BERITA KUNJUNGAN INDUSTRI Tingkatkan Pengetahuan Tentang Dunia Industri, SMKN 5 Bandar Lampung Kunjungan Industri ke Gamelab Indonesia

Tingkatkan Pengetahuan Tentang Dunia Industri, SMKN 5 Bandar Lampung Kunjungan Industri ke Gamelab Indonesia

Oleh Vincentius Dimas | Senin, 22 Januari 2024

Tingkatkan Pengetahuan Tentang Dunia Industri, SMKN 5 Bandar Lampung Kunjungan Industri ke Gamelab Indonesia

SMKN 5 Bandar Lampung adakan kunjungan industri ke PT. Educa Sisfomedia Indonesia. Lewat kegiatan ini, mereka memperoleh pengetahuan baru melalui seminar industri, berdiskusi dengan expert industri, serta eksplorasi karya Educa dan Gamelab.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

SMKN 5 Bandar Lampung menyelenggarakan Kunjungan Industri ke Gamelab Indonesia pada Senin, 22 Januari 2024. Dalam kesempatan ini, sekolah tersebut membawa siswa dari jurusan Animasi dan Desain Komunikasi Visual (DKV). Dan ternyara, kegiatan ini banyak menarik perhatian karena dihadiri oleh 119 siswa dan 10 guru.

Perlu diketahui, bahwa Kunjungan Industri ini disusun untuk memberikan wawasan kepada siswa SMK mengenai aktivitas dan tahapan kreatif yang sedang berkembang di dunia industri saat ini. Dengan demikian, diharapkan mereka dapat memperoleh pembelajaran dan pengalaman yang dapat diaplikasikan secara relevan dalam konteks lingkungan sekolah.

Seminar Industri

Setelah tiba di Gamelab Indonesia, kegiatan dimulai dengan penyelenggaraan Seminar Industri. Pada sesi ini, siswa dari SMKN 5 Bandar Lampung akan diajak untuk memahami visi, misi, dan budaya kerja yang diterapkan oleh PT. Educa Sisfomedia Indonesia. Selain itu, mereka juga akan diberikan informasi mendalam tentang keterampilan yang sedang diminati oleh industri game dan animasi.

Lalu untuk memperluas wawasan mereka, selama seminar akan dijelaskan secara rinci konsep-konsep proses produksi dan tren terkini dalam industri kreatif. Dengan demikian, diharapkan siswa dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam dan relevan mengenai perkembangan terbaru di dunia game dan animasi. Sebagai tambahan, akan dipaparkan pula studi kasus untuk memberikan gambaran konkret tentang tantangan dan pencapaian yang mungkin dihadapi oleh mereka ketika berkarir di industri kreatif. 

Dok. Tim Gamelab: Seminar Industri - Gamelab.id

Diskusi dengan Trainer Expert Industri

Kemudian, kegiatan dilanjut dengan melibatkan partisipasi siswa SMKN 5 Bandar Lampung dalam sesi diskusi daring bersama trainer expert industri dari Gamelab Indonesia. Dalam pertemuan daring ini, mereka akan mendapatkan pemahaman yang mendalam mengenai industri game dan animasi. Lalu, trainer juga akan memberikan penjelasan menyeluruh tentang proses dan hasil dari produksi suatu karya industri.

Dengan demikian, tujuan dari diskusi ini adalah untuk memungkinkan mereka memahami berbagai tahapan yang menjadi fokus utama industri ketika menciptakan produk. Tahapan-tahapan tersebut mencangkup proses perencanaan, desain, pengkodean, hingga pengujian dan peluncuran produk. Maka dengan pendekatan inilah, mereka akan memperoleh pengetahuan praktis yang dapat diterapkan untuk mengejar karier di bidang pilihan masing-masing individu.

Dok. Tim Gamelab: Diskusi Daring dengan Trainer Expert Industri - Gamelab.id

Eksplorasi Karya Game Educa dan Gamelab

Setelah diskusi dengan para trainer, momen yang sangat dinantikan oleh peserta Kunjungan Industri adalah saat Eksplorasi Karya. Pada sesi ini, siswa SMKN 5 Bandar Lampung akan mengalami pengalaman bermain Virtual Reality (VR) karya dari Educa Studio. Selain itu, mereka juga diberikan kesempatan untuk menikmati hasil karya animasi yang sangat mengesankan, yang dihasilkan oleh peserta Program Magang/PKL dan Kelas Industri di Gamelab Indonesia.

Dengan demikian, dalam sesi eksplorasi ini, mereka dapat merasakan sensasi bermain sambil memperoleh pemahaman yang lebih mendalam mengenai keterampilan dan inovasi dalam dunia animasi dan game. Lebih dari itu, mereka juga memiliki peluang untuk mengevaluasi kreativitas dan kualitas karya yang dihasilkan oleh industri, sehingga dapat menjadi sumber inspirasi dan panduan untuk mengembangkan bakat mereka sendiri.

Dok. Tim Gamelab: Eksplorasi Karya Game Educa dan Gamelab - Gamelab.id

Tentang SMKN 5 Bandar Lampung

SMKN 5 Bandar Lampung terletak di Jalan Pangeran Tirtayasa No. 88, Sukabumi Indah, Sukabumi, Kecamatan Sukabumi, Kota Bandar Lampung. Saat ini sekolah tersebut memiliki beberapa kejuruan untuk siswa. Sebagai berikut:

  • Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO)
  • Teknik Bisnis Sepeda Motor (TBSM)
  • Desain Komunikasi Visual (DKV)
  • Animasi
  • Kriya Tekstil
  • Kriya Logam
  • Kriya Kayu

Dok. Tim Gamelab: SMKN 5 Bandar Lampung - Gamelab.id

Baca Juga : Serunya Kunjungan Industri, Buktinya SMKN 1 Majalengka Kunjungan Kali Ketiga ke Gamelab Indonesia

Tentang PT. Educa Sisfomedia Indonesia

PT. Educa Sisfomedia Indonesia saat ini mengurusi tiga sektor bisnis utama, yaitu Educa Studio, Gamelab Indonesia, dan Educa Academy. Ketiga bisnis tersebut memiliki tujuan yang sejalan dengan dunia pendidikan dan teknologi digital.

Kini Gamelab Indonesia telah berhasil menginisiasi berbagai program seperti Magang/PKL, Prakerja, Kelas Industri, Teacher Factory (TeFa), Uji Kompetensi Keahlian (UKK), dan Bootcamp. Sementara itu, Educa Studio bertanggung jawab atas aspek kreatif dalam menciptakan permainan digital dan animasi edukatif untuk anak-anak, termasuk Marbel (Mari Belajar), Kabi (Kisah Teladan Nabi), Kolak (Lagu Anak Indonesia), dan Riri Cerita Anak Interaktif. Di sisi lain, Educa Academy memiliki fokus pada pelatihan dan peningkatan kompetensi bagi pendidik atau guru.

Bagi kamu yang tertarik untuk merasakan Kunjungan Industri, kamu bisa ajak sekolah atau kampus untuk menjalin kerja sama dengan Gamelab Indonesia. Sebab kolaborasi ini tidak hanya memberikan pemahaman yang mendalam tentang dunia industri, tetapi juga membuka wawasan baru terkait perkembangan alat-alat industri modern dan manfaat lainnya. Jangan ragu untuk menyelenggarakan Kunjungan Industri yang menarik dan penuh manfaat ini bersama Gamelab Indonesia!


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Senin, 22 Januari 2024

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI