BERITA KUNJUNGAN INDUSTRI SMK Muhammadiyah 4 Sukorejo Seminar Industri ke Gamelab Indonesia

SMK Muhammadiyah 4 Sukorejo Seminar Industri ke Gamelab Indonesia

Oleh Vincentius Dimas | Jumat, 15 Desember 2023

SMK Muhammadiyah 4 Sukorejo Seminar Industri ke Gamelab Indonesia

SMK Muhammadiyah 4 Sukorejo melakukan kunjungan industri ke PT. Educa Sisfomedia Indonesia. Lewat kegiatan ini mereka memperoleh pengetahuan baru melalui seminar industri, berdiskusi dengan expert industri, dan mencoba produk game dari industri.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

SMK Muhammadiyah 4 Sukorejo mengadakan Seminar Industri ke Gamelab Indonesia pada Selasa, 12 Desember 2023. Gamelab Indonesia sendiri adalah industri yang bergerak di bidang game dan animasi. Oleh karena itu, SMK Muhammadiyah 4 Sukorejo mendatangkan siswa pada kompetensi dari Rekayasa Perangkat Lunak (RPL).

Perlu diketahui, Seminar Industri ini akan memberikan pemahaman kepada adik-adik Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mengenai kegiatan dan proses di dunia industri dalam menciptakan produk. Dengan demikian, mereka dapat mengambil pelajaran dan pengalaman yang bisa diaplikasikan secara relevan di lingkungan sekolah.

Seminar Industri

Ketika tiba di Gamelab Indonesia, serangkaian kegiatan diawali dengan Seminar Industri. Pada sesi ini, adik-adik SMK Muhammadiyah 4 Sukorejo akan diajak untuk memahami visi, misi, dan budaya kerja yang dianut oleh PT. Educa Sisfomedia Indonesia. Selain itu, mereka akan diberikan informasi rinci mengenai keterampilan yang sedang dibutuhkan oleh industri game dan animasi.

Selama seminar, mereka juga akan diperkenalkan secara mendalam pada konsep-konsep proses produksi dan tren terkini dalam industri. Hal ini bertujuan agar mereka memperoleh wawasan yang lebih komprehensif dan relevan terkait perkembangan terbaru di dunia game dan animasi. Tak hanya itu, mereka akan disajikan studi kasus untuk memberikan gambaran nyata mengenai tantangan dan prestasi yang mungkin dihadapi oleh mereka ketika berkarier di industri.

Dengan demikian, seminar ini bisa memberikan mereka sebuah pengalaman yang menginspirasi dan memotivasi. Lalu, harapannya, melalui pengalaman ini,mereka kini memiliki dasar pengetahuan yang kuat dan siap untuk mengejar impian mereka sebagai ahli di bidang animasi atau pengembangan game.

Dok. Tim Gamelab - Seminar Industri

Diskusi dengan Ahli Industri

Kemudian, adik-adik SMK Muhammadiyah 4 Sukorejo diberi kesempatan untuk berdiskusi secara langsung dengan trainer dari Gamelab Indonesia, yang merupakan pakar di industri tersebut. Sesuai dengan minat yang muncul dari sesi ini, mereka akan memperoleh pemahaman yang mendalam dan semua siswa mendapat hak bertanya kepada para trainer. Selain itu, mereka juga akan menerima penjelasan menyeluruh dari trainer tentang proses dan hasil dari suatu karya.

Melalui sesi ini, mereka juga akan memahami berbagai tahap yang menjadi fokus utama dalam industri ketika menciptakan suatu karya. Mulai dari tahap perencanaan, desain, pengkodean, hingga pengujian dan peluncuran produk. Oleh karena itu, di sini mereka memperoleh pengetahuan praktis yang siap digunakan untuk mengejar karier di bidang ini.

Selain memberikan wawasan yang mendalam, diskusi ini juga bertujuan untuk memberikan inspirasi kepada mereka. Sebab, para pelatih akan berbagi pengalaman pribadi terkait tantangan dan kesuksesan yang dapat dicapai dalam industri ini. Dengan demikian, sesi diskusi ini bukan hanya sebagai forum tanya jawab, melainkan juga sebagai sumber motivasi yang besar agar mereka sanggup mengejar kesuksesan dalam industri game dan animasi.

Dok. Tim Gamelab - Diskusi dengan Ahli Industri secara Virtual

Eksplorasi Karya

Setelah berdiskusi dengan pelatih, bagian yang seringkali dinanti-nantikan oleh peserta Seminar Industri adalah Eksplorasi Karya. Pada sesi ini, adik-adik SMK Muhammadiyah 4 Sukorejo akan merasakan pengalaman bermain dalam lingkungan Virtual Reality (VR) yang diproduksi oleh Educa Studio dan Gamelab Indonesia. Selain itu, mereka juga diberikan kesempatan untuk menikmati karya-karya animasi yang luar biasa berkat hasil dari peserta Program Magang/PKL dan Kelas Industri di Gamelab Indonesia.

Dengan demikian, dalam sesi ini, mereka dapat menghibur diri sekaligus mendapatkan wawasan tentang kemampuan dan inovasi di dunia animasi dan game. Lebih lanjut, mereka juga dapat mengevaluasi kreativitas dan kualitas karya yang dihasilkan oleh industri sehingga memberikan inspirasi dan panduan bagi mereka untuk mengembangkan bakat mereka sendiri.

Dok. Tim Gamelab - Eksplorasi Karya Peserta Magang dari Gamelab IndonesiaDok. Tim Gamelab - Eksplorasi Karya Virtual Reality

Tentang SMK Muhammadiyah 4 Sukorejo

SMK Muhammadiyah 4 Sukorejo terletak di Jl.Teminal Bus No.2, Sudagaran, Kebumen, Kec. Sukorejo, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Saat ini SMK Muhammadiyah 4 Sukorejo telah menggunakan sistem terbaru yaitu smart school dan  terakreditasi A. Selain itu, memiliki 6 jurusan yang yakni ada Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Teknik Kendaraan Ringan dan Otomotif (TKRO), Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM), Akuntansi, Perbankan, dan Teknik Elektronika Industri (ELIN).

Baca Juga : Menilik Dapur Industri, SMA ABBS Surakarta Adakan Seminar Industri ke Gamelab Indonesia

Tentang PT. Educa Sisfomedia Indonesia

PT. Educa Sisfomedia Indonesia adalah sebuah perusahaan yang memiliki tiga unit bisnis yaitu Educa Studio, Gamelab Indonesia, dan Educa Academy. Ketiga divisi tersebut memiliki visi yang sama dalam ranah digital.

Saat ini Gamelab Indonesia telah mengembangkan berbagai program meliputi dari Program Magang/PKL, Prakerja, Kelas Industri, Teacher Factory (TeFa), Uji Kompetensi Keahlian (UKK), dan Bootcamp. Sedangkan, Educa Studio menciptakan game dan animasi edukatif untuk anak-anak seperti Marbel (Mari Belajar), Kabi (Kisah Teladan Nabi), Kolak (Lagu Anak Indonesia), dan Riri Cerita Anak Interaktif. Lalu, Educa Academy fokus memberikan pelatihan dan meningkatkan kompetensi bagi pendidik atau guru.

Bagi kamu yang tertarik mengalami apa yang dialami oleh teman-teman di SMK Muhammadiyah 4 Sukorejo, kamu bisa ajak sekolah atau kampus untuk menjalin kerjasama dengan Gamelab Indonesia. Kelebihan dari kegiatan ini adalah mendapatkan wawasan baru mengenai dunia industri, pemahaman mendalam tentang alat-alat industri modern, dan masih ada banyak lagi. Yuk, jangan ragu menghubungi Gamelab Indonesia untuk menyelenggarakan Kunjungan Industri yang menarik dan bermanfaat ini!


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Jumat, 15 Desember 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI