BERITA SMK SMK Jurusan Teknik Transmisi Telekomunikasi : Kompetensi Keahlian dan Prospek Kerjanya

SMK Jurusan Teknik Transmisi Telekomunikasi : Kompetensi Keahlian dan Prospek Kerjanya


#smk #telekomunikasi #vokasi
SMK Jurusan Teknik Transmisi Telekomunikasi : Kompetensi Keahlian dan Prospek Kerjanya

Jurusan Teknik Transmisi Telekomunikasi adalah salah satu jurusan di SMK yang mempelajari transmisi telekomunikasi, baik dari segi teknologi maupun penerapannya.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Jurusan Teknik Transmisi Telekomunikasi adalah salah satu jurusan di SMK yang mempelajari transmisi telekomunikasi, baik dari segi teknologi maupun penerapannya. Media yang digunakan untuk transmisi ini bisa dengan fiber optik, gelombang elektromagnetik, radio microwave dan satelit. Untuk mengetahui lebih detail mengenai SMK Jurusan Teknik Transmisi Telekomunikasi, simak artikel ini sampai selesai.

 

Kompetensi Keahlian (Mata Pelajaran Produktif)

Dengan slogan "SMK Bisa", Sekolah Menengah Kejuruan berusaha mencetak lulusannya agar siap kerja, baik di perusahaan maupun membuka lapangan kerja sendiri. Untuk mewujudkan slogan tersebut, siswa dibekali dengan mata pelajaran Kompetensi Keahlian (Mata Pelajaran Produktif) sesuai dengan Jurusan yang dipilih. Berikut adalah beberapa Mata Pelajaran Produktif untuk jurusan Teknik Transmisi Telekomunikasi :

 

  • Operasi dan Pemeliharaan Jaringan Utama 
    Pada mata pelajaran ini, siswa dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan instalasi kabel fiber optik, melakukan sistem operasi dan pemeliharaan dengan network management system, melakukan pengelolaan penanganan gangguan/fault handling, hingga melakukan perencanaan projek instalasi jaringan kabel fiber optik dan pengujian instalasi

 

  • Operasi dan Pemeliharaan Transmisi Kabel Laut
    Mata pelajaran ini membahas mengenai bagaimana menggunakan kabel dari hasil analisa sesuai dengan konstruksi, karakteristik dan spesifikasi jenis kabel laut. Selain mengoperasikan sistem proteksi koneksi pada jaringan kabel laut, siswa juga diajarkan bagaimana melakukan pemeliharaan pada transmisi kabel laut tersebut.

 

  • Operasi dan Pemeliharaan Transmisi Satelit
    Materi yang diajarkan pada Operasi dan Pemeliharaan Transmisi Satelit ini antara lain adalah mengoperasikan bagian-bagian penting (main equipment) pada stasiun bumi dan menggunakan teknologi IP satelit untuk komunikasi data. Selain itu juga akan diajarkan bagaimana mengoperasikan sistem teknologi VSAT untuk layanan data dan melakukan troubleshooting pada stasiun bumi.

 

  • Operasi dan Pemeliharaan Transmisi Radio
    Operasi dan Pemeliharaan Transmisi Radio antara lain membahas mengenai penggunaan modulasi analog pada radio teresterial (AM,FM,PM) dan indeks modulasi. Hingga melakukan instalasi dan pemeliharaan radio teknologi W-MAN dan W- WAN baik indoor dan outdoor.

 

  • Produk Kreatif dan Kewirausahaan
    Pada mata pelajaran ini para siswa SMK dibentuk untuk menjadi pribadi yang siap kerja. Materi yang dibahas antara lain bagaimana memahami karakteristik wirausahawan, memahami peluang usaha produk dan jasa, hingga proses pengajuan hak atas kekayaan intelektual. 
     

Prospek Kerja Lulusan SMK Jurusan Teknik Transmisi Telekomunikasi

Teknologi telekomunikasi hingga saat ini mengalami perkembangan yang cukup pesat. Maka dari itu diperlukan pula tenaga ahli untuk mengelola jaringan telekomunikasi tersebut. Berikut adalah beberapa peluang kerja bagi para lulusan SMK Jurusan Teknik Transmisi Telekomunikasi :

 

  • Teknisi Mekanik Radio
    Tugas dari serorang teknisi mekanik radio adalah menguji atau memperbaiki peralatan pemancar dan penerima sinyal frekuensi radio yang biasanya digunakan dalam servis kendaraan darurat.

 

  • Operator Radio
    Operator radio bertugas untuk  menerima dan mengirimkan komunikasi menggunakan peralatan telepon radio yang sesuai dengan peraturan pemerintah.

 

  • Wireless Engineer
    Tugas seorang wireless engineer ini meliputi instalasi, monitoring jaringan, hingga mengoptimasi jaringan wireless. 

 

  • Arsitek Jaringan Komputer
    Arsitek jaringan komputer bertugas untuk merancang dan mengimplementasikan jaringan komputer dan informasi, mulai jaringan area lokal (LAN), jaringan area luas (WAN), intranet, extranet, dan data jaringan komunikasi lainnya.

 

  • Teknisi Fiber Optik
    Teknisi fiber optik bertugas untuk melakukan instalasi fiber optic. Selain itu seorang teknisi fiber optik juga bertugas untuk melakukan troubleshooting atau melakukan analisa pada fiber optic.

 

Berbekal pendidikan selama tiga tahun mempelajari instalasi dan pengelolaan transmisi telekomunikasi, para siswa lulusan SMK Jurusan Teknik Transmisi Telekomunikasi tentu akan siap terjun di dunia industri. Terlebih saat ini perkembangan telekomunikasi berkembang dengan sangat pesat, sehingga peluang kerja untuk mereka pun terbuka luas.

 

Sumber :

https://rencanamu.id/cari-jurusan-sma-smk/teknik-transmisi-telekomunikasi


https://www.easyuni.co.id/telecommunication-engineering/


https://www.duniailkom.com/wp-content/uploads/2018/02/Ilustrasi-jaringan.jpg


 
 

 

 



 


Admin Kelas Industri

Admin Kelas Industri

Jumat, 20 November 2020