BERITA SMK SMK Jurusan TJAT : Pelajari Bagaimana Informasi Tersampaikan

SMK Jurusan TJAT : Pelajari Bagaimana Informasi Tersampaikan


#smk #tjat #vokasi
SMK Jurusan TJAT : Pelajari Bagaimana Informasi Tersampaikan

Jurusan Teknik Jaringan Akses Telekomunikasi mempelajari tentang bagaimana informasi dapat tersampaikan dari pengirim ke penerima, sehingga terjadi komunikasi antara kedua pihak.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Apa Itu TJAT (Teknik Jaringan Akses Telekomunikasi)?

Teknik Jaringan Akses Telekomunikasi merupakan salah satu jurusan di Sekolah Menengah  Kejuruan atau SMK. Jurusan ini mempelajari tentang bagaimana informasi dapat tersampaikan dari pengirim ke penerima, sehingga terjadi komunikasi antara kedua pihak. Media yang digunakan untuk berkomunikasi tersebut bisa dengan menggunakan kabel (tembaga, coaxial, fiber optik) maupun nirkabel (radio, gelombang mikro). Dengan program pendidikan 3 tahun kompetensi dasar yang diberikan antara lain adalah perakitan, pemrograman dan jaringan komputer. Kompetensi yang diberikan juga mengenai perencanaan jaringan, instalasi, operasi dan pemeliharaan. Selain itu dipelajari pula pengelolaan proyek jaringan akses telekomunikasi dan pengetahuan teknologi broadcasting.

Mengapa TJAT?

Kompetensi pada SMK Jurusan Teknik Jaringan Akses Telekomunikasi menuntut para siswa untuk bisa memahami, mengoperasikan hingga memelihara berbagai perangkat utama dan pendukung jaringan telekomunikasi. Seperti yang kita tahu bahwa teknologi telekomunikasi akan selalu berkembang. Bahkan saat ini banyak operator maupun perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi. Para siswa yang mengambil SMK Jurusan TJAT ini tentu akan selalu update tentang teknologi komunikasi. Peluang kerja untuk para lulusannya pun terbuka lebar. Berikut ini adalah beberapa peluang kerja untuk para lulusan SMK Jurusan Teknik Jaringan Akses Telekomunikasi :

  • Telecommunication Network Engineer/Network Administrator

Bidang pekerjaan ini bertugas untuk mengurusi jaringan komputer atau telekomunikasi di sebuah organisasi. Jaringan yang dikelola harus dapat berfungsi baik, stabil, dapat diakses atau digunakan oleh user, dan mendukung tujuan organisasi.

  • BTS Engineer

Seorang BTS Enginer bertugas untuk melakukan Maintenance dan Troubleshoot pada BTS

  • Wirausaha

Jika tidak ingin bekerja di perusahaan, para lulusan SMK Jurusan TJAT dapat menjadi seorang wirausaha. Misalnya sebagai produsen peralatan peralatan telekomunikasi, pemasaran peralatan telekomunikasi, atau jasa pengembangan jaringan data

Saat ini banyak fasilitas telekomunikasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Artinya, operator dan tenaga dengan keahlian Teknik Jaringan Akses Komunikasi juga akan banyak dibutuhkan. Jurusan ini cocok untuk kalian yang suka bekerja dengan perlengkapan elektronik dan tertantang menyelesaikan masalah.

Nah, dengan slogan "SMK Bisa!", siswa dipersiapkan agar kapabel, kompetitif dan siap kerja. Siswa SMK tidak hanya disuguhkan teori, akan tetapi juga praktek lapangan sesuai dengan bidang kejuruannya. Kami dari GAMELAB memiliki berbagai program kerjasama dengan SMK seperti pelatihan guru, pelatihan siap kerja, magang, kelas industri dan job matching. Adapun kami telah bekerja sama dengan lebih dari 30 SMK di seluruh Indonesia. Silakan jika SMK Anda berminat untuk kerjasama dengan kami, email ke support@gamelab.id atau WhatsApp ke https://wa.me/6281232596412

 

Sumber:

https://jaringanakses.wordpress.com/2016/05/24/apa-itu-teknik-jaringan-akses/

https://cdn.dnaindia.com/sites/default/files/styles/full/public/2018/01/31/646560-telecomsector-013118.jpg

 


Admin Kelas Industri

Admin Kelas Industri

Senin, 23 November 2020