BERITA BISNIS & ADMINISTRASI Dasar-dasar Tentang Ilmu Dunia Marketing.

Dasar-dasar Tentang Ilmu Dunia Marketing.

Oleh Hanifah Prandita | Kamis, 24 September 2020

Dasar-dasar Tentang Ilmu Dunia Marketing.

Di jaman modern seperti saat ini, kita sebagai pelaku usaha pasti membutuhkan ilmu Digital Marketing. Karena sebagian besar masyarakat saat ini, lebih sering menggunakan ponsel pintarnya untuk berbelanja. Maka diperlukan ilmu Digital Marketing.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Digital Marketing menurut Ridwan Sanjaya dan Josua Tarigan (2009 : 47) adalah kegiatan Marketing termasuk branding yang menggunakan berbagai Media berbasis web seperti blog, website, e-mail, adwords, ataupun jejaring sosial. Digital Marketing pun tak melulu membicarakan tentang penjualan melalui internet. Pada Digital Marketing, media yang kita gunakan bertujuan menghubungkan kita sebagai penjual dengan calon konsumen yang akan membeli barang kita.

Pada jaman dulu, ketika menggunakan Marketing Konvensional atau Tradisional, kita mempromosikan barang kita melalui koran, banner, atau bisa jadi memperkerjakan orang untuk datang ke rumah calon pembeli satu-satu untuk menawarkan barang dagangan kita.

Ketika kita menggunakan Digital Marketing, kita cukup mengupload barang yang akan kita jual, memberikan penjelasan tentang produk yang kita tawarkan kepada calon konsumen, menggunakan media sosial yang kita gunakan. Lalu lakukan Branding dan kita pun dapat menawarkan Porudk atau jasa yang kita jual. 

Baca Juga : 6 Strategi Psikologi Marketing Terlarang, Tapi Bikin Ramai Bisnismu!

Langkah-langkah Digital Marketing.

Sebagai pengguna Digital Marketing, maka kita harus paham bagaimana langkah-langkahnya, supaya produk atau jasa yang kita tawarkan diminati oleh calon pembeli. Dan setiap pebisnis atau wirausahawan, pasti mempunyai strategi yang digunakan sebagai penunjang, supaya produknya laku di pasaran. Berikut beberapa langkah-langkahnya : 

  • Bagi Marketing pemula, Digital Assets Development adalah langkah yang dibutuhkan untuk pertama kali. Digital Assets Development adalah kegiatan yang dilakukan oleh Tim marketing dengan cara membuat akun di berbagai sosial media seprti Facebook, Instagram, Whatsapp atau media lainnya, guna mendeskripsikan produk atau jasa yang akan kalian tawarkan.
  • Langkah kedua yaitu, Tim Marketing harus meningkatkan kunjungan websitenya, supaya produk atau jasa yang kita tawarkan lebih banyak dikunjungi dan dilihat oleh pengguna sosial media. Dengan mengaktifkan Search Engine Optimation (SEO), memasang iklan produk kita di Google Adsense. Dengan mengoptimasikan akun media sosial, maka kita dituntut membuat konten yang menarik, sehingga banyak calon pembeli yang tertarik dengan produk atau jasa yang kita tawarkan.
  • Email Marketing. Setiap Pengguna ponsel pintar, pastinya mereka mempunyai email, karena ketika kita membuat akun sosial media pasti menggunakan alamat email. Hal tersebut dapat dimanfaatkan oleh Tim Marketing, untuk mengirimkan deskripsikan produk dan jasa perusahaan kita menggunakan email.
  • Hal terakhir yang kita butuhkan, dan tak kalah penting yaitu Broadcast Messages. Hal tersebut Masih kita terima sampai saat ini, entah itu melalui Whatsapp, SMS, atau yang lainnya. Pasti kita selalu mendapatkan Broadcast tersebut, meskipun hal tersebut sedikit mengganggu, karena hampir sama dengan spam messages. Ketika kita menggunakan cara tersebut, hasilnya pun tak pasti. Tetapi ketika beruntung, pasti ada beberapa konsumen yang membutuhkan produk atau jasa yang kita tawarkan.

Sumber :


Hanifah Prandita

Hanifah Prandita

Kamis, 24 September 2020

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI