BERITA PROGRAMMING Kamu Seorang Progammer atau Developer ?

Kamu Seorang Progammer atau Developer ?


#progammer #developer #progamming #it
Kamu Seorang Progammer atau Developer ?

Programmer dan Developer merupakan salah satu pekerjaan yang menurut sebagian orang adalah pekerjaan yang sama. Tetapi benarkah jika Programmer dan Developer  adalah pekerjaan yang sama ? mari kita ulas apakah Programmer dan Developer  itu sama

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY harga lebih murah, bisa belajar kapan saja dan di mana saja. Kelas ditulis oleh professional dari industri berkolaborasi dengan praktisi pendidikan. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Programmer dan Developer merupakan salah satu pekerjaan yang menurut sebagian orang adalah pekerjaan yang sama. Tetapi benarkah jika Programmer dan Developer  adalah pekerjaan yang sama ? mari kita ulas apakah Programmer dan Developer  itu sama atau berbeda.

1. Programmer 

Seorang Progammer adalah orang yang mampu menyelesaikan suatu masalah atau study kasus menggunakan bahasa pemrogaman. Mereka mempunyai banyak kelibihan diantaranya handal dalam penulisan sebuah code, mengerti dan paham tentang algoritma, dan bisa bekerja sendiri.

Seorang Progammer  setidaknya menguasai satu bahasa pemrogamman dan handal dalam penggunaan bahasa tersebut. Progammer  biasanya merupakan lulusan dari Universitan dengan jurusan Ilmu Komputer atau Informatika. Tetapi, ada juga Progammer  yang bukan lulusan Universitas tetapi lulusan sekolah menengah kejuruaan dibidang informatika atau IT. Ada juga seorang Progammer  yang belajar secara otodidak dari kursus, buku, internet, dan sebagainmya. Secara umum seorang progammer biasa disebut dengan istilah "coder"

Tugas Programmer antara lain mencakup menulis kode (coding), menguji serta memperbaiki bugs. Pekerjaan ini biasanya dijalankan dengan menggunakan salah satu bahasa pemrograman yang dikuasainnya. Programmer biasanya memahami beberapa bahasa pemrograman termasuk JavaScript, C#, PHP, Oracle, SQL Server, Java dan lain sebagainya.

Ada beberapa jenis programmer komputer antara lain:

1. Application programmer

2. System programmer

3. AI/Machine Learning Engineers

4. Programmer game

5. Pengembang

Selain jenis-jenis programmer diatas sebagai seorang yang berprofesi sebagai progammer juga memiliki tanggung jawab dari tugas sebagai coder. Tugas dari seorang progammer atau coder antara lain yaitu

1. Analisa Kebutuhan

2. Merancang User Interface (Tampilan)

3. Menulis Code Program

4. Debugging

5. Melakukan Pengujian

 

2. Developer

Developer adalah seorang programmer yang sudah terlatih, mereka tidak hanya menyelesaikan  sebuah masalah, namun juga membangun suatu produk. Mereka melakukannya sesuai dengan prinsip-prinsip desain dan implementasi rekayasa perangkat lunak, termasuk hal-hal seperti kinerja, maintainability, skalabilitas, ketahanan, dan idealnya keamanan diikutkan juga.

Developer juga bisa dikatakan sebagai seseorang yang dapat menggunakan banyak sistem dan bahasa pemrograman yang berbeda serta membuatnya terhubung satu sama lain. Developer merupakan seseorang yang profesional, dapat bekerja dengan orang lain, dan punya kemampuan berkomunikasi yang baik.

Seorang Developer juga memiliki pengalaman yang  cukup banyak dari pada seorang Progammer . sehingga seorang Developer  mempunyai metode sendiri untuk menyeselesaikan sebuah masalah atau study kasus yang pernah ia selesaikan sebelumnya, dan tahu mana metode yang berhasil dan mana yang tidak. Developer biasanya menggambarkan tujuan, dan mereka merancang perangkat lunak yang akan diambil. Developer memiliki lebih banyak kebebasan karena mereka memiliki pengalaman yang lebih dalam.

 

3. Kesimpulan

Jadi perbedaan antara Programmer dan Developer yang paling mendasar adalah tingkatan derajatnya. Developer lebih banyak membutuhkan waktu, tenaga, dan pengalaman dibanding Programmer. Sedangkan Programmer dapat mempercepat penyelesaian masalah dengan jumlah waktu yang lebih singkat, tetapi mereka tidak akan sampai ke titik dimana mereka akan melakukan hal yang sama.

Baik Programmer maupun Developer memiliki tugas yang berhubungan dengan coding. Namun ketika sampai ke ranah profesi, tugas keduanya berbeda. Seorang Programmer yang hebat belum tentu bisa menjadi seorang Developer. Ini karena ada banyak aspek lain yang harus ditangani oleh Developer dan itu memerlukan keahlian yang lebih tinggi.

Dari penjebaran diatas dapat disimpulkan bahwa seorang Developer bisa disebut sebagai project manager dengan tanggung jawab penuh terhadap seluruh aspek product. Sedangkan seorang Progammer hanya sebagai teknisi saja yang artinya hanya melakukan berbagai macam kegiatan yang sifatnya masih terkait eksekusi product.

Jika ingin disederhanakan lagi , Developer bisa dianggap sebagai seorang project manager yang bisa melakukan coding. Sedangkan Programmer adalah teknisinya. Jika membandingkan antara Programmer dan Developer, Developer harus dapat membuat kode seperti layaknya seorang Programmer.

sumber :

glints.com

idprogammer.com


Rama Chalvin Novianto

Rama Chalvin Novianto

Senin, 23 November 2020