Buat temna-teman yang bingung bagaimana cara membuat lubang pada objek , berikut ini saya memiliki cara mudah yang bisa kalian coba. Nah langsung saja di coba cara-cara nya sebagai berikut :
1. Modifier Boolean
Modifier Boolean bisa disebut cara yang paling umum untuk melubangi objek, disini saya menggunakan objek Cube, sebagai objek yang akan di lubangi,
Lalu saya buat objek Cylinder sebagai objek yang di gunakan untuk melubangi objek Cube, dan posisikan obejk Cylinder menembus objek Cube,
Seleksi/Klik kanan objek Cube lalu ke menu modifier dan pilih Boolean, Pada properties ubah Operation menjadi Difference dan pilih objek yang digunakan untuk melubangi objek Cube yaitu Cylinder,
Lalu klik Apply maka objek Cube sudah di lubangi.
2. Boolean Tool
Cara yang kedua pastikan pada blender sudah diaktifkan bool tool nya, jika belum silahkan klik File > User Preferences, pada menu Add-Ons cari Bool tool lalu beri centang dengan klik pada kotak lalu Save User Settings, (setelah di save tampilan menu User Preferences bisa diclose saja),
Saya akan menggunakan objek yang sama sebagai perbandingan, saya akan melubangi bagian atas Cube
Seleksi kedua objek tapi pastikan objek yang akan di lubangi di seleksi terakhir, dalam contoh ini berarti seleksi objek Cylinder dahulu, tahan tombol Shift lalu seleksi objek Cube. Jika sudah, menuju menu Tool pada sisi kiri display, scroll dan cari properties Bool Tool, lalu klik Difference, maka objek sudah di lubangi (Objek cylinder otomatis hilang).
3. Loop Tool
Untuk cara yang ketiga aktifkan dulu Loop Tool pada User Preferences seperti pada cara mengaktifkan Bool Tool sebelumnya, Cara ini tidak membutuhkan objek pemotong melainkan menggukan seleksi Vertex dan Face.
- Seleksi Vertices
pertama seleksi objek Cube lalu masuk ke edit mode, Buat Loop Cut (CTRL+R) horizontal dan vertikal pada bagian yang akan dilubangi Seperti gambar,
Lalu seleksi Vertex yang berada di tengah sisi Cube, tekan CTRL+SHIFT+B lalu Tarik kursor untuk menyesuaikan ukuran vertex, Scroll untuk menambah jumlah loop cut sesuai kebutuhan, lalu klik kiri,
Tekan W dan pilih Loop Tool > Circle, maka bentuk Vertex akan menjadi lingkaran,
Jika sudah tinggal Ekstrude (E) vertex ke arah dalam, maka objek sudah berlubang.
- Seleksi Face
Cara ini mirip dengan cara sebelumnya hanya berbeda pada cara seleksinya, buat loop cut seperti pada gambar berikut,
Gunakan seleksi Face dan seleksi 4 face yang berada di tengah sisi Cube, tekan W > Subdivide, jumlah loopcut bisa di perbanyak pada properties Subdivide di sebelah kiri display
Jika sudah sesuai dengan jumlah loopcut yang di butuhkan, tekan W lagi dan pilih Loop Tool > Circle, lalu Extrude(E) kedalam seperti cara sebelumnya maka objek sudah berlubang.
4. Bridge Edge Loops
Untuk cara yang keempat ini sebenarnya variasi dari Seleksi vertex dan Face sebelumnya yaitu membuat lubang yang menembus dari sisi satu ke sisi yang lain, di sini saya menggunakan seleksi Face, untuk langkah awalnya kita buat Loop cut pada kedua sisi objek Cube (Gunakan Fn+Z untuk membuat objek tembus pandang)
Lalu seleksi Face bagian tengah dari kedua sisi, lakukan Subdivide dan Loop Tool > Circle seperti cara sebelumnya,
Jika sudah, pilih menu Mesh > Edges > Bridge Edge Loops di bar bawah display, fungsi dari Bridge Edge Loops adalah menghubungkan Edge yang di seleksi,
Maka Objek akan berlubang sesuai bentuk edge yang di seleksi.
Sekian sedikit pengetahuan yang bisa saya share, semoga bermanfaat dan bisa membantu teman-teman semua...
Terima Kasih...