BERITA UMUM Ketahui Kontrak Kerja, Beserta Tujuan dan Jenis-jenisnya!

Ketahui Kontrak Kerja, Beserta Tujuan dan Jenis-jenisnya!

Oleh Vincentius Dimas | Rabu, 10 Januari 2024

Ketahui Kontrak Kerja, Beserta Tujuan dan Jenis-jenisnya!

Terdapat 4 jenis kontrak kerja: PKWTT, PKWT, Perjanjian Kerja Paruh Waktu, dan Perjanjian Pemborongan Kerja. Yuk, ketahui lebih lanjut di sini!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Dalam dunia kerja yang semakin kompetitif, kontrak kerja menjadi fondasi yang penting dalam mengatur hubungan antara pekerja dan perusahaan. Kontrak kerja adalah dokumen hukum yang mendefinisikan hak, tanggung jawab, dan persyaratan pekerjaan antara kedua belah pihak. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kita akan menjelajahi apa sebenarnya kontrak kerja, tujuannya, serta berbagai jenis kontrak kerja yang umum dijumpai.

Apa Itu Kontrak Kerja?

Kontrak kerja dapat didefinisikan sebagai perjanjian tertulis antara pekerja dan pemberi kerja yang mengatur segala aspek hubungan kerja mereka. Dalam kontrak ini, terdapat ketentuan-ketentuan yang menguraikan hak dan kewajiban kedua belah pihak. Hal ini mencakup berbagai aspek, mulai dari gaji, jam kerja, hingga tugas dan tanggung jawab spesifik yang diemban oleh pekerja.

Dalam konteks hukum, kontrak kerja memiliki kekuatan yang signifikan. Jadi ini bukan hanya sekadar dokumen formalitas, melainkan landasan hukum yang dapat digunakan untuk menyelesaikan sengketa atau pertikaian yang mungkin timbul selama hubungan kerja.

Sumber Freepik: Kontrak Kerja - Gamelab.id

Tujuan Kontrak Kerja

Selanjutnya, dalam dunia kerja yang terus berkembang, tujuan kontrak kerja tidak hanya terbatas pada formalitas tetapi juga melibatkan penciptaan landasan yang kuat untuk memastikan hubungan kerja yang sukses dan berkelanjutan. Mari kita telusuri secara mendalam mengenai tujuan-tujuannya yang membentuk inti dari perjanjian kontrak kerja:

Menetapkan Hak dan Kewajiban

Salah satu tujuan utama kontrak kerja adalah memberikan fondasi yang jelas mengenai hak dan kewajiban masing-masing pihak. Ini melibatkan pembahasan rinci terkait upah, jam kerja, cuti, dan aspek-aspek lain yang memastikan kedua belah pihak memahami apa yang diharapkan darinya.

Perlindungan Hukum

Kontrak kerja juga berfungsi sebagai perangkat hukum yang memberikan perlindungan bagi pekerja dan pemberi kerja. Maka dengan merinci hak dan tanggung jawab dalam bentuk tertulis, akan terciptanya kontrak kerja yang memiliki landasan untuk menyelesaikan sengketa atau pertikaian yang mungkin timbul selama hubungan kerja.

Mencegah Ketidakjelasan

Tujuan kontrak kerja adalah mengatasi ketidakjelasan yang mungkin muncul selama hubungan kerja. Dengan merinci setiap aspek tugas, tanggung jawab, dan kewajiban, kontrak kerja akan membantu menghindari konflik dan kesalahpahaman di masa mendatang.

Mengatur Masa Berlaku Kontrak

Kontrak kerja menetapkan batas waktu atau jenis kontrak tertentu dengan menciptakan kerangka waktu yang jelas untuk hubungan kerja. Dengan begitu, memberikan kedua belah pihak terkait pemahaman yang lebih baik tentang durasi dan sifat hubungan.

Memberikan Kepastian Keuangan

Melalui pembahasan gaji, tunjangan, dan bonus, tentunya kontrak kerja memberikan kepastian keuangan bagi pekerja. Sehingga dapat menciptakan lingkungan yang lebih stabil dan memberikan insentif yang jelas untuk kinerja yang baik.

Sumber Freepik: PKWTT - Gamelab.id

Baca Juga : Membedah Perbedaan CV dan Resume Panduan Lengkap untuk Pelamar Kerja!

Jenis Kontrak Kerja

Adapun beberapa jenis kontrak kerja yang umumnya digunakan. Namun, ini tergantung pada sifat pekerjaan dan kebutuhan perusahaan. Beberapa di antaranya meliputi:

Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tetap (PKWTT)

Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tetap (PKWTT) merupakan bentuk kontrak kerja yang diterapkan untuk pekerjaan yang tidak memiliki batasan waktu pasti. Sering kali, PKWTT dipilih untuk pekerjaan dengan sifat musiman atau proyek tertentu. Oleh karena itu, tidak ada kesepakatan mengenai durasi pekerjaan yang konkret. Pada intinya, dalam kontrak tersebut dijelaskan bahwa hubungan kerja dapat berakhir saat pekerjaan selesai atau saat musim atau proyek berakhir.

Perjanjian Kerja Waktu Tetap (PKWT)

Perjanjian Kerja Waktu Tetap (PKWT) merujuk pada kontrak kerja yang memiliki durasi waktu yang ditentukan secara tegas. Umumnya, PKWT digunakan untuk pekerjaan dengan sifat permanen atau tidak terbatas oleh waktu tertentu. Oleh sebab itu, dalam kontrak tersebut kedua belah pihak sepakat atas periode kerja yang spesifik dan saling berkomitmen selama masa yang sudah ditentukan.

Perjanjian Kerja Paruh Waktu

Perjanjian Kerja Paruh Waktu merujuk pada kontrak kerja yang diterapkan saat pekerja hanya bekerja untuk sebagian dari waktu kerja penuh yang biasanya ditetapkan oleh perusahaan. Intinya, pekerja paruh waktu memiliki jadwal kerja yang lebih singkat, sering kali hanya pada hari atau waktu tertentu dalam seminggu. Mereka juga memiliki hak dan tanggung jawab yang berbeda dari pekerja penuh waktu.

Perjanjian Pemborongan Kerja

Perjanjian Pemborongan Pekerjaan terjadi ketika perusahaan atau pemberi kerja menyewa individu atau perusahaan lain untuk menyelesaikan tugas atau proyek tertentu dalam jangka waktu yang ditetapkan. Biasanya, jenis perjanjian ini diterapkan oleh perusahaan outsourcing, kontraktor, dan entitas sejenisnya. Dalam kontrak pemborongan pekerjaan, pemberi kerja dan pihak yang menerima kontrak telah sepakat mengenai rincian pekerjaan, batas waktu, dan biaya yang akan diterima oleh pihak yang menerima kontrak.

Itu dia penjelasan mengenai seputar dunia kontrak kerja. Setelah kamu mengetahui semuanya, alangkah baiknya kamu mempersiapkan skill sebelum melamar kerja. Misalnya, kamu bisa ikuti kelas Communication: Meningkatkan Keterampilan Komunikasi untuk Menunjang Karir dari Gamelab Indonesia. Yuk, buruan daftar agar kamu terlihat lebih bersinar dibanding para pelamar kerja lainnya!


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Rabu, 10 Januari 2024

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI