BERITA UMUM Eksplorasi Hasil Karya Industri Kreatif, SMKS Pesantren Ciwaringin Kunjungan Industri ke Gamelab Indonesia

Eksplorasi Hasil Karya Industri Kreatif, SMKS Pesantren Ciwaringin Kunjungan Industri ke Gamelab Indonesia

Oleh Vincentius Dimas | Kamis, 25 Januari 2024

Eksplorasi Hasil Karya Industri Kreatif, SMKS Pesantren Ciwaringin Kunjungan Industri ke Gamelab Indonesia

SMKS Pesantren Ciwaringin adakan Kunjungan Industri ke PT. Educa Sisfomedia Indonesia. Lewat kegiatan ini, mereka memperoleh pengetahuan baru melalui seminar industri, berdiskusi dengan expert industri, serta eksplorasi karya Educa dan Gamelab.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

SMKS Pesantren Ciwaringin kembali menyelenggarakan Kunjungan Industri ke Gamelab Indonesia pada Rabu, 24 Januari 2024. Dalam kesempatan ini, sekolah yang berlokasi di Cirebon tersebut membawa siswa-siswa dari jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL), Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ), serta Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP). Menariknya, kegiatan yang penuh manfaat ini dihadiri oleh 76 siswa dan 17 guru.

Sebagai informasi tambahan, Kunjungan Industri ini direncanakan untuk memberikan pemahaman kepada siswa SMK tentang aktivitas dan tahapan kreatif yang sedang berkembang di dunia industri kreatif saat ini. Dengan demikian, diharapkan mereka akan memperoleh pembelajaran dan pengalaman yang dapat diaplikasikan secara relevan dalam konteks lingkungan sekolah.

Seminar Industri

Setelah sampai di Gamelab Indonesia, kegiatan dimulai dengan Seminar Industri. Pada sesi ini, siswa dari SMKS Pesantren Ciwaringin akan diajak untuk memahami visi, misi, dan budaya kerja yang diterapkan oleh PT. Educa Sisfomedia Indonesia. Selain itu, mereka juga akan diberikan informasi mendalam tentang keterampilan yang sedang diminati oleh industri game dan animasi saat ini.

Lalu untuk memperluas pemahaman mereka, selama seminar akan diuraikan secara rinci mengenai konsep-konsep proses produksi dan tren terkini dalam industri kreatif. Dengan cara ini, diharapkan siswa dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam dan relevan mengenai perkembangan terbaru di dunia game dan animasi. Selain itu, para siswa juga akan diberikan studi kasus guna memperoleh gambaran konkret mengenai tantangan dan pencapaian yang mungkin dihadapi ketika berkarir di industri kreatif.

Dok. Tim Gamelab: Seminar Industri - Gamelab.ID

Diskusi dengan Trainer Expert Industri

Kemudian, kegiatan berlanjut dengan melibatkan siswa SMKS Pesantren Ciwaringin dalam sesi diskusi daring bersama trainer expert industri dari Gamelab Indonesia. Dalam pertemuan daring ini, mereka akan mendapatkan pemahaman yang mendalam mengenai dunia industri game dan animasi. Selain itu, trainer juga akan memberikan penjelasan menyeluruh mengenai proses dan hasil dari produksi suatu karya industri.

Dengan demikian, tujuan dari diskusi ini adalah memberikan kesempatan kepada mereka untuk memahami berbagai tahapan yang menjadi fokus utama industri saat menciptakan produk. Tahapan-tahapan tersebut mencakup proses perencanaan, desain, pengkodean, hingga pengujian dan peluncuran produk. Maka dengan pendekatan ini, diharapkan mereka dapat memperoleh pengetahuan praktis yang dapat diterapkan untuk mengejar karier di bidang pilihan masing-masing individu.

Dok. Tim Gamelab: Diskusi dengan Trainer Expert Industri - Gamelab.ID

Eksplorasi Karya Game Educa dan Gamelab

Setelah berdiskusi dengan trainer, momen yang sangat dinantikan oleh peserta Kunjungan Industri adalah Eksplorasi Karya. Pada sesi ini, siswa SMKS Pesantren Ciwaringin akan merasakan pengalaman bermain Virtual Reality (VR) hasil karya Educa Studio. Selain itu, mereka juga diberikan kesempatan untuk menikmati karya animasi yang sangat mengesankan, hasil dari partisipasi peserta Program Magang/PKL dan Kelas Industri di Gamelab Indonesia.

Dengan demikian, dalam sesi eksplorasi ini, mereka dapat merasakan sensasi bermain sambil mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang keterampilan dan inovasi dalam industri animasi dan game. Lebih dari itu, mereka juga memiliki momen untuk mengevaluasi kreativitas dan kualitas karya yang dihasilkan oleh industri, sehingga bisa menjadi sumber inspirasi dan panduan untuk mengembangkan bakat mereka sendiri.

Dok. Tim Gamelab: Eksplorasi Karya Game Educa dan Gamelab - Gamelab.id

Tentang SMKS Pesantren Ciwaringin

SMKS Pesantren Ciwaringin terletak di Jalan Pesantren Selatan No. 30, Dusun Babakan, Kecamatan Ciwaringin, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Saat ini sekolah tersebut telah memiliki beberapa kejuruan. Sebagai berikut:

  • Teknik Kendaraan Ringan (TKR)
  • Teknik Sepeda Motor (TSM)
  • Rekayasa Perangkat Lunak  (RPL)
  • Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)
  • Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP)

Dok. Tim Gamelab: SMKS Pesantren Ciwaringin - Gamelab.ID

Baca Juga : SMKN 1 Gadingrejo Kunjungan Industri ke Gamelab Indonesia

Tentang PT. Educa Sisfomedia

PT. Educa Sisfomedia Indonesia kini telah mengelola tiga divisi bisnis utama, yakni Educa Studio, Gamelab Indonesia, dan Educa Academy. Ketiga bisnis tersebut memiliki tujuan sejalan tentang perkembangan dunia pendidikan dan teknologi digital.

Gamelab Indonesia saat ini telah berhasil mengembangkan beberapa program, seperti Magang/PKL, Prakerja, Kelas Industri, Teacher Factory (TeFa), Uji Kompetensi Keahlian (UKK), dan Bootcamp. Sementara itu, Educa Studio memfokuskan diri pada kreativitas dalam menciptakan permainan digital dan animasi edukatif untuk anak-anak, termasuk di antaranya Marbel (Mari Belajar), Kabi (Kisah Teladan Nabi), Kolak (Lagu Anak Indonesia), dan Riri Cerita Anak Interaktif. Di sisi lain, Educa Academy menitikberatkan pada pelatihan dan peningkatan kompetensi bagi pendidik atau guru.

Bagi kamu yang berminat mengadakan Kunjungan Industri, ajaklah sekolah atau kampus kamu untuk menjalin kerja sama dengan Gamelab Indonesia. Tentu kolaborasi ini tidak hanya memberikan pemahaman yang mendalam tentang dunia industri, tetapi juga membuka wawasan baru terkait perkembangan alat-alat industri modern dan manfaat lainnya. Jadi, jangan ragu untuk menyelenggarakan Kunjungan Industri yang menarik dan penuh manfaat ini bersama Gamelab Indonesia!


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Kamis, 25 Januari 2024

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI