BERITA PRAKERJA 10 Tools CorelDRAW Paling Populer untuk Desain Grafis Profesional

10 Tools CorelDRAW Paling Populer untuk Desain Grafis Profesional

Oleh Syamsul Arifin | Senin, 26 Juni 2023

10 Tools CorelDRAW Paling Populer untuk Desain Grafis Profesional

Terdapat 10 tools yang paling populer dan sering digunakan di CorelDRAW. Jika kamu baru mulai belajar CorelDRAW, maka artikel ini sangat membantu kamu untuk mengenal 10 tools tersebut.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

CorelDRAW adalah salah satu perangkat lunak desain grafis yang populer dan telah digunakan oleh banyak profesional kreatif di seluruh dunia. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi 10 tools CorelDRAW paling populer yang dapat membantu kamu dalam menciptakan desain grafis yang profesional dan menarik.

10 Tools CorelDRAW Paling Populer

Berikut ini daftar 10 tools yang paling populer dan sering dipakai di CorelDRAW:

1. Pen Tool: Menggambar Garis dan Kurva yang Presisi Tinggi

Pen Tool merupakan salah satu tools dasar yang sangat penting dalam CorelDRAW. Fungsinya adalah untuk menggambar garis dan kurva dengan presisi tinggi. Dalam desain grafis, terutama dalam pembuatan objek vektor yang rumit, Pen Tool menjadi alat yang tak tergantikan.

Dengan menggunakan Pen Tool, kamu dapat menggambar garis bebas atau kurva dengan mengklik titik-titik yang dihubungkan oleh garis. Kamu juga dapat mengatur sudut dan kelancaran kurva dengan mengontrol titik bezier yang ada di setiap titik. Fitur ini memungkinkan kamu untuk menciptakan bentuk yang presisi dan detail sesuai dengan keinginanmu.

Selain menggambar garis dan kurva, Pen Tool juga berguna untuk membuat garis kontur yang presisi pada objek. Kamu dapat mengatur ketebalan dan jenis garis sesuai dengan kebutuhan desain.

Selain itu, kamu juga dapat mengedit dan memodifikasi jalur yang telah dibuat menggunakan Pen Tool dengan mudah. CorelDRAW menyediakan fitur pengeditan jalur yang lengkap, seperti menambah, menghapus atau memindahkan titik bezier, serta mengatur simpul-simpul kurva.

Pen Tool menjadi salah satu tool favorit bagi desainer grafis profesional karena fleksibilitasnya. Kamu dapat menggabungkan Pen Tool dengan tool lainnya dalam CorelDRAW untuk menciptakan desain yang lebih kompleks dan kreatif. Misalnya, kamu dapat menggunakan Pen Tool untuk menggambar bentuk dasar, lalu mengaplikasikan efek atau warna menggunakan tool lainnya.

2. Shape Tool: Membuat dan Memodifikasi Objek Bentuk dengan Presisi

Shape Tool merupakan salah satu tools yang sangat kuat dan berguna dalam CorelDRAW. Fungsinya adalah untuk membuat dan memodifikasi objek bentuk dengan presisi tinggi. Dalam desain grafis, objek bentuk sering kali menjadi elemen penting dalam menciptakan desain yang menarik dan estetis.

Dengan menggunakan Shape Tool, kamu dapat mengubah bentuk objek dengan mudah. Misalnya, kamu dapat mengubah objek lingkaran menjadi elips atau mengubah objek persegi menjadi persegi panjang.

Kamu juga dapat mengatur ukuran objek, baik secara proporsional maupun secara individu pada sumbu x dan y. Selain itu, kamu juga dapat mengatur sudut-sudut objek, sehingga memberikan tampilan yang lebih dinamis dan menarik.

Fitur yang menarik dari Shape Tool adalah kemampuannya dalam menciptakan efek perspektif pada objek. Dengan menggunakan tool ini, kamu dapat membuat objek terlihat seperti menonjol keluar (pop-up) dari halaman atau terlihat seperti tenggelam ke dalam halaman. Efek perspektif ini memberikan dimensi dan kedalaman pada desainmu.

Selain itu, Shape Tool juga memungkinkan kamu untuk menggabungkan, mengurangi atau memotong objek dengan mudah. Kamu dapat menggabungkan beberapa objek menjadi satu objek tunggal, menghapus bagian-bagian yang tidak diinginkan dari objek atau memotong objek menjadi beberapa bagian. Fitur ini sangat berguna saat kamu ingin menciptakan objek kompleks atau melakukan editing pada objek yang sudah ada.

 

10 Tools CorelDRAW Paling Populer - GAMELAB.ID

3. Text Tool: Menambahkan Teks dengan Gaya dan Efek Kreatif

Text Tool merupakan tools yang penting dalam CorelDRAW yang memungkinkan kamu untuk menambahkan teks ke desain kamu dengan berbagai pilihan gaya, ukuran dan efek yang kreatif. Teks merupakan elemen yang sering digunakan dalam desain grafis, baik untuk judul, deskripsi atau elemen komunikasi lainnya.

Dengan menggunakan Text Tool, kamu dapat mengetikkan teks langsung ke dalam area desainmu. Kamu dapat mengatur gaya dan format teks, termasuk jenis huruf (font), ukuran, warna dan tata letak. CorelDRAW menyediakan berbagai pilihan font yang bisa kamu pilih sesuai dengan tema atau gaya desain yang ingin kamu sampaikan.

Selain itu, Text Tool juga menyediakan fitur pengaturan paragraf yang lengkap. Kamu dapat mengatur spasi antara baris, indentasi, dan penempatan teks secara rata kiri, rata kanan, rata tengah atau rata kanan-kiri. Fitur ini memungkinkan kamu untuk menciptakan tata letak teks yang sesuai dengan keinginanmu.

Fitur menarik dari Text Tool adalah kemampuannya untuk menempatkan teks pada kurva atau jalur. Dengan menggunakan fitur "Fit Text to Path" atau "Attach Text to Path", kamu dapat membuat teks mengikuti kontur dari objek yang kamu tentukan. Hal ini memungkinkan kamu untuk menciptakan efek desain yang menarik, seperti teks berbentuk lingkaran atau teks berkelok-kelok mengikuti jalur tertentu.

4. Blend Tool: Menciptakan Efek Transisi yang Mulus

Blend Tool merupakan salah satu tools yang powerful dalam CorelDRAW yang memungkinkan kamu untuk menciptakan efek peralihan (transisi) yang halus antara dua objek atau lebih. Dengan menggunakan Blend Tool, kamu dapat membuat perubahan gradasi warna, bentuk atau ukuran objek secara otomatis.

Dalam penggunaan Blend Tool, kamu dapat memilih dua objek atau lebih yang ingin kamu hubungkan. Misalnya, kamu dapat memilih dua lingkaran dengan warna yang berbeda atau dua objek dengan bentuk yang berbeda. Setelah memilih objek-objek tersebut, kamu dapat menggunakan Blend Tool untuk menciptakan efek peralihan di antara mereka.

Salah satu efek yang dapat kamu ciptakan dengan Blend Tool adalah perubahan gradasi warna. Misalnya, kamu dapat membuat perubahan warna yang halus antara dua warna yang berbeda. CorelDRAW akan secara otomatis menciptakan gradasi warna yang halus dan menyatukan objek-objek tersebut dengan sempurna.

Selain itu, Blend Tool juga dapat digunakan untuk menciptakan perubahan bentuk atau ukuran objek. Misalnya, kamu dapat membuat perubahan bentuk yang halus antara objek lingkaran dan objek segitiga. Dengan menggunakan Blend Tool, CorelDRAW akan secara otomatis mengubah bentuk objek di antara objek-objek tersebut dengan presisi tinggi.

5. Eyedropper Tool: Mengambil Warna dari Objek yang Ada

Eyedropper Tool adalah salah satu tools yang sangat berguna dalam CorelDRAW yang memungkinkan kamu untuk mengambil warna langsung dari objek yang ada di desainmu. Dengan menggunakan Eyedropper Tool, kamu dapat dengan mudah mengambil warna dari objek lain, gambar atau elemen teks dan menerapkannya pada objek baru.

Cara menggunakan Eyedropper Tool sangatlah sederhana. Pertama, kamu harus memilih Eyedropper Tool dari toolbar CorelDRAW. Setelah itu, kamu bisa mengarahkan cursor Eyedropper Tool ke objek yang ingin kamu ambil warnanya. Ketika kamu mengklik objek tersebut, warna yang ada di objek tersebut akan diambil dan langsung diterapkan pada objek yang sedang aktif atau yang ingin kamu warnai.

Salah satu keunggulan Eyedropper Tool adalah memungkinkan kamu mencapai konsistensi warna yang tepat dalam desainmu. Misalnya, jika kamu memiliki beberapa objek yang ingin kamu beri warna yang serupa, kamu dapat menggunakan Eyedropper Tool untuk mengambil warna dari salah satu objek dan menerapkannya pada objek-objek lainnya. Dengan begitu, kamu dapat memastikan bahwa warna yang digunakan konsisten dan harmonis dalam desainmu.

Eyedropper Tool juga berguna dalam situasi di mana kamu ingin meniru atau menyesuaikan warna dari objek lain, seperti gambar atau elemen teks yang sudah ada. Misalnya, jika kamu ingin mengambil warna dari logo perusahaan yang sudah ada, kamu dapat menggunakan Eyedropper Tool untuk dengan mudah mengambil warna tersebut dan menggunakannya dalam desainmu.

 

10 Tools CorelDRAW Paling Populer - GAMELAB.ID

6. Shape Cutter Tool: Memotong dan Menggabungkan Objek

Shape Cutter Tool merupakan alat yang memungkinkan kamu untuk memotong atau menggabungkan objek dengan mudah. Dengan menggunakan Shape Cutter Tool, kamu dapat membuat kombinasi objek baru dengan menggabungkan atau memotong bagian dari objek yang ada. Alat ini sangat membantu dalam menciptakan bentuk-bentuk unik dengan cepat.

Cara menggunakan Shape Cutter Tool cukup sederhana. Pertama, kamu harus memilih Shape Cutter Tool dari toolbar CorelDRAW. Kemudian, kamu dapat menentukan bentuk yang akan menjadi "pemotong" atau "penggabung" dengan menggambar objek di atas objek yang ingin kamu ubah.

Setelah itu, kamu dapat mengklik dan menyeret objek Shape Cutter Tool ke objek yang ingin kamu ubah. Hasilnya, objek tersebut akan terpotong atau tergabung sesuai dengan bentuk objek Shape Cutter Tool.

Shape Cutter Tool memberikan kebebasan kreatif dalam menciptakan desain yang unik. Misalnya, kamu dapat membuat efek pecah atau efek perpaduan objek dengan cepat. Tool ini memungkinkan kamu untuk bermain dengan bentuk objek dan menciptakan tampilan yang menarik secara visual.

7. Interactive Fill Tool: Menerapkan Gradien dan Pola pada Objek

Interactive Fill Tool adalah alat yang memungkinkan kamu menerapkan gradien warna, pola, atau tekstur pada objek dengan mudah. Dengan Interactive Fill Tool, kamu dapat menyesuaikan gradien dan pola sesuai keinginanmu untuk menciptakan efek visual yang menarik dan dinamis.

Cara menggunakan Interactive Fill Tool juga cukup sederhana. Setelah memilih Interactive Fill Tool dari toolbar CorelDRAW, kamu cukup mengklik objek yang ingin diisi dengan gradien atau pola. Kemudian, kamu dapat menyesuaikan gradien atau pola dengan mengklik dan menyeret pegangan yang ada di objek. Kamu juga dapat memilih pola atau tekstur yang sudah disediakan oleh CorelDRAW atau membuat pola kustom sendiri.

Interactive Fill Tool memberikan fleksibilitas dalam menghasilkan tampilan yang unik pada objek. Kamu dapat menciptakan efek gradien yang halus, menggabungkan beberapa warna dalam satu objek, atau memberikan tekstur yang menarik. Tool ini sangat berguna dalam menciptakan efek visual yang lebih menarik dan memberikan sentuhan kreatif dalam desainmu.

8. Outline Tool: Mengatur Kontur dan Ketebalan Garis Objek

Outline Tool adalah alat yang memungkinkan kamu mengatur kontur dan ketebalan garis pada objek. Dengan Outline Tool, kamu dapat memberikan efek garis dengan berbagai warna dan ketebalan untuk mempertegas atau mengubah tampilan objekmu.

Cara menggunakan Outline Tool juga cukup mudah. Setelah memilih Outline Tool dari toolbar CorelDRAW, kamu bisa memilih objek yang ingin diberi kontur atau garis. Kemudian, kamu dapat mengatur warna, ketebalan, dan jenis garis yang diinginkan melalui panel pengaturan Outline Tool.

Outline Tool memberikan kemampuan untuk mengubah tampilan objekmu dengan mudah. Kamu dapat memberikan kontur yang lebih menonjol, memberikan efek garis bergaris-garis atau mengubah warna garis untuk menciptakan tampilan yang lebih menarik. Tool ini sangat berguna dalam memberikan detail dan mempertegas objek dalam desainmu.

9. PowerClip Tool: Memasukkan Objek ke dalam Objek Lain

PowerClip Tool merupakan alat yang memungkinkan kamu untuk memasukkan objek ke dalam objek lain, seperti memasukkan gambar ke dalam bentuk atau teks. Dengan PowerClip Tool, kamu dapat menciptakan desain yang kompleks dan menarik dengan menggunakan fitur ini.

Cara menggunakan PowerClip Tool cukup sederhana. Pertama, kamu harus memilih objek yang akan menjadi "wadah" atau "kontainer" untuk objek lainnya. Kemudian, kamu bisa memilih objek yang ingin dimasukkan ke dalam wadah tersebut. Setelah itu, kamu cukup menggunakan PowerClip Tool untuk mengatur dan menyesuaikan posisi dan tampilan objek yang dimasukkan.

PowerClip Tool memberikan fleksibilitas dalam mengatur komposisi dan interaksi antara objek-objek dalam desainmu. Kamu dapat menciptakan efek masking atau memasukkan elemen-elemen visual ke dalam bentuk atau teks. Tool ini membantu dalam menciptakan desain yang lebih kompleks dan menarik dengan mudah.

10. Drop Shadow Tool: Menerapkan Efek Bayangan pada Objek

Drop Shadow Tool adalah alat yang memungkinkan kamu untuk menerapkan efek bayangan pada objek. Dengan Drop Shadow Tool, kamu dapat memberikan tampilan tiga dimensi dan kedalaman pada objek. Kamu dapat mengatur intensitas, ukuran dan sudut bayangan sesuai kebutuhan desainmu.

Cara menggunakan Drop Shadow Tool cukup mudah. Setelah memilih Drop Shadow Tool dari toolbar CorelDRAW, kamu cukup mengklik objek yang ingin diberi efek bayangan. Kemudian, kamu dapat mengatur parameter efek bayangan seperti ukuran, sudut dan opasitas melalui panel pengaturan Drop Shadow Tool.

Drop Shadow Tool memberikan kesan kedalaman dan dimensi pada objekmu. Dengan menggunakan efek bayangan yang tepat, kamu dapat membuat objek terlihat lebih menonjol dan realistis. Tool ini berguna dalam menciptakan tampilan yang lebih dinamis dan menarik pada desainmu.

 

10 Tools CorelDRAW Paling Populer - GAMELAB.ID

Baca Juga : Mengintip Dunia Programmer, Apa yang Tidak Dikatakan di Kampus!

Penutup

Memang ada banyak tools yang tersedia di CorelDRAW. Tapi, kamu bisa memulainya dengan menguasai 10 tools di atas dengan mengikuti pelatihan Prakerja CorelDRAW yang diselenggarakan oleh GAMELAB.ID. Program ini dirancang khusus untuk membantu para desainer grafis pemula maupun yang sudah berpengalaman untuk mengenal lebih jauh tentang CorelDRAW.

Dalam program pelatihan ini, kamu akan mendapatkan pengetahuan mendalam tentang penggunaan masing-masing tools secara praktis. Kamu akan diajak untuk memahami konsep dasar, teknik penggunaan yang efektif, serta penerapan tools tersebut dalam pembuatan desain grafis yang menarik. Tidak hanya itu, kamu juga akan mendapatkan panduan langsung dari para ahli desain yang berpengalaman dalam industri.

Program pelatihan Prakerja di GAMELAB.ID akan memberimu kesempatan untuk berinteraksi dengan sesama peserta yang memiliki minat yang sama. Kamu akan mendapatkan bimbingan dan dukungan dari instruktur yang berdedikasi, serta akses ke materi pelatihan yang berkualitas dan terstruktur.

Jangan lewatkan kesempatan untuk menguasai tools desain di CorelDRAW dengan bergabung dalam program pelatihan Prakerja Mengoperasikan CorelDRAW Untuk Menjadi Designer Grafis di GAMELAB.ID. Mulailah perjalanan karier kamu sebagai designer dengan mengikut pelatihan ini. Yuk, segera daftar sekarang. Jika ada pertanyaan, silakan klik link ini.


Syamsul Arifin

Syamsul Arifin

Senin, 26 Juni 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI