BERITA 3D MODELLING Node AI Denoise Pada Blender 2.81

Node AI Denoise Pada Blender 2.81


#denoise #blender
Node AI Denoise Pada Blender 2.81

Jika anda pernah melakukan render di blender anda biasanya akan mendapatkan noise. Noise ini terlihat seperti titik-titik yang banyak dan biasanya noise terpusat pada permukaan dengan penerangan yang kurang.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, desain, coding, 3D artwork, art dan illustrasi dan digital music hanya di GAMELAB.ID!

Semakin bagus penerangan maka akan semakin sedikit noise yang tampak. Setiap hasil render pada blender pasti terdapat noise di dalamnya, hanya saja noise terkadang tidak terlihat jelas karena warnanya mirip dengan sekitarnya, jika dilihat dari dekat maka akan tampak noise yang banyak dengan warna mirip seperti bagian sekitarnya.

 

Noise akan terlihat sangat jelas apabila bagian sekitarnya memiliki warna yang kontras dengan noise yang timbul, misalkan ada cahaya berwarna kuning yang terkena permukaan yang berwarna biru noise akan sangat terlihat, akan ditemukan titik titik kecil di sekitarnya, tetapi jika cahayanya berwarna biru yang mendekati warna permukaannya maka akan terlihat hanya sedikit noise.  Salah satu cara untuk mengurangi noise pada render di blender adalah dengan memperbanyak sample, akan tetapi semakin banyak sample yang ditambahkan maka akan semakin lama pula proses rendernya.

 

Perhatikan gambar di bawah ini ada hasil render objek yang sama dirender dengan sample yang berbeda, render dengan satu sample memakan waktu 45 detik20 sample memakan waktu 1.8 menit, dan 200 sample memakan waktu 6.74 menit.

Perbandingan Sample

Perbandingan jumlah noise pada ketiga hasil render di atas sangat terlihat jelas, hal ini membuktikan bahwa semakin banyak sample maka akan semakin sedikit pula noise yang dihasilkan, tetapi memakan waktu render yang lebih banyak.

Berikut adalah perbandingan hasil sebelum dan sesudah melakukan denoise pada blender:

Dari gambar di atas dapat kita ketahui perbedaan jumlah noise yang timbul sebelum dan sesudah melakukan denoise pada blender, hasilnya cukup bagus bukan?

Blender 2.81 sudah mempunyai AI Denoise Node yang dapat mengurangi noise tanpa harus menambahkan sample dan juga dengan waktu render yang singkat, untuk melakukan denoise pada blender anda dapat mengikuti tutorial berikut:

 

Disini saya menggunakan blender versi 2.83

1.       Pertama render dengan menekan hotkey: F12 atau anda juga bisa render dengan klik tab Render > Render image

render
Disini terlihat banyak sekali noise terutama pada bagian yang pencahayaannya kurang seperti di pojok ruangan, buku di bawah TV, dan juga pertemuan antara dua cahaya yang berbeda warna dan warnanya cenderung kontras baik dengan permukaan ataupun dengan cahaya yang lainnya. Noise pada blender juga akan banyak terlihat pada bagian yang terkena cahaya yang disebabkan oleh material dengan surface emission yang mana tekstur ini saya gunakan di belakang TV untuk dijadikan backlight. Pada bagian atas lukisan terlihat sedikit noise karena pencahayaan yang bagus ditambah lagi warna cahaya dan permukaan mirip. Jika dilihat pada sofa hanya terlihat sedikit noise padahal terdapat banyak sekali noise, hal ini disebabkan karena warna noise yang cenderung berwarna hitam berada di permukaan yang hitam juga, Oleh karena itu pada sofa terlihat seperti hampir tidak ada noise.

 

2.       Pergi ke layer properties dan ceklist pada Denoising Data

Langkah 2

 

3.        Pergi ke tab compositing dan ceklist Use Nodes dan atur seperti gambar berikut

Langkah 3

Jika setelah anda mengatur node gambar hasil render tidak terlihat coba untuk render ulang maka gambar akan otomatis muncul. Pengaturan node untuk denoise sebenarnya cukup menghubungkan Noise image pada Render Layer ke Image pada Denoise tanpa menggunakan informasi dari Albedo dan Normal, tetapi hasil denoise akan terlihat sedikit blur. Supaya hasil denoise lebih bagus lakukan seperti gambar di atas.

 

4.       Pindah ke tab Rendering dan ganti ke Viewer Node  > Save Image

Langkah 4

 

5.       Selesai, berikut hasilnya

Langkah 5

Sumber : https://youtu.be/Pw-OxOHHu5I


Aldi Azmi Arfian

Aldi Azmi Arfian

Senin, 9 November 2020