BERITA UMUM Pembukaan: Gamelab Indonesia dan BAPPEDA Salatiga Berkolaborasi untuk Meningkatkan UMKM Wilayah Salatiga, Go Internasional!

Pembukaan: Gamelab Indonesia dan BAPPEDA Salatiga Berkolaborasi untuk Meningkatkan UMKM Wilayah Salatiga, Go Internasional!

Oleh Vincentius Dimas | Selasa, 20 Februari 2024

Pembukaan: Gamelab Indonesia dan BAPPEDA Salatiga Berkolaborasi untuk Meningkatkan UMKM Wilayah Salatiga, Go Internasional!

Gamelab Indonesia dan BAPPEDA Salatiga bekerja sama demi meningkatkan UMKM di wilayah Salatiga. Mari ketahui tujuan kerja sama ini dalam artikel berikut!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Gamelab Indonesia dan BAPPEDA Salatiga bekerja sama untuk mendukung Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM) di wilayah Salatiga untuk dapat mencapai pasar Go International. Kerja sama ini nantinya akan berlangsung dua hari pada 20 & 21 Februari 2024 di Gamelab Salatiga.

Tentang Kegiatan (Hari Pertama)

Kegiatan ini akan berisikan pembahasan seputar strategi pemasaran, manajemen keuangan yang efektif, teknik produksi yang inovatif, pembuatan website untuk bisnis, dan masih banyak lagi. Tentunya setiap topik disajikan dengan cara yang menarik dan mudah dipahami, sehingga para peserta dapat langsung mengaplikasikan pengetahuan yang mereka dapatkan ke dalam usaha mereka. Berikut topik pembahasannya sekaligu nama-nama pemapar materi dari Gamelab Indonesia:

  • Entrepreneur Mindset dan CRM - Andi Taru NNW S.Kom, M.Cs. (CEO PT. Educa Sisfomedia Indonesia)
  • Website untuk Menunjang Bisnis - Lydia Nuari Dewi, S.Pd. (Leader Tim Kurikulum)
  • Akuntansi untuk Menunjang Bisnis - Verlina Anggita Kartika P, S.E. (Trainer Expert)

Tentu selama kegiatan berlangsung bukan berarti para peserta seperti mendengarkan ceramah, melainkan mereka diberi kesempatan juga untuk aktif terlibat pada diskusi dan sesi tanya jawab. Menariknya, mereka banyak yang membagikan pengalaman dan ide-ide mereka sendiri, sehingga terciptanya suasana kolaboratif yang memacu pertumbuhan bersama. Selain itu, para peserta juga diberikan kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan para pembicara, supaya mereka dapat memperoleh wawasan yang lebih mendalam tentang topik-topik yang dibahas.

Dok. Tim Gamelab: Kegiatan Hari Pertama - Gamelab.ID

Tujuan Kerja Sama BAPPEDA Salatiga dan Gamelab Indonesia

Kegiatan yang diinisiasi oleh BAPPEDA Salatiga dan Gamelab Indonesia memiliki tujuan yang jelas dan optimis yakni membantu para UMKM di wilayah Salatiga untuk mencapai kesuksesan dan meraih panggung global. Pertama-tama, tujuan utama kegiatan ini adalah meningkatkan pemahaman dan keterampilan para UMKM dalam berbagai aspek bisnis, seperti manajemen, pemasaran, produksi, dan keuangan. Maka, harapannya, para UMKM dapat meningkatkan daya saing mereka di pasar lokal maupun internasional.

Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk membuka peluang-peluang baru bagi para UMKM Salatiga untuk ekspansi ke pasar internasional. Maka dengan memberikan akses kepada mereka terhadap pengetahuan dan sumber daya yang diperlukan untuk memasuki pasar global, diharapkan para UMKM mampu mengembangkan bisnis mereka secara signifikan dan menjadi pemain yang berpengaruh di tingkat internasional.

Selain fokus pada pengembangan bisnis secara individu, kegiatan ini juga bertujuan untuk membangun jaringan dan kolaborasi antara para UMKM. Hal ini memungkinkan terjadi karena selama kegiatan hari pertama adanya sesi diskusi. Dengan begitu, para UMKM dapat memperkuat satu sama lain dan menciptakan ekosistem bisnis yang lebih kuat di Salatiga.

Terakhir, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Salatiga secara keseluruhan. Mak dengan membantu para UMKM untuk tumbuh dan berkembang, diharapkan terciptanya lapangan kerja baru dan pendapatan yang lebih tinggi bagi masyarakat, sehingga kontribusi mereka terhadap ekonomi lokal dapat semakin besar.

Dok. Tim Gamelab: Para Peserta UMKM - Gamelab.ID

Baca Juga : Kunjungan Industri SMK Muhammadiyah 7 Sambung Macan Sragen ke Gamelab Indonesia

Pentingnya UMKM dalam Perekonomian Indonesia

UMKM memiliki peran yang sangat penting dalam perekonomian Indonesia. Ibarat kata, mereka seperti tulang punggung ekonomi yang berkontribusi secara signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan kerja, dan distribusi pendapatan di seluruh negeri. 

Menurut informasi yang disajikan oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kementerian KUKM) pada tahun 2021, jumlah pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia mencapai 64,2 juta, dengan kontribusi terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 61,07 persen atau setara dengan Rp8.573,89 triliun. Lebih dari itu, UMKM mampu menyerap sekitar 97 persen dari total angkatan kerja dan juga berhasil menghimpun sekitar 60,4 persen dari total investasi di Indonesia. Dengan demikian, berdasarkan data tersebut, Indonesia menunjukkan potensi ekonomi nasional yang kuat berkat jumlah UMKM yang besar dan kemampuannya dalam menyerap tenaga kerja.

Selain kontribusinya terhadap pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan kerja, dan distribusi pendapatan, UMKM juga memiliki peran penting dalam memperkuat ketahanan ekonomi negara. Sebab mereka memiliki fleksibilitas yang lebih besar dalam menghadapi perubahan ekonomi dan pasar, serta mampu beradaptasi dengan cepat terhadap tantangan dan perubahan yang terjadi.

Secara keseluruhan, UMKM memainkan peran yang krusial dalam perekonomian Indonesia. Jadi mereka bukan hanya menjadi motor penggerak pertumbuhan ekonomi, tetapi juga merupakan sumber daya yang tak ternilai dalam menciptakan lapangan kerja, menyebarkan pendapatan, dan memperkuat ketahanan ekonomi negara. Oleh karena itu, dukungan dan pembinaan terhadap UMKM harus terus ditingkatkan untuk memastikan bahwa mereka dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi yang positif bagi perekonomian Indonesia.

Kabar baiknya, Prakerja 2024 akan segera dibuka dan Gamelab Indonesia turut berpartisipasi sebagai salah satu lembaga pelatihan. Ringkasnya, program tersebut membawa banyak keuntungan karena kamu bisa optimasi skill tanpa harus mengeluarkan uang. Yuk, ketahui kelas marketing yang ada pada Kelas Prakerja di Gamelab Indonesia!


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Selasa, 20 Februari 2024

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI