BERITA 3D MODELLING 4 Cara Mudah Membuat Lubang Pada Objek - Blender 2.79b

4 Cara Mudah Membuat Lubang Pada Objek - Blender 2.79b


#boolean #3D
4 Cara Mudah Membuat Lubang Pada Objek - Blender 2.79b

Sebagai pemula dalam 3D modelling pasti akan bingung untuk membuat lubang pada suatu objek, oleh karena itu saya bagikan apa yang sudah saya ketahui untuk membantu mengedukasi teman-teman yang mungkin belum mengetahuinya.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, desain, coding, 3D artwork, art dan illustrasi dan digital music hanya di GAMELAB.ID!

Buat temna-teman yang bingung bagaimana cara membuat lubang pada objek , berikut ini saya memiliki cara mudah yang bisa kalian coba. Nah langsung saja di coba cara-cara nya sebagai berikut :

1.       Modifier Boolean

Modifier Boolean bisa disebut cara yang paling umum untuk melubangi objek, disini saya menggunakan objek Cube, sebagai objek yang akan di lubangi,

Lalu saya buat objek Cylinder sebagai objek yang di gunakan untuk melubangi objek Cube, dan posisikan obejk Cylinder menembus objek Cube,

Seleksi/Klik kanan objek Cube lalu ke menu modifier dan pilih Boolean, Pada properties ubah Operation menjadi Difference dan pilih objek yang digunakan untuk melubangi objek Cube yaitu Cylinder,

Lalu klik Apply maka objek Cube sudah di lubangi.

2.       Boolean Tool

Cara yang kedua pastikan pada blender sudah diaktifkan bool tool nya, jika belum silahkan klik File > User Preferences, pada menu Add-Ons cari Bool tool lalu beri centang dengan klik pada kotak lalu Save User Settings, (setelah di save tampilan menu User Preferences bisa diclose saja),

Saya akan menggunakan objek yang sama sebagai perbandingan, saya akan melubangi bagian atas Cube

Seleksi kedua objek tapi pastikan objek yang akan di lubangi di seleksi terakhir, dalam contoh ini berarti seleksi objek Cylinder dahulu, tahan tombol Shift lalu seleksi objek Cube. Jika sudah, menuju menu Tool pada sisi kiri display, scroll dan cari properties Bool Tool, lalu klik Difference, maka objek sudah di lubangi (Objek cylinder otomatis hilang).

3.       Loop Tool

Untuk cara yang ketiga aktifkan dulu Loop Tool pada User Preferences seperti pada cara mengaktifkan Bool Tool sebelumnya, Cara ini tidak membutuhkan objek pemotong melainkan menggukan seleksi Vertex dan Face.

  • Seleksi Vertices

pertama seleksi objek Cube lalu masuk ke edit mode, Buat Loop Cut (CTRL+R) horizontal dan vertikal pada bagian yang akan dilubangi Seperti gambar,

Lalu seleksi Vertex yang berada di tengah sisi Cube, tekan CTRL+SHIFT+B lalu Tarik kursor untuk menyesuaikan ukuran vertex, Scroll untuk menambah jumlah loop cut sesuai kebutuhan, lalu klik kiri,

Tekan W dan pilih Loop Tool > Circle, maka bentuk Vertex akan menjadi lingkaran,