BERITA UMUM Berkolaborasi dengan Profesional, SMKN 6 Surakarta Gandeng Gamelab Indonesia Gelar Kelas Industri Game Developer

Berkolaborasi dengan Profesional, SMKN 6 Surakarta Gandeng Gamelab Indonesia Gelar Kelas Industri Game Developer

Oleh Vincentius Dimas | Senin, 22 Januari 2024

Berkolaborasi dengan Profesional, SMKN 6 Surakarta Gandeng Gamelab Indonesia Gelar Kelas Industri Game Developer

Kelas Industri merupakan ide pendidikan yang memadukan lingkungan belajar di sekolah dengan pengalaman langsung di dunia industri. Yuk, ketahui lebih mendalam lagi apa saja manfaatnya di sini!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Dalam era globalisasi saat ini, tantangan untuk menghasilkan lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) yang siap kerja semakin meningkat. SMK diharapkan tidak hanya menyediakan pengetahuan teoritis, tetapi juga mempersiapkan siswa dengan keterampilan praktis. Salah satu solusi inovatif untuk mencapai hal ini adalah melalui implementasi Kelas Industri.

Kelas Industri merupakan sebuah ide yang menggabungkan konsep pembelajaran di sekolah dengan pengalaman praktis dari sektor industri. Terlebih gagasan ini muncul sebagai tanggapan terhadap perubahan global yang mengharuskan lulusan SMK memiliki keterampilan relevan dengan tuntutan pasar kerja. 

SMKN 6 Surakarta, sebagai sekolah vokasi, telah mengambil langkah maju karena menyelenggarakan Kelas Industri bersama Gamelab Indonesia. Tak hanya itu, melalui program ini siswa dan guru juga memperoleh pengetahuan yang mendalam seputar game developer dari trainer expert industri secara langsung. Maka tak heran apabila nantinya lulusan dari SMKN 6 Surakarta dapat beradaptasi dengan dinamika dinamis dari suatu industri.

Pentingnya Kelas Industri

Kelas Industri menjadi inovasi yang cemerlang dalam dunia pendidikan karena mengintegrasikan pengalaman langsung di dunia industri dengan pembelajaran di sekolah. Oleh sebab itu, setelah SMKN 6 Surakarta mengikuti Kelas Industri bersama Gamelab Indonesia nantinya akan memperoleh pengetahuan yang berlimpah. Sebagai berikut:

Menyamakan Kurikulum dengan Tuntutan Industri

Kelas Industri membantu menyamakan kurikulum sekolah dengan tuntutan industri lokal. Melalui kerja sama dengan perusahaan dan industri terkait, sekolah dapat memastikan bahwa siswa mendapatkan pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja setempat.

Mengembangkan Keterampilan Praktis

Salah satu tujuan lainnya lagi adalah mengembangkan keterampilan praktis siswa. Jadi mereka tidak hanya memahami teori di kelas saja, tetapi juga menerapkannya dalam situasi dunia nyata. Ini mencakup keterampilan seperti pemecahan masalah, komunikasi, dan kepemimpinan.

Membuat Siswa Lebih Siap secara Profesional

Dengan mendapatkan wawasan langsung tentang dunia industri, tentu siswa akan menjadi lebih siap secara profesional. Dalam arti lain, mereka akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang lingkungan kerja, etika kerja, dan harapan yang dapat mereka hadapi setelah lulus.

Dok. Tim Gamelab: Kelas Industri - Gamelab.id

Keuntungan Mengikuti Kelas Industri

Tentu dengan mengikuti Kelas Industri memberikan sejumlah keuntungan. Mulai dari pengalaman praktis hingga memiliki koneksi langsung dengan pelaku di industri. Berikut beberapa keunggulan yang bisa diperoleh:

Pengalaman Praktis yang Relevan

Salah satu keuntungan utama mengikuti Kelas Industri adalah pengalaman praktis yang diperoleh siswa. Dalam lingkungan industri, siswa dapat mengaplikasikan teori yang telah mereka pelajari di kelas dalam situasi dunia nyata. Hal ini membantu memperdalam pemahaman mereka dan mengasah keterampilan praktis yang dibutuhkan di dunia kerja.

Jaringan Industri

Mengikuti Kelas Industri memberikan akses siswa ke jaringan industri yang berharga. Sebab melalui kolaborasi perusahaan dan profesional industri memungkinkan siswa membangun hubungan yang dapat menjadi pintu gerbang untuk peluang magang, kerja sama proyek, atau bahkan pekerjaan penuh waktu di masa depan. Dengan kata lain, jaringan ini bisa menjadi aset berharga terhadap karir mereka.

Penyelarasan Karir yang Lebih Baik

Dengan mengenal dunia industri sejak dini, siswa dapat membuat keputusan karir yang lebih reflektif. Pada program ini, mereka dapat mengeksplorasi berbagai bidang industri dan memahami persyaratan dan tantangan yang terlibat. Sehingga mereka dapat membuat keputusan yang tepat sesuai dengan minat dan keterampilan pribadi.

Dok. Tim Gamelab: Kelas Industri - Gamelab.id

Tentang SMKN 6 Surakarta

SMKN 6 Surakarta terlekat di Jalan Adi Sucipto No.38, Kerten, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Saat ini sekolah tersebut telah memiliki banyak kejuruan untuk siswa. Sebagai berikut:

  • Akuntansi dan Keuangan Lembaga
  • Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis
  • Pemasaran
  • Usaha Layanan Pariwisata
  • Desain Komunikasi Visual
  • Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim
  • Broadcasting dan Perfilman

Dok. Tim Gamelab: SMKN 6 Surakarta - Gamelab.id

Baca Juga : Siapkan Generasi Kompeten, Siswa SMK Cipta Karya Prembun Lulus On Boarding Kelas Industri

Kelas Industri di Gamelab Indonesia

Salah satu mitra industri yang bersedia berkontribusi dalam meningkatkan mutu lulusan SMK adalah Gamelab Indonesia. Saat ini Gamelab Indonesia telah aktif selama 12 tahun dan berdedikasi untuk menyediakan pendidikan yang merata di seluruh wilayah Indonesia. Berikut adalah sekolah kejuruan yang dapat melaksanakan program Kelas Industri bersama Gamelab Indonesia:

Bidang Teknologi

  • Games Development
  • Web Frontend Development
  • Web Backend Development
  • Apps Programming

Bidang Kreatif

  • 2D Design
  • 3D Design

Bidang Manajemen Bisnis

  • Digital Administration
  • Digital Marketing
  • Digital Accounting

Mari kita bersama-sama membentuk pengalaman belajar yang lebih unggul dan sesuai dengan kebutuhan industri saat ini. Tentu kolaborasi ini tidak hanya akan memperkaya proses pembelajaran siswa serta guru, tetapi juga akan memberikan dampak positif pada perkembangan pendidikan kejuruan di Indonesia. Ayo, bergandengan tangan untuk membentuk masa depan pendidikan kejuruan yang lebih baik melalui Kelas Industri. Jika ada pertanyaan, jangan ragu untuk menghubungi tim Gamelab Indonesia.


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Senin, 22 Januari 2024

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI