BERITA UMUM Mendapat Pemahaman Langsung dari Trainer Expert, SMKN 1 Buahdua Sumedang Kunjungan Industri ke Educa Studio

Mendapat Pemahaman Langsung dari Trainer Expert, SMKN 1 Buahdua Sumedang Kunjungan Industri ke Educa Studio

Oleh Vincentius Dimas | Selasa, 20 Februari 2024

Mendapat Pemahaman Langsung dari Trainer Expert, SMKN 1 Buahdua Sumedang Kunjungan Industri ke Educa Studio

SMKN 1 Buahdua Kunjungan Industri ke PT. Educa Sisfomedia Indonesia. Lewat kegiatan ini, mereka memperoleh pengetahuan baru melalui seminar industri, berdiskusi dengan expert industri, serta eksplorasi karya Educa dan Gamelab.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Mendapat pemahaman secara langsung dari trainer expert, SMKN 1 Buahdua adakan Kunjungan Industri ke Educa Studio pada Selasa, 20 Februari 2024. Dalam kesempatan ini, sekolah asal Sumedang tersebut mengantarkan siswa-siswi pada jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ). Lalu untuk jumlah yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 90 siswa dan 10 guru.

Sebagai informasi, biasanya Kunjungan Industri dilaksanakan di Gamelab Indonesia akan tetapi pada kesempatan ini dialihkan ke Educa Studio karena tempat sebelumnya sedang dipakai kegiatan lainnya. Namun, pada intinya, Gamelab Indonesia dan Educa Studio masih berada dalam payung yang sama yakni PT. Educa Sisfomedia Indonesia.

Seminar Industri

Ketika tiba di Gamelab Indonesia, SMKN 1 Buahdua memulai kegiatan dengan Seminar Industri yang dipimpin oleh Kak Nia. Dalam seminar ini, mereka diperkenalkan dan diberikan pemahaman menyeluruh tentang industri. Pada kesempatan lain, Kak Nia juga menjelaskan visi, misi, dan budaya kerja yang diterapkan oleh PT. Educa Sisfomedia Indonesia. Setelah memahami visi dan misi industri tersebut, mereka juga diberikan informasi tentang kebutuhan dan keterampilan yang dibutuhkan dalam industri game dan animasi.

Selain itu, mereka juga diajarkan konsep dan proses produksi terkini dalam industri secara detail. Kak Nia biasanya menyajikan studi kasus untuk memberikan gambaran konkret tentang tantangan dan pencapaian industri. Dengan demikian, diharapkan mereka memperoleh pemahaman yang lebih mendalam dan relevan tentang perkembangan terbaru di industri game dan animasi.

Dok. Tim Gamelab: Seminar Industri - Gamelab.ID

Diskusi dengan Trainer Expert

Setelah seminar, kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi yang dipimpin oleh trainer expert dari Gamelab Indonesia, yakni Kak Galih Aulia dan Kak Candra Hendrawan. Dalam diskusi ini, siswa-siswa SMKN 1 Buahdua memiliki kesempatan untuk mendapatkan pemahaman yang menyeluruh tentang industri game dan animasi, karena para trainer memberikan penjelasan yang komprehensif mulai dari tahap awal proses hingga hasil akhir karya.

Tahapan yang dimaksud mencakup perencanaan, desain, pengkodean, pengujian, dan peluncuran produk. Harapannya, melalui diskusi ini, siswa-siswa dapat memahami berbagai tahapan yang menjadi fokus utama industri dalam menciptakan produk, serta memperoleh pengetahuan praktis yang dapat diterapkan untuk mengejar karier di bidang pilihannya masing-masing.

Dok. Tim Gamelab: Diskusi dengan Trainer Expert - Gamelab.ID

Eksplorasi Karya Game

Setelah diskusi dengan Kak Galih Aulia dan Kak Candra Hendrawan, momen yang sangat dinantikan oleh peserta Kunjungan Industri adalah saat Eksplorasi Karya Industri. Pada tahap ini, mereka diperkenankan mencoba hasil karya Virtual Reality (VR) dari Educa Studio. Tak hanya itu, mereka juga diberi peluang untuk menjelajahi berbagai karya animasi yang dihasilkan oleh peserta Program Magang/PKL dan Kelas Industri di Gamelab Indonesia.

Dengan demikian, dalam tahap eksplorasi ini, mereka dapat merasakan pengalaman bermain sambil mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang keterampilan dan inovasi dalam dunia animasi dan game. Selain itu, mereka juga berkesempatan untuk menilai kreativitas dan kualitas karya yang dihasilkan oleh industri, yang bisa menjadi sumber inspirasi dan panduan bagi mereka dalam mengembangkan bakat mereka sendiri.

Dok. Tim Gamelab: Eksplorasi Karya Game - Gamelab.ID

Tentang SMKN 1 Buahdua Sumedang

SMKN 1 Buahdua terletak di Jalan Raya Bojongloa, Kecamatan Buahdua, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Saat ini sekolah tersebut telah memiliki beberapa jurusan, sebagai berikut:

  • Teknik Ototronik
  • Teknik Kendaraan Ringan Otomotif (TKRO)
  • Bisnis Daring dan Pemasaran (BDPM)
  • Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)
  • Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL).

Dok. Tim Gamelab: SMKN 1 Buahdua Sumedang - Gamelab.ID

Baca Juga : Eksplorasi Hasil Karya Industri Kreatif, SMKS Pesantren Ciwaringin Kunjungan Industri ke Gamelab Indonesia

Tentang PT. Educa Sisfomedia Indonesia

PT. Educa Sisfomedia Indonesia saat ini mengelola tiga divisi bisnis utama, yaitu Educa Studio, Gamelab Indonesia, dan Educa Academy. Ketiga entitas ini memiliki visi sejalan dalam mengembangkan bidang pendidikan dan teknologi digital.

Gamelab Indonesia telah berhasil memperkenalkan beberapa program seperti Magang/PKL, Prakerja, Kelas Industri, Teacher Factory (TeFa), Uji Kompetensi Keahlian (UKK), dan Bootcamp. Di sisi lain, Educa Studio bertanggung jawab atas aspek kreatif dalam menciptakan permainan digital dan animasi edukatif untuk anak-anak, termasuk Marbel (Mari Belajar), Kabi (Kisah Teladan Nabi), Kolak (Lagu Anak Indonesia), dan Riri Cerita Anak Interaktif. Sedangkan, Educa Academy menfokuskan pada pelatihan dan peningkatan kompetensi bagi para pendidik atau guru.

Jika kamu tertarik untuk mengadakan Kunjungan Industri serupa dengan yang dilakukan oleh SMKN 1 Buahdua, kamu bisa mengajak sekolah atau kampus kamu untuk bekerja sama dengan Gamelab Indonesia. Kerja sama ini tentunya memberikan berbagai keuntungan, termasuk pemahaman yang mendalam tentang industri, pengetahuan baru tentang peralatan industri modern, dan manfaat lainnya. Mari segera menyelenggarakan Kunjungan Industri yang menarik dan bermanfaat bersama Gamelab Indonesia!


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Selasa, 20 Februari 2024

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI