BERITA SMK SMK Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran : Kompetensi dan Prospek Kerjanya

SMK Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran : Kompetensi dan Prospek Kerjanya

Oleh Gamelab.Id | Rabu, 25 November 2020

SMK Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran : Kompetensi dan Prospek Kerjanya

Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran merupakan jurusan yang mempelajari keilmuan dan praktik tentang bidang pemasaran dan pengembangan bisnis online melalui media Internet.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

SMK Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran atau  BDP merupakan salah satu Kompetensi Keahlian pada Program Keahlian Bisnis dan Pemasaran.  Jurusan ini mempelajari keilmuan dan praktik tentang bidang pemasaran dan pengembangan bisnis online melalui media Internet.

Selama 3 tahun pembelajaran, siswa akan diajarkan bagaimana cara untuk menganalisa pasar dan menemukan peluang bisnis di dalamnya. Siswa juga akan dibekali agar mampu menggunakan media online seperti situs web maupun media sosial sebaik mungkin, sehingga para siswa diharapkan mampu menggunakannya sebagai e-commerce.

Materi Apa Saja yang Diajarkan di SMK Jurusan BDP?

Mengenal jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran (BDP)

Selain Muatan Nasional dan Muatan Kewilayahan, di SMK tentu juga diajarkan  mata pelajaran Muatan Peminatan Kejuruan sesuai Kompetensi Keahlian yang diambil. Berikut adalah mata pelajaran Muatan Peminatan Kejuruan pada Kompetensi Keahlian (Mata Pelajaran Produktif) di SMK Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran.

  • Penataan Produk

    Mata pelajaran ini membahas mengenai cara mengelompokkan barang sesuai dengan jenis dan kegunaan. Pengelompokan tersebut tentu juga dengan memperhatikan keindahan untuk menarik minat konsumen agar membeli produk tersebut. Dalam pengelompokan produk siswa juga dituntut untuk benar-benar memahami spesifikasi produk tersebut.
  • Bisnis Online

    Pada mata pelajaran Bisnis Online siswa dibekali dengan bagaimana cara pemasaran melalui internet. Pemasaran tersebut bisa dengan situs web atau memanfaatkan sosial media yang ada. Dengan berbisnis online tentunya akan lebih mudah dan tidak membutuhkan banyak biaya. Misalnya biaya untuk menyewa ruko, membeli stok barang, membayar karyawan dan lain sebagainya.
  • Pengelolaan Bisnis Ritel

    Pengelolaan bisnis ritel mempelajari bagaimana pengaturan keseluruhan faktor yang berpengaruh dalam proses perdagangan ritel. Misalnya faktor yang mempengaruhi perdagangan langsung barang dan jasa kepada konsumen.
  • Administrasi Transaksi

    Dalam Administrasi Transaksi siswa dibekali agar dapat melakukan pencatatan keuangan secara rapi dan terstruktur, sehingga hasil pencatatan tersebut mudah dipahami.
  • Produk Kreatif Kewirausahaan 

    Pada mata pelajaran ini para siswa SMK dibentuk untuk menjadi pribadi yang siap kerja. Materi yang dibahas antara lain bagaimana memahami karakteristik wirausahawan, memahami peluang usaha produk dan jasa, hingga proses pengajuan hak atas kekayaan intelektual.
Baca Juga : Ekplorasi Game VR dan Animasi, SMK PGRI 1 Ponorogo Kunjungan ke Gamelab Indonesia

Prospek Kerja SMK Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran

Dengan berbekal pengetahuan dan keterampilan selama masa pendidikan, berikut adalah beberapa prospek kerja untuk siswa lulusan SMK Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran :

  1. tenaga pemasaran
  2. pramuniaga (tenaga penjual)
  3. tenaga pembelian
  4. pengelola gudang
  5. kasir
  6. tenaga administrasi penjualan dan pembelian
  7. perantara dagang
  8. sosial media marketing
  9. wiraswasta

Dengan era serba digital seperti saat ini, transaksi jual beli pun dilakukan secara online. Barang yang dijual pun beragam, mulai dari makanan, fashion, elektronik, kosmetik dan masih banyak. Tentunya para lulusan SMK Jurusan Bisnis Daring dan Pemasaran akan sangat dibutuhkan. Bahkan jika tidak ingin bekerja di perusahaan tertentu, mereka bisa ber wiraswasta.

Nah, dengan slogan "SMK Bisa!", siswa dipersiapkan agar kapabel, kompetitif dan siap kerja. Siswa SMK tidak hanya disuguhkan teori, akan tetapi juga praktek lapangan sesuai dengan bidang kejuruannya. Kami dari GAMELAB memiliki berbagai program kerjasama dengan SMK seperti pelatihan guru, pelatihan siap kerja, magang, kelas industri dan job matching. Adapun kami telah bekerja sama dengan ratusan SMK dan perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Silakan jika SMK Anda berminat untuk kerjasama dengan kami, email ke support@gamelab.id atau WhatsApp ke https://wa.me/6281232596412

 


Referensi:

https://pakimam.com/mengenal-jurusan-bisnis-daring-dan-pemasaran/

https://www.kosingkat.id/2019/12/pengertian-bisnis-daring-dan-pemasaran.html

https://www.markombur.com/2020/03/mata-pelajaran-jurusan-bisnis-daring.html

https://dwynmedia.com/wp-content/uploads/2019/11/pelatihan-digital-marketing-ukm.jpg

 


Gamelab.Id

Gamelab.Id

Rabu, 25 November 2020

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI