BERITA SMK SMK Jurusan TKJ : Rakit Sendiri Komputer dan Jaringan Internetmu

SMK Jurusan TKJ : Rakit Sendiri Komputer dan Jaringan Internetmu


#smk #tkj #vokasi
SMK Jurusan TKJ : Rakit Sendiri Komputer dan Jaringan Internetmu

Jurusan TKJ atau Teknik Komputer dan Jaringan adalah salah satu jurusan di SMK yang mempelajari komponen hardware pada komputer dan sistem jaringan komputer.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Jurusan TKJ atau Teknik Komputer dan Jaringan merupakan salah satu Jurusan atau Kompetensi Keahlian pada Program Keahlian Teknik Komputer dan Informatika yang diajarkan di SMK (Sekolah Menengah Kejuruan). Selama tiga tahun siswa akan belajar mengenai komponen hardware pada komputer dan sistem jaringan komputer. Dengan dibekali materi pembelajaran tersebut, diharapkan para siswa dapat membangun jaringan komputer dan melakukan perakitan komputer. Untuk mengetahui lebih detail apa saja yang dipelajari di Jurusan TKJ, apa keunggulannya, dan bagaimana peluang kerjanya, simak artikel berikut ini.

 

Apa Saja yang Dipelajari di SMK Jurusan TKJ?

Untuk menghasilkan lulusan yang kompeten di bidangnya, berikut adalah beberapa mata pelajaran pada Kompetensi Keahlian (Mata Pelajaran Produktif) untuk SMK Jurusan TKJ :

 

  • Teknologi Jaringan Berbasis Luas (WAN)
    Pada mata pelajaran ini materi yang diajarkan adalah bagaimana siswa dapat mengetahui dan memahami ruang lingkup Teknologi Layanan Berbasis Luas (WAN). Mulai dari membuat disain jaringan, mengkaji jaringan fiber optic, hingga mengkonfigurasikan perangkat pasif jaringan fiber optic.

 

  • Administrasi Infrastruktur Jaringan
    Administrasi Infrastruktur Jaringan merupakan mata pelajaran yang membahas mengenai bagaimana mengatur, mengkonfigurasi, dan memanajeman perangkat jaringan beserta layanan-layanan jaringan menggunakan sistem operasi khusus jaringan seperti RoS (Router OS) dan switchOS. 

 

  • Administrasi Sistem Jaringan
    Materi yang diajarkan pada mata pelajaran ini mencakup instalasi sistem operasi jaringan, konfigurasi berbagai macam server, konfigurasi sistem keamanan jaringan, hingga melakukan perbaikan sistem administrasi.

 

  • Teknologi Layanan Jaringan
    Teknologi Layanan Jaringan ini mempelajari bagaimana mengatur dan mengkonfigurasi perangkat jaringan beserta layanan-layanan jaringan terutama layanan komunikasi berbasis suara menggunakan teknologi VOIP.

 

  • Produk Kreatif dan Kewirausahaan
    Mata pelajaran ini mengajarkan para siswa SMK yang siap kerja untuk dapat mendeskripsikan sikap dan perilaku wirausahawan. Misalnya adalah memahami bagaimana karakteristik wirausahawan, memahami peluang usaha produk dan jasa, hingga memahami proses pengajuan hak atas kekayaan intelektual. 

 

Keunggulan SMK Jurusan TKJ

Setiap jurusan di SMK tentunya memiliki kelebihannya masing-masing. Dengan pengetahuan yang didapatkan selama pembelajaran 3 tahun mengenai komputer dan jaringan, berikut adalah kelebihan dari jurusan ini :

 

  • Peka Akan Perkembangan Teknologi
    Pada jurusan ini tentu akan sangat sering bersentuhan dengan teknologi. Siswa dapat memahami dan  mengerti  dunia teknologi terutama komputer dan jaringan yang selalu berkembang, sehingga tidak akan gaptek.

 

  • Peluang Kerja Terbuka Luas
    Pada era digital seperti saat ini, tentunya peluang kerja untuk para lulusan SMK Jurusan TKJ akan terbuka luas. Terlebih selama proses pembelajaran mereka juga harus menjalani kerja praktik, sehingga sudah memiliki pengalaman untuk terjun ke dunia kerja.

 

  • Memiliki Peluang Berwirausaha
    Dengan skill yang dimiliki, para siswa dapat berwirausaha sendiri tanpa harus bekerja di sebuah perusahaan. Mulai dari memperbaiki perangkat komputer sendiri hingga menciptakan dan mengembangkan software dan hardware. Bahkan mereka mampu membangun jaringan komputer.

Peluang Kerja SMK Jurusan TKJ

Dengan kompetensi yang dimiliki, berikut adalah beberapa peluang kerja untuk para lulusan SMK Jurusan TKJ :

 

  • Teknisi Komputer
    Hampir semua perusahaan saat ini tentunya sudah menggunakan komputer di dalamnya. Seorang teknisi komputer bertugas untuk melakukan perawatan dan perbaikan dari komputer-komputer yang ada di perusahaan tersebut.

 

  • Teknisi Jaringan
    Seorang teknisi jaringan bertugan untuk mengelola segala hal yang berkaitan dengan jaringan atau network, seperti WiFi, kabel telepon, atau instalasi jaringan lain.

 

  • Administrasi Server
    Penggunaan komputer server tentunya berbeda dengan komputer biasa atau komputer user. Seorang administrasi server atau admin server bertugas untuk mengawasi, mengelola, serta mengamankan suatu komputer server. 

 

  • Sistem Analyst
    Sistem analyst bertugas untuk menganalisa suatu sistem juga membandingkan kelebihan dan kekurangan dari sebuah sistem yang hendak dirancang. Hasil analisa dari sistem analyst akan digunakan oleh seorang programmer. 

 

  • Data Entry
    Sorang data entry bertugas untuk  adalah mengurus hal-hal yang berkaitan dengan sistem operasional, misalnya input dan output sebuah sistem.

 

Dengan materi pembelajaran yang diberikan mengenai komputer dan jaringan, membuat para lulusan SMK Jurusan TKJ memiliki kompetensi yang cukup bersaing di dunia industri. Bahkan para lulusannya memiliki peluang untuk membuka usaha sendiri tanpa harus bekerja di sebuah perusahaan tertentu. Mereka bisa merakit bahkan membangun jaringan komputer sendiri.

 

Sumber :

https://www.markombur.com/2020/03/mata-pelajaran-jurusan-teknik-komputer.html

https://www.mangladatech.com/2020/01/mengenal-jurusan-tkj-teknik-komputer-jaringan.html

https://www.renesia.com/10-peluang-atau-prospek-kerja-tkj-teknik-komputer-jaringan/

https://s3.eu-west-3.amazonaws.com/dealna/uploads/2016/06/Networking-Accessories.jpg

 

 


Admin Kelas Industri

Admin Kelas Industri

Kamis, 19 November 2020