BERITA KUNJUNGAN INDUSTRI Kunjungan Industri SMKN 1 Majalengka ke GAMELAB.ID

Kunjungan Industri SMKN 1 Majalengka ke GAMELAB.ID

Oleh Syamsul Arifin | Senin, 26 Juni 2023

Kunjungan Industri SMKN 1 Majalengka ke GAMELAB.ID

Siswa-siswi SMKN 1 Majalengka mengadakan Kunjungan Industri ke GAMELAB.ID. Kegiatan ini dapat membantu mereka untuk mendapatkan informasi terbaru seputar dunia industri kreatif di bidang game dan animasi.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Dalam rangka memperluas wawasan dan mendapatkan inspirasi baru di bidang game dan animasi, siswa-siswi SMKN 1 Majalengka melaksanakan Kunjungan Industri ke GAMELAB.ID. Acara ini berlangsung di aula GAMELAB.ID pada Senin, 26 Juni 2023, pukul 08:00 - 09:30 WIB. Kunjungan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang perusahaan PT Educa Sisfomedia Indonesia, dengan fokus pada startup GAMELAB.ID dan Educa Studio.

Mengenal Profil Perusahaan

Kegiatan dimulai dengan sebuah seminar yang dipandu oleh Kak Nia, seorang perwakilan dari perusahaan. Seminar ini bertujuan untuk memperkenalkan perusahaan kepada para siswa. Kak Nia menjelaskan tentang PT Educa Sisfomedia Indonesia, yang merupakan perusahaan yang berfokus pada pembuatan game dan animasi. Dalam perusahaan ini, terdapat dua startup utama yaitu GAMELAB.ID dan Educa Studio.

GAMELAB.ID adalah sebuah startup yang menyediakan program pelatihan. Program ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan keahlian peserta dalam bidang pengembangan game, design, programming, animasi, bisnis dan banyak lagi. 

 

Kunjungan Industri SMKN 1 Majalengka - GAMELAB.ID

Dalam seminar ini, siswa-siswi SMKN 1 Majalengka dengan penuh semangat mendengarkan penjelasan Kak Nia. Mereka memperoleh informasi tentang berbagai program pelatihan yang ditawarkan oleh GAMELAB.ID dan produk-produk game serta animasi yang dikembangkan oleh Educa Studio.

Beberapa produk unggulan GAMELAB.ID adalah Kunjungan Industri, Kelas Industri, Magang Online Bersertifikat, Pelatihan Prakerja, Teaching Factory, Program SMK Binaan, Kelas Akademi dan banyak lagi.

Sedangkan Educa Studio adalah startup yang berfokus pada pembuatan game dan animasi. Educa Studio telah menciptakan berbagai program dan konten game yang terkenal. Misalnya game edukasi Marbel (Mari Belajar), Kolak (Koleksi Lagu Anak), Kabi (Kisah Teladan Nabi), Riri (Cerita Anak Interaktif), Emak-Emak Matik, serta Channel YouTube Kabi dan Channel YouTube Riri.

 

Kunjungan Industri SMKN 1 Majalengka - GAMELAB.ID

Setelah pengenalan perusahaan selesai, Kak Nia melanjutkan pembahasan tentang proses pembuatan animasi. Siswa-siswi SMKN 1 Majalengka dengan antusias menyaksikan proses pembuatan animasi dari tahap awal hingga siap dipasarkan atau ditayangkan di platform seperti YouTube. Mereka mendapatkan wawasan yang berharga mengenai teknik dan kreativitas yang dilibatkan dalam proses ini.

Seusai seminar, Kak Nia memberikan kesempatan kepada siswa-siswi SMKN 1 Majalengka untuk mengajukan pertanyaan. Salah satu siswa bertanya mengenai estimasi waktu yang dibutuhkan untuk membuat satu game. Kak Nia menjawab bahwa waktu yang diperlukan sangat tergantung pada kompleksitas game tersebut. Untuk game anak-anak yang sederhana, proses pengembangannya dapat memakan waktu sekitar 1-2 minggu.

 

Kunjungan Industri SMKN 1 Majalengka - GAMELAB.ID

Melihat Produk Langsung

Kunjungan industri SMKN 1 Majalengka ke GAMELAB.ID tidak hanya berhenti pada seminar dan diskusi, mereka juga berkesempatan untuk melihat produk-produk secara langsung. Para siswa melihat showcase game dan animasi yang dibuat oleh peserta Kelas Online di GAMELAB.ID.

Kelas ini memiliki kurikulum sesuai dengan kebutuhan industri. Adapun metode pembelajarannya, salah satunya adalah dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis proyek. Sehingga, selesai mengikuti kelas, kamu akan siap untuk terjun ke dunia kerja.

Hal ini memberikan inspirasi baru bagi mereka dalam mengembangkan keterampilan dan kreativitas dalam pembuatan game dan animasi. Mereka dapat mengakses game dan animasi ini melalui device berupa layar sentuh yang sudah disediakan.

 

Kunjungan Industri SMKN 1 Majalengka - GAMELAB.ID

Selain itu, siswa-siswi SMKN 1 Majalengka juga diberikan kesempatan untuk mencoba game yang telah dikembangkan oleh Educa Studio. Mereka menggunakan kacamata Virtual Reality atau Augmented Reality untuk merasakan pengalaman bermain yang lebih imersif.

Aktivitas ini memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi siswa-siswi SMKN 1 Majalengka. Mereka dapat merasakan langsung hasil karya game dan animasi yang telah dikembangkan. Ini juga bisa menjadi pengalaman berharga dan menumbuhkan semangat untuk menciptakan karya terbaik di masa depan.

 

Kunjungan Industri SMKN 1 Majalengka - GAMELAB.ID

Baca Juga : UKK RPL SMK NU Dolopo Mendapat Sentuhan Industri dengan Kolaborasi Gamelab Indonesia

Penutup

Kunjungan industri SMKN 1 Majalengka ke GAMELAB.ID juga menjadi momen berharga bagi siswa-siswi untuk mendapatkan wawasan dan inspirasi baru di bidang game dan animasi. Acara ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang proses pembuatan game dan animasi, serta peluang karier di industri ini. 

Diharapkan kunjungan ini akan memberikan dorongan bagi siswa-siswi untuk mengembangkan bakat dan minat mereka di bidang ini, serta menjadi pendorong untuk mengejar karier di industri kreatif di masa depan. Yuk, segera agendakan Kunjungan Industri ke GAMELAB.ID. Untuk kerja sama, klik link ini.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Senin, 26 Juni 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI