BERITA SMK Mengenal SMK Jurusan Multimedia dan Peluang Kerjanya

Mengenal SMK Jurusan Multimedia dan Peluang Kerjanya


#SMK #multimedia #vokasi
Mengenal SMK Jurusan Multimedia dan Peluang Kerjanya

Jurusan multimedia merupakan salah satu jurusan SMK di bidang komputer yang mempelajari tentang penggunaan komputer guna untuk menyajikan data teks, suara, gambar, animasi, serta video yang dibuat semenarik mungkin.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, desain, coding, 3D artwork, art dan illustrasi dan digital music hanya di GAMELAB.ID!

Jurusan Multimedia atau sering juga disebut MM adalah salah satu dari banyaknya jurusan di SMK. Jurusan multimedia ini merupakan suatu jurusan SMK di bidang komputer yang mempelajari tentang penggunaan komputer guna untuk menyajikan data teks, suara, gambar, animasi, serta video yang dibuat semenarik mungkin dengan tools-tools yang sudah tersedia seperti halnya Adobe Photoshop, CorelDraw, Freehand, Adobe After Efect, dan lain-lain. Simak artikel ini jika kalian ingin tahu lebih jauh mengenai jurusan multimedia di SMK dan bagaimana peluang kerjanya.

 

Mengenal Jurusan Multimedia 

Pada dasarnya multimedia dibagi menjadi dua jenis yaitu Multimedia Linier dan Multimedia Interaktif. Multimedia Linier merupakan multimedia yang berjalan tanpa dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan pengguna misalnya film dan televisi. Sedangkan Multimedia Interaktif merupakan multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioperasikan oleh pengguna sehingga terjadi interaksi dengan pengguna contohnya pada game atau pembelajaran secara multimedia. 

Multimedia berdasarkan penggunaannya terdapat 2 macam kategori, yaitu Multimedia Communication dan  Multimedia Content Production. Pengertian dari Multimedia Communication adalah penggunaan media yang memiliki fungsi mempublikasikan informasi. Media yang digunakan adalah TV, radio, film, game, musik, entertaiment, tutorial, internet, dan media cetak. Dengan adanya Multimedia Communication ini akan mempermudah pengguna dalam menyampaikan dan mendapatkan informasi. Selanjutnya Multimedia Content Production adalah penggunaan beberapa media yang berbeda seperti teks, animasi, audio, video, gambar (grafik) yang dipadukan untuk mengasilkan produk multimedia seperti musik, game, film, entertainment, dll. Media yang digunakan dalam Multimedia Content Production menggunakan media sebagai berikut :

  • Media tulisan (Teks)
  • Media Suara (Audio)
  • Media Video
  • Media Gambar (Grafik)
  • Media Animasi
  • Media Efek Khusus (Special Effect)
  • Media Interaktif (Interactivity)

Berikut adalah beberapa mata pelajaran Muatan Peminatan Kejuruan pada Jurusan Multimedia :

1. Dasar Bidang Keahlian

  • Simulasi dan Komunikasi Digital
  • Fisika
  • Kimia

2. Dasar Program Keahlian

  • Sistem Komputer
  • Komputer dan Jaringan Dasar
  • Pemrograman Dasar
  • Dasar Desain Grafis

3. Kompetensi Keahlian (Mata Pelajaran Produktif)

  • Desain Grafis Percetakan
  • Desain Media Interaktif
  • Animasi 2D dan 3D
  • Teknik Pengolahan Audio dan Video
  • Produk Kreatif dan Kewirausahaan

 

Peluang Kerja Jurusan Multimedia

Mengikuti perkembangan teknologi, media pun kini hadir dalam berbagai bentuk. Mulai dari media cetak hingga media digital, semua jenis media bisa dimanfaatkan oleh perusahaan untuk melakukan pemasaran. Beragam jenis media inilah yang menjadikan peluang kerja jurusan multimedia terbuka lebar. Berikut adalah beberapa peluang kerja untuk lulusan dari jurusan multimedia :

1. Web Designer
Posisi ini membutuhkan gabungan kemampuan desain dan programming. Desain digunakan untuk membuat layout website sedangkan kemampuan programming berguna untuk meng-coding website. Web designer juga bertanggung jawab untuk memperbarui konten dan desain website apabila dibutuhkan. 

2. Graphic Designer
Graphic designer atau desainer grafis bertanggung jawab membuat desain untuk keperluan publikasi di media cetak, website, poster, kemasan produk, serta membuat identitas visual untuk keperluan branding perusahaan. Alur kerja biasanya dimulai dari brief yang diberikan oleh klien, creative director, atau account manager, dan desainer grafis akan mengembangkan konsep kreatif sesuai brief dan tujuan yang sudah diberikan. Selain tantangan untuk bisa melahirkan ide-ide kreatif, desainer grafis juga dituntut untuk bisa bekerja dengan cepat dengan deadline yang ketat.

3. Animator/Illustrator

Kedua pekerjaan ini sama-sama membutuhkan daya imajinasi yang tinggi. Illustrator menggabungkan seni, desain, dan kreativitas untuk menghasilkan gambar visual orisinil untuk berbagai produk dan media. Biasanya, setiap illustrator memiliki ciri khas dan gayanya sendiri yang membedakan karya mereka dari illustrator lain.

Lain lagi dengan animator. Pekerjaan ini melibatkan seni membuat gambar bergerak atau animasi dalam bentuk 2 dimensi (2D) ataupun 3 dimensi (3D). Karya para animator bisa digunakan untuk film, iklan, video, website, games, dan banyak media lainnya.

4. Interactive Media Designer
Interactive media designer bertanggung jawab untuk membuat desain interaktif yang melibatkan teks, data, grafis, suara, animasi, dan efek visual lainnya. Pekerjaan ini dibutuhkan untuk membuat website, game, materi pembelajaran online, dan lainnya. Peran ini biasanya mirip dengan software developer, sehingga tak jarang juga mereka dibutuhkan untuk membuat produk dengan mengkoding dan mengetes keseluruhan fungsi produk yang dibuat.

5. Game Modeler/Designer
Passion dengan game bisa disalurkan menjadi pilihan karier, salah satunya yaitu dengan menekuni pekerjaan sebagai game modeler atau game designer. Posisi ini mencakup berbagai lingkup pekerjaan, seperti aturan, latar, alur cerita, karakter, properti, dan cara bermain game. 

Selain peluang kerja yang luas, perusahaan yang bisa dijadikan tempat kerja pun tidak kalah variatif. Lulusan multimedia bisa bekerja di berbagai industri dan jenis perusahaan, agensi hingga startup. 

Sumber :

http://bangdenpunya.blogspot.com/p/pengertian-multimedia.html

https://perpetualtc.blogspot.com/2019/05/a-professional-graphic-designer-has.html

https://www.utakatikotak.com/kongkow/detail/18001/Pembahasan-Multimedia-Content-Production-Multimedia-Communication

https://www.markombur.com/2020/03/mata-pelajaran-jurusan

multimedia.htmlhttps://glints.com/id/lowongan/peluang-kerja-jurusan-multimedia/#.X7IraWgzbIU

 


Admin Kelas Industri

Admin Kelas Industri

Senin, 16 November 2020