BERITA DESAINER GRAFIS Makna Sebuah Warna Pada Desain

Makna Sebuah Warna Pada Desain


#psikologi #warna #desain
Makna Sebuah Warna Pada Desain

Dalam mendesain suatu projek desain grafis, warna menjadi salah satu elemen penting mengenai bagaimana desain tersebut akan terlihat di mata orang lain yang melihatnya. Setiap warna memiliki arti tersendiri yang mensiratkan sebuah perasaan dari desain ter

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Dalam mendesain suatu projek desain grafis, warna menjadi salah satu elemen penting mengenai bagaimana desain tersebut akan terlihat di mata orang lain yang melihatnya. Setiap warna memiliki arti tersendiri yang mensiratkan sebuah perasaan dari desain tersebut, sehingga dalam pemakaian warna tidak bisa hanya asal memberikan warna pada desain projek yang dikerjakan.

Tiap negara memiliki arti warna tersendiri namun warna juga memiliki arti secara umum, diantaranya :

1.    Warna Hitam

Warna hitam melambangkan kekuatan, elegan, kemewahan, formalitas, dan gaya. Pada desain biasa digunakan warna dominan hitam dengan warna netral pada dasarannya. Untuk memberikan kesan dominasi atau kekuatan besar dapat dengan memberikan warna hitam dalam jumlah lebih banyak. Pada beberapa tipe warna hitam juga bisa terasa jahat dan menyeramkan, sehingga sering digunakan pada karakter jahat atau desain yang bertemakan horror

2.    Warna Putih

Warna putih biasa menggambarkan kesucian, sesuatu yang murni, bersih, polos, sesuatu yang identik dengan pencahayaan yang lembut. Karena warnanya yang netral, putih selalu dapat dikombinasikan dengan warna apapun. Warna putih sendiri memerlukan bantuan dari warna lainnya untuk merepresentasikan identitas warna yang akan ditampilkan pada penikmat seni tersebut.

3.    Warna Merah

Warna merah selalu disebut menggambarkan keberanian, gairah, dan kekuatan. Penggunaan warna dominan merah akan membangkitkan perasanaan berapi-api atau gairah yang membara. Warnanya yang cenderung menonjol dan bersemangat cocok digunakan pada desain yang bertemakan aksi atau keberanian.

4.    Warna Biru

Warna biru bisa dibilang warna yang cukup popular untuk digunakan karena melambangkan ketenangan, kepercayaan, keyakinan, keamanan, layaknya sebuah lautan atau langit yang tenang menyejukkan. Warna biru dapat menciptakan perasaan produktif dan keseriusan sehingga sering digunakan pada hal-hal serius dan juga desain perusahaan kepakaran, misalkan bidang medis atau seragam pendidikan.

5.    Warna Hijau

Warna hijau terutama warna hijau pohon atau hijau daun menggambarkan naturalitas, keharmonian, ketenangan, kesehatan, sesuatu yang bersifat kehidupan alami. Warna hijau sering digunakan untuk memberi kesan alami pada desain yang dibuat. Karena warna hijau sendiri juga memberikan kesan menyegarkan dan menyehatkan, warna ini pada desain biasa digunakan untuk desain pada bidang kesehatan, alam seperti ekologi atau konservasi alam, dan juga keolahragaan.

6.    Warna Kuning

Warna kuning membubuhkan rasa optimism, kreatif, dan rasa gembira. Warna kuning biasa dikombinasikan dengan warna lebih gelap untuk menjadi lebih progresif. Karena merupakan tipe warna yang kurang jeli ditangkap mata, warna kuning biasa digunakan sebagai pelengkap. Warna kuning biasa digunakan untuk tema kreatif. Warna kuning emas sendiri melambangkan kemakmuran atau kebahagiaan sehingga biasa digunakan pada kebutuhan undangan perkawinan untuk memberi makna kebahagiaan.

7.    Warna Ungu

Warna ungu menggambarkan kemewahan, perasaan unik, kecantikan, dan spiritualitas. Warna ungu biasa digunakan pada desain untuk menimbulkan kesan unik atau inovasi. Karena dapat menampilkan emosional yang spesifik, warna ini dominan digunakan pada desain yang bersifat romantisme maupun yang bertemakan misteri klasik.

8.    Warna Coklat

Warna coklat menimbulkan kesan klasik, kesederhanaan, warna kayu dan bumi alam kekayaan. Warna ini biasa digunakan pada cafe dan sebagainya untuk menimbulkan kesan klasik dan sederhana. Coklat juga menciptakan kesan retro, cocok untuk melambangkan kejadian masa lalu atau sesuatu yang berkesan nostalgia.

9.    Warna Oranye

Warna oranye melambangkan energi, antusiasme, dan kepercayaan, layaknya matahari senja. Karena bersifat cerah dan menarik, warna ini bisa meningkatkan antusiasme penikmat yang melihatnya. Dapat juga untuk menggambarkan semangat yang ada pada diri.

Setelah mempelajari arti dan makna dari warna-warna tersebut, maka diharapkan dapat menempatkan penggunaan dan kombinasi warna yang sesuai dengan tema dari desain yang tengah dikerjakan. Sehingga penggunaan kombinasi warna dengan jenis dan arti yang sesuai dapat menciptakan keharmonisan warna dan memudahkan penikmat desain tersebut untuk memahami tema dan makna desain tersebut.

Sumber:
idesainesia.com


Febryan Surya Shantika

Febryan Surya Shantika

Selasa, 20 Oktober 2020