi keputusan bisnis, jadi siapkan dirimu untuk beradaptasi.

9. Gunakan Hasil Riset untuk Pengambilan Keputusan

Hasil riset yang diperoleh harus digunakan sebagai dasar untuk pengambilan keputusan yang informasional dan strategi pemasaran yang lebih efektif. Analisis data riset dengan seksama dan gunakan wawasan yang diperoleh untuk mengembangkan rencana tindakan yang konkret dan terarah.

10. Pelajari dari Riset Sebelumnya

Jika ada riset pasar sebelumnya yang relevan dengan topik yang sedang kamu teliti, pelajari hasilnya dengan seksama. Informasi dari riset sebelumnya dapat memberikan wawasan tambahan, menghindari duplikasi riset yang tidak perlu, dan mempercepat proses risetmu.

 

Riset Pasar - GAMELAB.ID

Baca Juga : Rahasia Tersembunyi, Strategi Email Marketing yang Meningkatkan Penjualan!

Penutup

Riset pasar merupakan suatu kegiatan yang sangat penting dalam dunia bisnis. Melalui riset pasar, kita dapat memperoleh pemahaman yang mendalam tentang pasar, konsumen dan peluang bisnis yang ada. 

Dengan menggunakan metode-metode yang tepat dan mengikuti tips-tips yang telah disebutkan sebelumnya, riset pasar dapat memberikan informasi yang berharga untuk pengambilan keputusan yang lebih baik dalam strategi pemasaran dan pengembangan bisnis. Riset pasar membantu kita mengidentifikasi kebutuhan konsumen, mengevaluasi persaingan, mengenali tren pasar dan mengoptimalkan peluang bisnis yang ada. 

Dengan demikian, riset pasar menjadi pondasi yang kuat dalam pengambilan keputusan strategis dan dapat membantu kita mencapai kesuksesan yang lebih baik dalam bisnis. Tapi, untuk bisa membuat riset pasar yang akurat kamu membutuhkan skills marketing.

Di GAMELAB.ID, kamu bisa mengikuti Kelas Bisnis untuk meningkatkan skills kamu di bidang pemasaran. Dengan begitu, kamu akan mendapatkan berbagai wawasan serta bisa membuat riset pasar yang akurat. Yuk, segera daftar dan jika ada pertanyaan klik link ini.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Jumat, 23 Juni 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI