BERITA SMK SMK Jurusan Retail : Retail Is Detail

SMK Jurusan Retail : Retail Is Detail


#smk #retail #vokasi
SMK Jurusan Retail : Retail Is Detail

SMK Jurusan Retail akan membekali siswa dengan keahlian untuk dapat terjun ke bisnis retail secara keseluruhan. Jika kalian memiliki kreativitas, ketelitian, dan detail dalam setiap aktivitas, maka SMK Jurusan Retail ini sangat cocok untuk kalian.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Pengertian Bisnis Retail

Retail atau ritel adalah aktivitas penjualan atau penawaran barang dan jasa secara langsung kepada konsumen akhir. Barang dan jasa yang didapatkan konsumen tersebut dipergunakan untuk keperluan atau konsumsi pribadi, bukan untuk dijual kembali. Retail dikenal juga dengan istilah bisnis eceran. Pengecer atau retailer akan membeli sejumlah barang dari produsen utama atau grosir besar untuk dijual kembali kepada konsumen yang membeli dalam jumlah kecil atau satuan. Retailer akan menetapkan tambahan harga tertentu untuk memperoleh keuntungan. Bisnis retail berdasarkan barang yang dijual dibagi menjadi jenis berikut ini :

  • Hypermarket
    Menjual semua jenis produk dengan area penjualan yang luas dan menggunakan konsep pertokoan besar.
  • Supermarket
    Menjual produk primer atau pokok, seperti makanan, daging dan produk-produk makanan lainnya.
  • Minimarket
    Menjual produk-produk kebutuhan pokok/primer dengan area penjualan yang relatif lebih kecil. Setiap pembeli dapat mengambil sendiri barang yang diperlukan dan melakukan pembayaran di kasir.
  • Department Store
    Menyediakan beberapa layanan seperti layanan pelanggan, menyediakan produk-produk untuk kebutuhan sandang konsumen.
  • Convenience Store
    Jenis usaha ritel yang buka 24 jam dan menjual produk-produk ready to eat seperti snack dan roti, serta menyediakan fasilitas yang dapat memuaskan pelanggan seperti WiFi.
  • Speciality Store
    Jenis usaha ritel yang menjual produk-produk khusus seperti, apotek, peralatan optik, buku, dan lain-lain.

Kompetensi Keahlian SMK Jurusan Retail

SMK Jurusan Retail akan membekali siswa dengan keahlian untuk dapat terjun ke bisnis retail secara keseluruhan. Dengan proses bisnis yang cukup kompleks, tentunya banyak hal yang harus dipelajari selama 3 tahun pembelajaran siswa di SMK Jurusan Retail. Berikut adalah mata pelajaran Kompetensi Keahlian (Mata Pelajaran Produktif) untuk SMK Jurusan Retail :

  • Pengemasan dan Pengiriman Produk
    Materi pokok yang diajarkan dalam mata pelajaran ini adalah bagaimana melakukan pengemasan dan pengiriman barang sesuai prosedur. Mulai dari proses pengelompokan produk, melakukan promosi barang dan jasa, melakukan teknik pembayaran, melakukan penyerahan atau pengiriman produk, juga membuat administrasi untuk dokumen yang dibutuhkan pada seluruh proses tersebut.
  • Customer Service
    Mata pelajaran Customer Service ini menekankan tentang memberikan pelayanan kepada konsumen secara profesional. Siswa harus dapat melakukan tugas dan fungsi customer service sesuai prosedur, melakukan komunikasi yang baik dengan pelanggan, mengukur kepuasan pelanggan, hingga merancang program loyalitas pelanggan.
  • Pengelolaan Bisnis Ritel
    Pengelolaan Bisnis Retail merupakan mata pelajaran yang membahas mengenai konsep dan struktur dasar bisnis retail. Mulai dari pengertian bisnis retail, unsur bisnis retail, karakteristik bisnis retail, paradigma bisnis retail diajarkan di sini. Siswa diajarkan pula bagaimana melakukan pengelolaan bisnis retail yang baik.
  • Visual Merchandising
    Mata pelajaran Visual Merchandising membekali siswa agar dapat melakukan penataan atau presentasi produk secara menarik dan jelas agar konsumen tertarik untuk membeli. Secara teknis siswa diajarkan untuk melakukan pemajangan/penataan produk di rak secara tepat.
  • Produk Kreatif dan Kewirausahaan
    Pada mata pelajaran ini para siswa SMK dibentuk untuk menjadi pribadi yang siap kerja. Materi yang dibahas antara lain bagaimana memahami karakteristik wirausahawan, memahami peluang usaha produk dan jasa, hingga proses pengajuan hak atas kekayaan intelektual.

Peluang Kerja SMK Jurusan Retail

Selain mendapatkan pendidikan secara teori, siswa SMK Jurusan Retail juga dilatih untuk siap kerja setelah lulus. Dengan kegiatan Prakerin (Paktek Kerja Industri) atau magang, siswa akan dilatih untuk terjun langsung di bidang retail dengan ditempatkan di industri retail yang ada. Misalnya penempatan di supermarket, minimarket, department store, dan lain sebagainya. Harapannya siswa dapat memahami dengan lebih detail proses bisnis retail. Berikut ini adalah beberapa peluang kerja untuk para lulusan SMK Jurusan Retail :

  • Konsultan Retail
    Seorang konsultas retail harus memiliki kemampuan menganalisis peluang bisnis di bidang ritel. Konsultan retail ini membantu seseorang mulai dari yang ingin membangun toko, mengembangkannya hingga membantu pengusaha meningkatkan penghasilannya dari bisnis tersebut.
  • Kasir
    Kasir bertugas untuk membuat pembukuan, laporan keuangan neraca laba rugi, mengoperasikan mesin cash register yang biasa digunakan kasir pada umumnya. Karena berkutat pada uang, tentunya dibutuhkan pula orang yang jujur dan teliti sebagai tenaga kasir ini.
  • Tenaga Pemasaran
    Tenaga pemasaran ini memiliki tugas untuk merencanakan produk, menetapkan harga, merencanakan promosi, hingga melayani konsumen.
  • Pramuniaga (Tenaga Penjual)
    Tugas tenaga penjual atau lebih dikenal dengan pramuniaga antara lain adalah mendata barang yang ada, mendisplay barang, mempromosikan barang dagangan, mengepak produk, dan membuat laporan tentang penjualan.
  • Tenaga Pembelian
    Tenaga pembelian bertanggung jawab untuk memastikan kebutuhan perusahaan yang harus dibeli,  memastikan bahwa barang tiba dengan kondisi baik dan tiba tepat waktu, hingga melakukan dokumentasi Invoice, Faktur, dan Purchase Order / Work Order.
  • Pengelola Gudang
    Pengelola gudang bertugas untuk memastikan seluruh penerimaan barang, penyimpanan, dan pengiriman barang dari gudang berjalan sesuai prosedur dan dilengkapi dengan dokumen pendukung yang tepat. 
  • Perantara Dagang
    Perantara dagang bertugas untuk menghubungkan antara produsen dengan konsumen. Dengan bantuan perantara dagang ini, produsen adapat menjual produknya secara tepat ke konsumen yang membutuhkan, demikian juga sebaliknya.
  • Wiraswasta
    Dengan slogan "SMK Bisa!" lulusan SMK Jurusan Retail tidak harus bekerja di perusahaan tertentu. Mereka bisa membuka peluang kerja sendiri. Misalnya bagi lulusan SMK Jurusan Retail mereka bisa membuka toko kelontong dan mengembangkan usaha tersebut.

Jika dilihat dari pembahasan di atas, kegiatan retail sangat menarik untuk dipelajari. Tentunya akan menarik untuk mempelajari bagaimana produk dapat terjual ke konsumen sesuai prosedur yang benar. Sebenarnya kegiatan retail ini hanya "bisnis recehan" karena mengambil sedikit keuntungan dari setiap barang yang dijual. Namun akumulasi berbagai nilai yang relatif kecil atau sedikit tersebut pada akhirnya akan menghasilkan keuntungan yang besar jika ditekuti dengan teliti. Dengan kebutuhan konsumsi masyarakat yang tidak akan ada habisnya, bisnis retail ini pun akan terus berkembang. Tentunya dibutuhkan sumber daya atau tenaga yang cocok di bisnis bidang retail ini. Peluang kerja para lulusan SMK Jurusan Retail akan terbuka lebar. Jika kalian memiliki kreativitas, ketelitian, dan detail dalam setiap aktivitas, maka SMK Jurusan Retail ini sangat cocok untuk kalian, karena "Retail Is Detail".

Nah, dengan slogan "SMK Bisa!", siswa dipersiapkan agar kapabel, kompetitif dan siap kerja. Siswa SMK tidak hanya disuguhkan teori, akan tetapi juga praktek lapangan sesuai dengan bidang kejuruannya. Kami dari GAMELAB memiliki berbagai program kerjasama dengan SMK seperti pelatihan guru, pelatihan siap kerja, magang, kelas industri dan job matching. Adapun kami telah bekerja sama dengan lebih dari 30 SMK di seluruh Indonesia. Silakan jika SMK Anda berminat untuk kerjasama dengan kami, email ke support@gamelab.id atau WhatsApp ke https://wa.me/6281232596412

 

Sumber :

https://aksaragama.com/bisnis/apa-itu-retail/

https://blog.ruangguru.com/smk-kelas-11-konsep-dan-struktur-dasar-bisnis-ritel

https://www.world-today-news.com/big-discount-today-remember-you-must-shop-as-needed-okezone-economy/

https://accurate.id/marketing-manajemen/15-strategi-bisnis-ritel/


Admin Kelas Industri

Admin Kelas Industri

Jumat, 27 November 2020