BERITA UMUM Rahasia Tersembunyi, Strategi Email Marketing yang Meningkatkan Penjualan!

Rahasia Tersembunyi, Strategi Email Marketing yang Meningkatkan Penjualan!

Oleh Vincentius Dimas | Kamis, 7 Desember 2023

Rahasia Tersembunyi, Strategi Email Marketing yang Meningkatkan Penjualan!

Email marketing merupakan strategi ajaib dalam pemasaran digital yang tidak boleh diabaikan. Dalam artikel ini, kita akan menyelami seluk-beluknya, mulai dari pengenalan dasar hingga panduan praktis untuk membantu mengoptimalkan kampanye email marketing.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Zaman sekarang, marketing bisa dilakukan dalam bentuk apa saja. Salah satunya adalah email marketing yang kini menjadi kunci sukses bagi bisnis modern. Dalam artikel ini kita akan menggali mendalam memahami esensi strategi ini yang tidak hanya mempererat hubungan dengan pelanggan, tetapi juga menjadi mesin peningkatan penjualan yang efektif.  Oleh karena itu, mari kita kenali lebih dulu apa itu email marketing.

Mengenal Email Marketing

Email marketing adalah salah satu bentuk strategi pemasaran digital yang sedang populer. Uniknya, zaman sekarang email juga dijadikan sebagai sarana komunikasi dengan pelanggan atau calon pelanggan. Dalam konteks ini, perusahaan atau individu yang memegang bisnis akan mengirimkan pesan-pesan yang sudah dirancang dengan tujuan tertentu kepada daftar email yang telah dikumpulkan.

Salah satu aspek penting dari Email Marketing adalah memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan. Ini mencakup pengumpulan data pelanggan seperti preferensi produk, riwayat pembelian, dan informasi pribadi terkait. Dengan informasi ini, perusahaan dapat membuat kampanye email yang lebih terpersonalisasi dan relevan.

Tujuan Email Marketing

Email Marketing bertujuan untuk mencapai sejumlah tujuan strategis dalam ranah pemasaran digital. Pertama, melalui pengiriman pesan yang konsisten dan menarik, perusahaan akan dapat meningkatkan kesadaran merek mereka di kalangan pelanggan potensial. Kedua, email marketing menjadi alat yang efektif dalam mendorong penjualan dengan menyediakan penawaran eksklusif, diskon, dan pemberitahuan penjualan. 

Ketiga, membangun dan memelihara hubungan pelanggan merupakan fokus penting, karena email dapat digunakan untuk memberikan konten yang relevan, memperkenalkan produk baru, dan mengingatkan pelanggan yang meninggalkan keranjang belanja. Keempat, email marketing juga berperan dalam menghasilkan leads dengan mengumpulkan informasi kontak baru dan meningkatkan keterlibatan pelanggan melalui penyampaian konten bermanfaat. 

Maka dengan merancang kampanye yang mempertimbangkan tujuan-tujuan tadi. Harapannya, perusahaan dapat memaksimalkan potensi email marketing dalam mencapai hasil yang diinginkan. Ditambah, perusahaan bisa menemukan target audiens yang tepat.

Sumber: Freepik - Mengenal Email Marketing

Bentuk Email Marketing

Setiap bentuk email marketing tentunya memiliki peran dan tujuan uniknya sendiri. Penggunaan yang tepat dari berbagai jenis email ini dapat membantu perusahaan membangun strategi yang efektif untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Maka dengan memperhatikan peran dan tujuan email nantinya akan mempertahankan loyalitas dan meningkatkan hasil pemasaran secara keseluruhan. Berikut bentuk-bentuk email marketing:

Email Promosional

Email promosional ini dirancang untuk mempromosikan penawaran, diskon, atau penjualan khusus kepada pelanggan. Seringkali pesan-pesannya memiliki elemen visual yang menarik seperti gambar produk atau grafik diskon. Tujuannya sendiri adalah meningkatkan penjualan, menarik perhatian pelanggan terhadap penawaran khusus, dan membangun kesadaran merek.

Email Informasional

Email informasional biasakan akan fokus pada memberikan informasi bermanfaat kepada pelanggan. Ini bisa mencakup pembaruan produk, panduan penggunaan, atau konten informatif yang relevan dengan minat pelanggan. Dengan begitu, tujuan jenis email ini adalah meningkatkan keterlibatan pelanggan, memberikan nilai tambah, dan membangun otoritas dalam industri.

Email Transaksional

Email transaksional ini digunakan untuk mengirim tanggapan langsung terhadap tindakan pelanggan. Misalnya seperti konfirmasi pembelian, pengiriman barang, atau reset kata sandi. Meskipun tujuannya lebih fungsional, akan tetapi email ini juga dapat menyertakan elemen pemasaran tambahan. Maka secara eksplisit jenis email ini berperan memberikan informasi terkait transaksi, membangun kepercayaan, dan memotivasi pelanggan untuk melakukan tindakan lebih lanjut.

Email Survei atau Umpan Balik

Email survei biasanya berguna untuk mengajak pelanggan memberikan masukan atau menjawab survei. Sehingga ini membantu perusahaan memahami kebutuhan pelanggan, mendapatkan umpan balik langsung, dan meningkatkan pengalaman pelanggan. Maka dengan begitu dapat membantu meningkatkan kualitas layanan atau produk, membangun keterlibatan pelanggan, serta memperoleh wawasan yang berharga.

Email Newsletter

Email newsletter adalah email berkala yang berisi berita, informasi terkini, dan konten menarik lainnya. Ini dapat mencakup artikel blog, video, atau cuplikan konten terbaru. Jadi, untuk tujuannya sendiri yakni membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan, memberikan informasi berkelanjutan, dan mempertahankan minat pelanggan.

Email Abandonment Cart

Email abandonment cart ini biasanya dikirim kepada pelanggan yang meninggalkan keranjang belanja tanpa menyelesaikan transaksi. Email ini bisa berisi pengingat tentang item yang tertinggal atau mungkin menawarkan insentif seperti diskon. Sementara untuk tujuannya sendiri adalah meningkatkan konversi dan mengurangi tingkat pembelian yang ditinggalkan.

Sumber: Email Marketing - Gunakan Strategi Kampanye Email Marketing yang Sederhana dan Jelas

Baca Juga : Membedah 10 Skill Digital Marketing yang dibutuhkan di Tahun 2024!

Strategi Membangun Kampanye Melalui Email Marketing

Setelah mengetahui macam-macam bentuk email marketing. Tentunya perlu diperhatikan strategi cara membangun kampanye melalui email marketing. Hal ini akan membantu sekali untuk mengetahui seberapa efisien dan efektif email marketing. Berikut strategi yang wajib diperhatikan:

Segmentasi Pelanggan

Pisahkan daftar email berdasarkan karakteristik pelanggan seperti lokasi, preferensi produk, atau riwayat pembelian. Hal ini memungkinkan untuk mengetahui segmentasi. Dengan begitu, email marketing dapat mengirimkan pesan yang lebih relevan dan personal.

Gunakan Desain yang Menarik

Pastikan desain email responsif dan menarik. Misalnya, gunakan gambar yang relevan, tata letak yang tepat, dan font yang mudah dibaca. Dengan begitu, email marketing tidak hanya terkesan tekstual saja melainkan juga ada daya tari visual tersendiri.

Personalisasi Pesan

Gunakan nama pelanggan dan personalisasi pesan. Hal ini penting karena akan membuat pengalaman lebih pribadi kepada pelanggan. Selain itu, menyertakan rekomendasi produk berdasarkan sejarah pembelian juga dapat meningkatkan relevansi.

Waktu Pengiriman yang Tepat

Pelajari kapan audiens aktif dan responsif menggunakan email. Maka cara yang tepat adalah dengan menyesuaikan jadwal pengiriman. Hal ini agar pesan yang terkirim tiba pada waktu yang optimal sehingga meningkatkan kemungkinan dibuka dan direspons.

Penggunaan Subject Line yang Menarik

Subject line adalah kunci untuk mendapatkan perhatian. Maka buatlah judul yang menarik dan singkat. Sehingga email marketing mampu membangkitkan rasa ingin tahu untuk mendorong pelanggan membukanya.

Penawaran Khusus dan Diskon

Menciptakan rasa mendesak dengan menawarkan penawaran khusus atau diskon eksklusif dalam email. Hal ini akan mendorong pelanggan untuk segera mengambil tindakan. Selain itu, pelanggan juga bisa merasakan pengalaman yang eksklusif dengan adanya pesan email secara personal.

Pesan yang Jelas dan Sederhana

Hindari pesan yang terlalu rumit. Sampaikan informasi utama dengan jelas dan singkat saja. Lalu, penggunaan call-to-action yang menarik juga dapat membimbing pelanggan pada langkah selanjutnya juga.

Optimalkan untuk Mobile

Pastikan email dapat dibaca dengan baik di perangkat mobile. Sebab, sebagian besar orang membuka email dari perangkat seluler. Jadi, desain responsif itu sangat penting agar ramah di mata pembaca.

Pantau dan Analisis

Gunakan alat analitik untuk memantau kinerja kampanye. Misalnya lacak tingkat buka, klik, dan konversi email yang dikirim ke pelanggan. Lalu analisis data secara cermat agar dapat memberikan wawasan tentang apa yang berhasil dan apa yang perlu ditingkatkan.

Jadi, itu dia, teman-teman! Email marketing bahwasannya bukan hanya trik biasa. Namun, ini seperti sahabat bisnis yang mampu mendekatkan secara personal oleh pelanggan sehingga bisa membuat penjual menjadi melejit. Maka dengan langkah-langkah simpel dan rahasia-rahasia tadi, semestinya kita sudah siap memajukan bisnis digital kita.

Gamelab Indonesia menyediakan opsi pelatihan model pembelajaran mandiri (self-paced learning), sehingga kamu bisa belajar secara lebih fleksibel. Saat ini kami menyediakan kelas yang berkaitan dengan dunia marketing yakni Belajar Branding dan Marketing untuk Pemula. Yuk, ikuti kelas tersebut karena harganya sangat murah dan mumpung lagi ada diskon juga!


Sumber Referensi

What Is Email Marketing? Definition, Tips, and Tools. (2023). Diakses pada 7 Desember 2023 dari Coursera.

Ahmad, Summra. (2023). 15 Email Marketing Strategies for a Winning Campaign (2023). Mailmunch.


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Kamis, 7 Desember 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI