BERITA SMK Mengenal Rumah Vokasi Jembatani SMK dengan IDUKA

Mengenal Rumah Vokasi Jembatani SMK dengan IDUKA


#smk #kemendikbud #vokasi
Mengenal Rumah Vokasi Jembatani SMK dengan IDUKA

Kemendikbud meluncurkan Rumah Vokasi untuk menjembatani dan mempererat hubungan dunia pendidikan SMK dengan IDUKA

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY harga lebih murah, bisa belajar kapan saja dan di mana saja. Kelas ditulis oleh professional dari industri berkolaborasi dengan praktisi pendidikan. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Kemendikbud meluncurkan Rumah Vokasi untuk menjembatani dan mempererat hubungan dunia pendidikan SMK dengan IDUKA.

Mengenal Rumah Vokasi Kemendikbud

Forum Pengarah Vokasi atau disebut Rumah Vokasi merupakan bagian dari serangkaian program yang sesuai dengan prioritas Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020 - 2024. 

Tujuan dibentuknya Rumah Vokasi adalah untuk mendorong terjadinya link and match antara pendidikan vokasi dengan dunia industri dan dunia kerja (IDUKA).

Implementasi Rumah Vokasi

Dalam pelaksanaannya, pendidikan vokasi seperti SMK dan melakukan "perkawinan" dengan IDUKA. Perkawinan tersebut dapat berupa kegiatan-kegiatan seperti: 

  • Penyesuaian kurikulum
  • Proses pembelajaran
  • Peningkatan SDM Vokasi
  • Magang Industri
  • Praktek Kerja Lapangan Guru
  • Guru tamu
  • Penyerapan lulusan
  • Beasiswa
  • Sertifikasi kompetensi
  • Bantuan sarana prasarana
  • Teknologi dan proses kerja industri
  • Riset terapan

Tugas dan Tanggung Jawab Rumah Vokasi

Untuk lebih mensukseskan tujuan dibentuknya Rumah Vokasi, maka Rumah Vokasi memiliki tugas dan tanggung jawab sebagai berikut: 

  1. Memberikan masukan dalam perumusan kebijakan, strategi dan program pengembangan vokasi
  2. Perumusan kebijakan tersebut meliputi kurikulum, assesmen, akreditasi model pembelajaran, praktek kerja lapangan (PKL), pengembangan sumber daya manusia dan sarana prasarana pembelajaran

Tanggapan Asosiasi Pengusaha

Menurut Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Hariyadi Sukamdani, dikutip dari radarpriangan.com mengatakan bahwa upaya pemerintah tersebut sejalan dengan misi asosiasi yaitu dunia usaha terlibat aktif dalam mengembangkan pendidikan vokasi. 

Termasuk juga, kami di Game Lab. Merasa ini adalah sesuatu yang sangat positif. Di mana pemerintah mendorong terjadinya komunikasi yang lebih aktif dan produktif antara dunia pendidikan dan dunia usaha. Yang selama ini, proses tersebut masih banyak sekali hambatan dan rintangannya.

Mengapa Rumah Vokasi ini penting?

Rumah Vokasi ini menjadi sangat penting terlebih melihat dari tujuannya. Kita perlu mendukung upaya pemerintah semaksimal mungkin. Semua stakeholder yang berhubungan juga perlu mendukung program ini. 

Karena, terjadi suatu hal yang menarik di mana lulusan SMK susah mencari kerja tetapi dunia usaha juga susah mencari karyawan. Ini terjadi, karena lemahnya hubungan antara dunia pendidikan dengan dunia industri. 

Mari kita semua berharap, Rumah Vokasi berhasil mencapai tujuannya. Dan kami dari Game Lab Indonesia akan terus mendukung secara penuh program ini. Sehingga, dunia pendidikan maupun dunia industri menjadi semakin maju. Ujung-ujungnya, akan memperbaiki pertumbuhan ekonomi Indonesia.


Andi Taru

Andi Taru

Rabu, 23 September 2020