BERITA KUNJUNGAN INDUSTRI Mengenal Apa Itu Industri Kreatif, SMK PK Mekanika Adakan Kunjungan Industri ke Gamelab Indonesia

Mengenal Apa Itu Industri Kreatif, SMK PK Mekanika Adakan Kunjungan Industri ke Gamelab Indonesia

Oleh Vincentius Dimas | Rabu, 24 Januari 2024

Mengenal Apa Itu Industri Kreatif, SMK PK Mekanika Adakan Kunjungan Industri ke Gamelab Indonesia

SMK PK Mekanika adakan Kunjungan Industri ke PT. Educa Sisfomedia Indonesia. Lewat kegiatan ini, mereka memperoleh pengetahuan baru melalui seminar industri, berdiskusi dengan expert industri, serta eksplorasi karya Educa dan Gamelab.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

SMK PK (Pusat Keunggulan) Mekanika telah mengadakan Kunjungan Industri ke Gamelab Indonesia pada Selasa, 23 Januari 2024. Dalam kesempatan ini, sekolah yang berlokasi di Cirebon tersebut mengantarkan siswa dari jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV). Dan, acara ini dihadiri oleh 53 siswa dan 5 guru.

Penting untuk dicatat bahwa Kunjungan Industri ini dirancang untuk memberikan pemahaman kepada siswa SMK tentang aktivitas dan tahapan kreatif yang sedang berkembang di dunia industri saat ini. Dengan demikian, diharapkan mereka dapat memperoleh pembelajaran dan pengalaman yang dapat diterapkan secara relevan dalam konteks lingkungan sekolah.

Seminar Industri

Setelah sampai di Gamelab Indonesia, rangkaian kegiatan dimulai dengan pelaksanaan Seminar Industri. Pada sesi ini, siswa dari SMK PK Mekanika akan diajak untuk memahami visi, misi, dan budaya kerja yang diterapkan oleh PT. Educa Sisfomedia Indonesia. Di samping itu, mereka akan diberikan informasi mendalam tentang keterampilan yang tengah dicari oleh industri game dan animasi.

Agar pengalaman mereka semakin luas, dalam seminar tersebut juga akan diuraikan secara rinci konsep-konsep proses produksi dan tren terkini di industri kreatif. Dengan cara ini, diharapkan mereka dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam dan relevan mengenai perkembangan terkini dalam dunia game dan animasi. Selain itu, akan disajikan juga studi kasus untuk memberikan gambaran konkret mengenai tantangan dan pencapaian yang mungkin dihadapi oleh mereka ketika berkarir di industri kreatif.

Dok. Tim Gamelab: Seminar Industri - Gamelab.ID

Diskusi dengan Expert Industri

Langkah selanjutnya, melibatkan siswa-siswa SMK PK Mekanika dalam sesi diskusi daring bersama trainer expert industri dari Gamelab Indonesia. Dalam sesi ini, mereka akan diperkenalkan pada pemahaman yang mendalam mengenai dunia game dan animasi. Selai itu, trainer juga akan menyampaikan penjelasan menyeluruh tentang proses dan hasil dari suatu karya industri.

Perlu diketahui, bahwa tujuan dari diskusi ini adalah memberikan pemahaman kepada peserta mengenai berbagai tahapan yang menjadi fokus utama industri saat menciptakan produk. Tahapan-tahapan tersebut mencakup proses perencanaan, desain, pengkodean, hingga pengujian dan peluncuran produk. Dengan pendekatan inilah, diharapkan mereka akan memperoleh pengetahuan praktis yang dapat diterapkan untuk mengejar karier di bidang pilihan masing-masing individu.

Dok. Tim Gamelab: Diskusi dengan Expert Industri - Gamelab.ID

Eksplorasi Karya Game Educa dan Gamelab

Setelah berdiskusi dengan trainer, biasanya momen selanjutnya selalu dinantikan oleh peserta Kunjungan Industri karena mereka dapat mengeksplorasi karya game Educa dan Gamelab. Pada sesi ini, siswa-siswa SMK PK Mekanika akan merasakan pengalaman bermain Virtual Reality (VR) yang dikembangkan oleh Educa Studio. Selain itu, mereka juga diberikan kesempatan untuk menikmati karya-karya animasi yang luar biasa, hasil dari peserta Program Magang/PKL dan Kelas Industri di Gamelab Indonesia.

Dengan demikian, dalam sesi eksplorasi ini, mereka bisa merasakan sensasi bermain sambil memperoleh pemahaman yang mendalam tentang keterampilan dan inovasi di dunia animasi dan game. Lebih dari itu, mereka juga memiliki peluang untuk mengevaluasi kreativitas dan kualitas karya yang dihasilkan oleh industri, sehingga bisa menjadi sumber inspirasi dan panduan untuk mengembangkan bakat mereka sendiri. 

Dok. Tim Gamelab: Ekplorasi Karya Game Educa dan Gamelab - Gamela.ID

Tentang SMK PK Mekanika

SMK PK Mekanika terletak di Jl. Buntet Pesantren Desa Mertapada Kulon Kec. Astanajapura, Cirebon. Kini SMK tersebut telah memiliki beberapa jurusan. Sebagai berikut:

  • Teknik Kendaraan Ringan
  • Teknik Sepeda Motor
  • Desain Komunikasi Visual
  • Akuntansi dan Lembaga Keuangan
  • Asisten Keperawatan dan Caregiver

Dok. Tim Gamelab: SMK PK Mekanika - Gamelab.ID

Baca Juga : Serunya Kunjungan Industri, Buktinya SMKN 1 Majalengka Kunjungan Kali Ketiga ke Gamelab Indonesia

Tentang PT. Educa Sisfomedia Indonesia

PT. Educa Sisfomedia Indonesia saat ini mengelola tiga sektor bisnis utama, yaitu Educa Studio, Gamelab Indonesia, dan Educa Academy. Semua tiga sektor bisnis ini memiliki tujuan yang senada terkait perkembangan dunia pendidikan dan teknologi digital.

Sebagai informasi, Gamelab Indonesia kini telah berhasil merintis beberapa program seperti Magang/PKL, Prakerja, Kelas Industri, Teacher Factory (TeFa), Uji Kompetensi Keahlian (UKK), dan Bootcamp. Di samping itu, Educa Studio bertanggung jawab atas aspek kreatif dalam menciptakan permainan digital dan animasi edukatif untuk anak-anak, termasuk Marbel (Mari Belajar), Kabi (Kisah Teladan Nabi), Kolak (Lagu Anak Indonesia), dan Riri Cerita Anak Interaktif. Sedangkan, Educa Academy fokus pada pelatihan dan peningkatan kompetensi bagi pendidik atau guru.

Apakah kamu tertarik dengan pengalaman yang telah dialami oleh SMK PK Mekanika? Jika iya, ajaklah sekolah atau kampus kamu untuk menjalin kerja sama dengan Gamelab Indonesia. Tentunya kerja sama ini menawarkan berbagai keuntungan seperti pemahaman mendalam tentang dunia industri, wawasan baru mengenai peralatan industri modern, dan manfaat lainnya. Yuk, segera menyelenggarakan Kunjungan Industri yang menarik dan bermanfaat bersama Gamelab Indonesia!


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Rabu, 24 Januari 2024

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI