BERITA UMUM Mengapa Python Menjadi Bahasa Pemrograman Favorit? Berikut Penjelasannya!

Mengapa Python Menjadi Bahasa Pemrograman Favorit? Berikut Penjelasannya!

Oleh Vincentius Dimas | Senin, 15 Januari 2024

Mengapa Python Menjadi Bahasa Pemrograman Favorit? Berikut Penjelasannya!

Python adalah sebuah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang bersifat general-purpose atau serbaguna. Berikut penjelasannya mengapa bahasa ini banyak disukai banyak orang beserta contoh kegunaannya.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Dalam dunia pemrograman, Python sering dianggap sebagai bahasa yang powerful dan serbaguna. Dengan kemudahan sintaksisnya, Python telah menjadi pilihan utama bagi banyak pengembang perangkat lunak. Mari kita eksplorasi lebih jauh bahasa pemrograman yang satu ini di sini.

Pengertian Python

Python adalah sebuah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang bersifat general-purpose atau serbaguna. Dengan kata lain, Python ini memang sengaja dirancang untuk dapat digunakan dalam berbagai konteks dan tujuan pengembangan perangkat lunak. Tak hanya itu, salah satu fitur kunci Python adalah fokusnya pada keterbacaan kode, sintaksis yang bersih, dan kemudahan penggunaan.

Sumber Freepik: Pengertian Python - Gamelab.id

Alasan Python Menjadi Bahasa Pemrograman Favorit

Setelah mengetahui pengertian Python secara ringkas. Berikut alasan yang mendasari mengapa bahasa ini banyak diminati para pengembang:

Sintaksis yang Bersih dan Ekspresif

Menariknya, Python ini sejak dulu dikenal dengan sintaksisnya yang bersih dan mudah dipahami. Selain itu, struktur bahasanya yang mudah membuat pengembang bisa mengekspresikan konsep. Ini mencakup jumlah kode yang relatif sedikit apabila dibandingkan dengan bahasa pemrograman lain.

Tipe Data Dinamis dan Manajemen Memori Otomatis

Selanjutnya, Python menggunakan tipe data dinamis sehingga memungkinkan variabel untuk secara otomatis menyesuaikan tipe datanya. Lalu yang tak kalah menarik adalah, manajemen memorinya yang secara otomatis bisa menghilangkan kebutuhan guna mengelola alokasi dan dealokasi memori secara manual.

Modularitas dan Ekstensibilitas

Python juga mendukung pemrograman modular. Dengan begitu, memungkinkan para pengembang untuk membagi kode mereka menjadi modul atau paket yang dapat digunakan kembali. Tak hanya itu, ekstensibilitas Python juga terbukti melalui kemampuannya untuk mengintegrasikan modul yang ditulis dalam bahasa pemrograman lain.

Komunitas dan Ekosistem yang Kuat

Python memiliki komunitas yang besar dan aktif. Dengan demikian, ekosistemnya menjadi kaya karena pustaka, framework, dan alatnya yang mendukung berbagai jenis pengembangan perangkat lunak.

Sumber Freepik: Python - Gamelab.id

Baca Juga : Bahasa Pemrograman: Fungsi, Tingkatan, dan Contohnya Paling Populer!

Mendalami Penggunaan Python

Python, sebagai bahasa pemrograman yang serbaguna, telah menemukan aplikasi yang luas dalam berbagai industri dan bidang pengembangan perangkat lunak. Mari kita jelajahi contoh kegunaan Python yang mencakup web development, data science, machine learning, automatisasi, dan pengembangan game. Sebagai berikut:

Pengembangan Web dengan Django dan Flask

Python sangat populer di kalangan pengembang web karena kerangka kerja (framework) yang kuat seperti Django dan Flask. Django, dengan konsepnya "batteries-included," telah menyediakan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk membangun aplikasi web kompleks. Di sisi lain, Flask memberikan pendekatan yang lebih ringan dan fleksibel untuk pengembangan web.

Contohnya, penggunaan Python dalam pengembangan web dapat ditemukan saat pembuatan situs web dinamis, aplikasi e-commerce, dan portal berita. Oleh karena itu, melalui kemampuannya yang menyederhanakan sintaksis dan mempercepat proses pengembangan membuat Python menjadi pilihan utama bagi banyak perusahaan teknologi.

Data Science dan Analisis dengan NumPy dan Pandas

Python telah menjadi bahasa utama dalam dunia data science dan analisis data. Library seperti NumPy dan Pandas menyediakan struktur data yang efisien dan alat analisis yang kuat. Sementara, NumPy memberikan dukungan untuk array dan operasi matematika yang cepat, sedangkan Pandas menawarkan struktur data DataFrame yang memungkinkan manipulasi dan analisis data yang lebih mudah.

Oleh karena itu, penggunaan Python dalam analisis data bisa mencakup pembuatan visualisasi data dengan bantuan library seperti Matplotlib dan Seaborn. Selain itu, data analyst dan ilmuwan data juga sering menggunakan Jupyter Notebooks, karena lingkungan interaktif yang berbasis web guna melakukan eksplorasi data dan berbagi hasil penelitian.

Machine Learning dan Kecerdasan Buatan dengan TensorFlow dan PyTorch

Uniknya, Python kini juga mendominasi dalam machine learning dan kecerdasan buatan (artificial intelligence, AI). Library seperti TensorFlow dan PyTorch menyediakan alat yang dibutuhkan untuk melatih dan menerapkan model machine learning. Oleh karena itu, Python memfasilitasi eksperimen dan penelitian dalam pengembangan algoritma machine learning yang inovatif.

Selain itu, penggunaan Python dalam machine learning juga melibatkan pembuatan model untuk klasifikasi, regresi, pengenalan gambar, dan bahkan pengolahan bahasa alami. Maka model machine learning yang dikembangkan oleh Python ini biasa digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk prediksi pasar keuangan, diagnosis medis, dan pengoptimalan rantai pasokan.

Automatisasi dengan Python

Seperti apa yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa Python merupakan alat yang luar biasa untuk automatisasi tugas-tugas rutin dan scripting. Dengan library seperti Selenium untuk otomatisasi browser web, PyAutoGUI untuk mengontrol mouse dan keyboard, serta Requests untuk mengakses API, Python dapat digunakan untuk membuat skrip yang otomatis menangani berbagai tugas, mulai dari pengumpulan data hingga pengelolaan file. Contohnya, penggunaan Python dalam otomatisasi termasuk pengembangan skrip untuk backup otomatis, pengelolaan file dan folder, atau penjadwalan tugas-tugas rutin pada sistem operasi.

Pengembangan Game dengan Pygame

Python juga menawarkan kegunaan dalam pengembangan game. Library seperti Pygame menyediakan kerangka kerja yang mudah digunakan untuk membuat game sederhana hingga kompleks. Tak hanya itu, kelebihan Python dalam pengembangan game termasuk sintaksis yang bersih dan mudah dipahami, sehingga membuatnya bisa melakukan prototyping dengan cepat.

Selanjutnya, penggunaan Python dalam pengembangan game bisa juga mencakup pembuatan game edukasi, game mobile, dan game indie. Sebab Pygame dapat menyederhanakan proses pengembangan dengan menyediakan fungsi-fungsi untuk manipulasi gambar, suara, dan input pengguna.

Itu dia penjelasan mengenai Python terkait pengertian, alasan yang mendasari banyak disukai para pengembang, dan contoh kegunaanya. Yuk, optimasi skill kamu di bidang teknologi dengan cara mengikuti kelas Belajar Pemrograman Dasar Python atau Belajar Pemrograman Berorientasi Objek Python di Gamelab Indonesia!


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Senin, 15 Januari 2024

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI