BERITA UMUM Mengetahui Budaya Kerja Industri Kreatif Sejak Dini, SMPN 3 Satu Atap Miri Seminar Industri ke Gamelab Indonesia

Mengetahui Budaya Kerja Industri Kreatif Sejak Dini, SMPN 3 Satu Atap Miri Seminar Industri ke Gamelab Indonesia

Oleh Vincentius Dimas | Kamis, 22 Februari 2024

Mengetahui Budaya Kerja Industri Kreatif Sejak Dini, SMPN 3 Satu Atap Miri Seminar Industri ke Gamelab Indonesia

SMPN 3 Satu Atap Miri Seminar Industri ke PT. Educa Sisfomedia Indonesia. Lewat kegiatan ini, mereka memperoleh pengetahuan baru melalui seminar industri, berdiskusi dengan expert industri, serta eksplorasi karya Educa dan Gamelab.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Mengetahui budaya kerja industri kreatif sejak dini, SMPN 3 Satu Atap Miri mengadakan Seminar Industri ke Gamelab Indonesia pada Rabu, 21 Februari 2024. Kegiatan berlangsung dengan penuh sukacita dengan total peserta yang mengikuti sebanyak 49 siswa dan 5 guru. Perlu diketahui, Kunjungan Industri merupakan kegiatan yang memberikan gambaran tentang bagaimana proses industri menciptakan sebuah karya. Mari simak lebih lanjut untuk mengetahui keseruan kegiatan yang penuh manfaat ini melalui artikel berikut.

Seminar Industri

Ketika sampai di Gamelab Indonesia, SMPN 3 Satu Atap Miri memulai kegiatannya dengan menghadiri Seminar Industri bersama Kak Nia. Dalam seminar tersebut, mereka dikenalkan dan diberikan pemahaman menyeluruh tentang industri. Kak Nia menjelaskan visi, misi, dan budaya kerja yang diterapkan oleh PT. Educa Sisfomedia Indonesia. Setelah memahami visi dan misi industri, mereka juga diberikan informasi tentang kebutuhan dan keterampilan yang dibutuhkan dalam industri kreatif atau game dan animasi.

Selain itu, mereka diajarkan tentang konsep dan proses produksi terkini dalam industri dengan rinci. Lalu, Kak Nia juga menyajikan studi kasus untuk memberikan gambaran konkret tentang tantangan dan pencapaian dalam industri tersebut. Dengan demikian, diharapkan mereka dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam dan relevan tentang perkembangan terbaru di industri game dan animasi.

Dok. Tim Gamelab: Seminar Industri - Gamelab.ID

Diskusi Daring dengan Trainer Ahli Industri

Setelah seminar, kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi daring bersama trainer dari Gamelab Indonesia, yaitu Kak Candra Hendrawan. Dalam diskusi ini, siswa SMPN 3 Satu Atap Miri memiliki kesempatan untuk memperoleh pemahaman menyeluruh tentang industri game dan animasi. Sebab trainer memberikan penjelasan yang komprehensif mulai dari tahap awal proses hingga hasil akhir karya.

Tahapan proses yang dimaksud melibatkan perencanaan, desain, pengkodean, pengujian, dan peluncuran produk. Dengan demikian, harapannya, melalui diskusi ini mereka dapat memahami berbagai tahapan yang menjadi fokus utama industri dalam menciptakan produk, serta memperoleh pengetahuan praktis yang dapat diterapkan untuk mengejar karier di bidang pilihan mereka masing-masing.

Dok. Tiim Gamelab: Diskusi Daring dengan Trainer - Gamelab.ID

Eksplorasi Karya Industri

Setelah berpartisipasi dalam diskusi daring dengan Kak Candra Hendrawan, momen yang paling dinantikan oleh peserta Seminar Industri adalah Eksplorasi Karya Industri. Dalam sesi ini, mereka dapat mencoba hasil karya game Virtual Reality (VR) dari Educa Studio. Selain itu, mereka juga diberi kesempatan untuk menjelajahi berbagai karya animasi yang dihasilkan oleh peserta Program Magang/PKL dan Kelas Industri di Gamelab Indonesia.

Dengan demikian, dalam sesi eksplorasi ini, mereka dapat merasakan pengalaman bermain sambil mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang keterampilan dan inovasi dalam dunia animasi dan game. Selain itu, mereka juga memiliki kesempatan untuk mengevaluasi kreativitas dan kualitas karya yang dihasilkan oleh industri, sehingga dapat menjadi sumber inspirasi dan panduan bagi mereka untuk mengembangkan bakat mereka sendiri.

Dok. Tim Gamelab: Eksplorasi Karya Industri - Gamelab.ID

Tentang SMPN 3 Satu Atap Miri

SMPN 3 Satu Atap Miri terletak di Jalan Sumberjo, Gilirejo Baru, Miri, Kota Sragen, Jawa Tengah. Perlu diketahui, sekolah tersebut merupakan salah satu lembaga pendidikan yang dikenal dengan reputasi unggulnya dalam mencetak siswa-siswa yang cerdas dan interaktif. Di tengah pesona pedesaan yang memikat, sekolah ini juga menjadi oase pengetahuan bagi para pelajar di sekitarnya.

Ditambah, lingkungan yang kondusif dan fasilitas yang memadai, SMPN 3 Satu Atap Miri menjadi tempat yang memperkaya potensi akademik dan kreatif bagi siswanya. Maka keberhasilan sekolah ini tidak hanya tercermin dari prestasi akademik, tetapi juga dari semangat kolaboratif yang mewarnai interaksi di antara siswa-siswanya. Dengan demikian, SMPN 3 Satu Atap Miri bukan hanya sekadar lembaga pendidikan, melainkan juga menjadi wadah pengembangan diri dan kreativitas bagi generasi muda lainnya.

Dok. Tim Gamelab: SMPN 3 Satu Atap Miri - Gamelab.ID

Baca Juga : Serunya Kunjungan Industri, Buktinya SMKN 1 Majalengka Kunjungan Kali Ketiga ke Gamelab Indonesia

Tentang PT. Educa Sisfomedia Indonesia

Educa Sisfomedia Indonesia saat ini mengelola tiga divisi bisnis, yakni Educa Studio, Gamelab Indonesia, dan Educa Academy. Ketiga bisnis tersebut memiliki visi yang sejalan dalam mengembangkan sektor pendidikan dan teknologi digital.

Sebaga tambahan informasi, Gamelab Indonesia telah berhasil memperkenalkan serangkaian program seperti Magang/PKL, Prakerja, Kelas Industri, Teacher Factory (TeFa), Uji Kompetensi Keahlian (UKK), dan Bootcamp. Sementara itu, Educa Studio bertanggung jawab atas pengembangan aspek kreatif dalam menciptakan permainan digital dan animasi edukatif untuk anak-anak, termasuk Marbel (Mari Belajar), Kabi (Kisah Teladan Nabi), Kolak (Lagu Anak Indonesia), dan Riri Cerita Anak Interaktif. Di sisi lain, Educa Academy memberikan fokus pada pelatihan dan peningkatan kompetensi bagi pendidik atau guru.

Apakah kamu mulai tertarik untuk mengikuti Seminar Industri? Jika kamu ingin merasakan pengalaman serupa dengan SMPN 3 Satu Atap Miri, segera ajak sekolah atau kampus kamu untuk berkolaborasi dengan Gamelab Indonesia. Kerja sama ini tentu memberikan sejumlah keuntungan, termasuk pemahaman mendalam tentang dunia industri, pengetahuan baru mengenai peralatan industri modern, dan manfaat lainnya. Yuk, buruan mengadakan Kunjungan Industri yang menarik dan bermanfaat bersama Gamelab Indonesia!


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Kamis, 22 Februari 2024

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI