BERITA UMUM Siapkan Generasi Kompeten, Siswa SMK Cipta Karya Prembun Lulus On Boarding Kelas Industri

Siapkan Generasi Kompeten, Siswa SMK Cipta Karya Prembun Lulus On Boarding Kelas Industri

Oleh Vincentius Dimas | Rabu, 31 Januari 2024

Siapkan Generasi Kompeten, Siswa SMK Cipta Karya Prembun Lulus On Boarding Kelas Industri

Siswa SMK Cipta Karya Prembun telah menyelesaikan program Kelas Industri bersama Gamelab Indonesia. Apa itu Kelas Industri? Yuk, simak lebih lanjut di artikel berikut.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Tekanan untuk menghasilkan lulusan SMK yang siap terjun ke dunia kerja semakin meningkat. Sekarang, SMK diharapkan tidak hanya menyediakan pemahaman teoritis, melainkan juga mempersiapkan siswa dengan keterampilan praktis. Salah satu pendekatan inovatif untuk mencapai tujuan ini adalah melalui penerapan Kelas Industri.

Kelas Industri adalah suatu konsep yang mengintegrasikan pembelajaran di lingkungan sekolah dengan pengalaman praktis yang diperoleh dari sektor industri. Lebih lanjut, ide ini berkembang sebagai respons terhadap perubahan global yang menuntut agar lulusan SMK memiliki keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan pasar kerja.

Sebagai sekolah vokasi, SMK Cipta Karya Prembun telah mengambil langkah baik karena mengadakan Kelas Industri yang bekerja sama dengan Gamelab Indonesia. Maka melalui program ini siswa dan guru memporeleh kesempatan untuk mendapatkan pengetahuan yang mendalam tentang Digital Artwork 2D dari trainer expert industri secara langsung. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika lulusan dari SMK Cipta Karya Prembun nantinya memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan dinamika industri yang terus berubah.

Kelas Industri

Kelas Industri merupakan inovasi yang cemerlang dalam dunia pendidikan karena mengintegrasikan pengalaman langsung di dunia industri dengan pembelajaran di sekolah. Oleh karena itu, SMK Cipta Karya Prembun setelah mengikuti Kelas Industri bersama Gamelab Indonesia akan memperoleh pengetahuan yang berlimpah. Berikut alasan mendasarnya:

Integrasi Kurikulum

Struktur Kelas Industri memulai langkahnya dengan mengintegrasikan kurikulum sekolah dan kebutuhan industri. Jadi ini bukan hanya sekedar penambahan materi pelajaran, tetapi penyelarasan yang cermat antara teori dan aplikasi praktis. Dengan begitu, integrasi ini menciptakan hubungan erat antara apa yang diajarkan di kelas dengan apa yang diperlukan dalam dunia kerja.

Pembimbing Industri

Dalam struktur Kelas Industri, peran pembimbing industri sangat penting. Pembimbing ini biasanya merupakan profesional yang berpengalaman di bidang industri yang terkait dengan jurusan SMK. Oleh karena itu, mereka tidak hanya memberikan panduan teknis, tetapi juga berbagi wawasan tentang praktik-praktik industri, serta membantu siswa menjembatani kesenjangan antara teori dan praktik.

Evaluasi Berbasis Kinerja

Evaluasi dalam Kelas Industri tidak hanya bersifat akademis. Siswa dinilai juga berdasarkan kinerja mereka di lingkungan industri. Ini mencakup sejauh mana mereka mampu mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang telah dipelajari di sekolah ke dalam situasi nyata di industri. Sehingga evaluasi ini memberikan gambaran yang lebih komprehensif tentang kesiapan siswa untuk masuk ke dunia kerja.

Dok. Tim Gamelab: SMK - Gamelab.ID

Manfaat Kelas Industri

Tentu dengan mengikuti Kelas Industri memberikan sejumlah manfaat yang berguna untuk masa depan siswa. Mulai dari pengalaman praktis hingga memiliki koneksi langsung dengan pelaku di industri. Berikut beberapa manfaat yang bisa diperoleh:

Pengalaman Praktis

Salah satu manfaat utama dari Kelas Industri adalah pengalaman praktis yang diperoleh siswa. Dalam lingkungan industri, siswa dapat mengaplikasikan teori yang telah mereka pelajari di kelas dalam situasi dunia nyata. Dengan begitu, siswa akan terbantu untuk memperdalam pemahaman materi dan mengasah keterampilan praktis yang dibutuhkan di dunia kerja.

Koneksi Industri

Mengikuti Kelas Industri memberikan koneksi siswa dengan industri yang berharga. Sebab melalui kolaborasi perusahaan dan profesional industri memungkinkan siswa membangun hubungan yang dapat menjadi pintu gerbang untuk peluang magang, kerja sama proyek, atau bahkan pekerjaan penuh waktu di masa depan. Dengan kata lain, koneksi ini bisa menjadi aset berharga terhadap karir mereka.

Mengatarkan ke Jenjang Karir yang Lebih Baik

Dengan mengenal dunia industri sejak dini, siswa dapat membuat keputusan karir yang lebih reflektif. Pada program ini, mereka dapat mengeksplorasi berbagai bidang industri dan memahami persyaratan dan tantangan yang terlibat. Sehingga mereka dapat membuat keputusan yang tepat sesuai dengan minat dan keterampilan pribadi.

Dok. Tim Gamelab: Kelas Industri - Gamelab.ID

Tentang SMK Cipta Karya Prembun

SMK Cipta Karya Prembun terletak di Jalan Kutoarjo Kebumen KM 17, Tersobo, Kecamatan Prembun, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Saat ini sekolah tersebut telah memiliki banyak kejuruan untuk siswa. Sebagai berikut:

  • Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO)
  • Teknik Video Audio (TVA)
  • Multimedia (MM)

Dok. Tim Gamelab: SMK Cipta Karya Prembun - Gamelab.ID

Baca Juga : Kelas Industri SMKN 1 Lais Mendapat Binaan dari Gamelab Indonesia untuk Mempersiapkan Lulusan Menjadi Animator 3D

Kelas Industri di Gamelab Indonesia

Satu di antara banyaknya mitra industri yang siap membantu meningkatkan kualitas lulusan SMK adalah Gamelab Indonesia. Saat ini, Gamelab Indonesia telah beroperasi selama 12 tahun dan berkomitmen untuk memberikan pendidikan yang merata di Tanah Air. Berikut sekolah kejuruan yang bisa melaksanakan Kelas Industri Gamelab Indonesia:

Bidang Teknologi

  • Games Development
  • Web Front End Development
  • Web Back End Development
  • Apps Programming

Bidang Kreatif

  • 2D Design
  • 3D Design

Bidang Manajemen Bisnis

  • Digital Administration
  • Digital Marketing
  • Digital Accounting

Ayo bersama-sama menciptakan pengalaman belajar yang lebih baik, relevan, dan sesuai dengan kebutuhan industri saat ini. Kolaborasi ini tidak hanya akan memperkaya pembelajaran siswa, tetapi juga memberikan kontribusi positif bagi perkembangan pendidikan kejuruan di Indonesia. Mari bersinergi untuk membentuk masa depan pendidikan kejuruan yang lebih baik dengan Kelas Industri. Jika ada pertanyaan, bisa langsung hubungi Gamelab Indonesia.


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Rabu, 31 Januari 2024

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI