BERITA KUNJUNGAN INDUSTRI Mencoba Game Animasi Interaktif, SMKN 3 Pamekasan Kunjungan Industri ke Gamelab Indonesia

Mencoba Game Animasi Interaktif, SMKN 3 Pamekasan Kunjungan Industri ke Gamelab Indonesia

Oleh Vincentius Dimas | Jumat, 8 Maret 2024

Mencoba Game Animasi Interaktif, SMKN 3 Pamekasan Kunjungan Industri ke Gamelab Indonesia

SMKN 3 Pamekasan Kunjungan Industri ke PT. Educa Sisfomedia Indonesia. Lewat kegiatan ini, mereka memperoleh pengetahuan baru melalui seminar industri, berdiskusi dengan expert industri, serta eksplorasi karya Educa dan Gamelab.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Mencoba game animasi interaktif, SMKN 3 Pamekasan mengadakan Kunjungan Industri ke Gamelab Indonesia pada Jumat, 8 Maret 2024. Dalam kesempatan ini, sekolah asal Jawa Timur tersebut mengantarkan siswa-siswinya jurusan Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim (PPLG) dan Desain Komunikasi Visual (DKV) untuk mengeksplorasi karya Educa Studio dan Gamelab Indonesia. Lalu yang hadir dalam kegiatan ini sebanyak 66 siswa 10  guru.

Sebagai tambahan informasi, Kunjungan Industri ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa-siswi SMKN 3 Pamekasan tentang proses pembuatan karya dalam industri kreatif. Dengan demikian, mereka bisa mendapatkan pembelajaran dan pengalaman yang relevan dan harapannya dapat diaplikasikan di sekolah atau dunia pendidikan.

Seminar Industri

Ketika sampai di Gamelab Indonesia, siswa-siswi SMKN 3 Pamekasan menghadiri Seminar Industri yang dipimpin oleh Kak Nia. Dalam acara tersebut, mereka diperkenalkan dengan gambaran menyeluruh tentang industri. Kak Nia menyampaikan visi, misi, dan budaya kerja yang diterapkan oleh PT. Educa Sisfomedia Indonesia. Setelah memahami visi dan misi industri, mereka juga diberikan pemahaman tentang kebutuhan dan keterampilan yang dibutuhkan dalam industri game dan animasi.

Selain itu, Kak Nia juga memberikan studi kasus untuk memberikan gambaran konkret tentang tantangan dan pencapaian yang dihadapi oleh industri. Dengan demikian, diharapkan mereka dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam dan relevan tentang perkembangan terbaru dalam industri game dan animasi.

Dok. Tim Gamelab: Seminar Industri - Gamelab.ID

Diskusi dengan Trainer Expert

Setelah seminar, kegiatan berlanjut dengan diskusi bersama Kak Shoiful Umam, seorang ahli pelatihan dari Gamelab Indonesia. Dalam sesi diskusi tersebut, peserta diberikan kesempatan untuk memahami industri game dan animasi secara menyeluruh karena Kak Umam memberikan penjelasan komprehensif dari tahap awal hingga produk akhir.

Proses-proses yang dijelaskan meliputi perencanaan, desain, pengkodean, pengujian, dan peluncuran produk. Tujuannya adalah agar melalui diskusi ini, peserta dapat memperoleh pemahaman tentang berbagai tahapan yang menjadi fokus utama industri dalam menciptakan produk, serta pengetahuan praktis yang dapat diterapkan untuk mengejar karier di bidang pilihan mereka masing-masing.

Dok. Tim Gamelab: Diskusi dengan Trainer Expert - Gamelab.ID

Eksplorasi Karya Game Animasi

Setelah berdiskusi dengan Kak Umam, peserta Kunjungan Industri melanjutkan acara dengan menikmati karya-karya industri game, yang disebut sebagai Eksplorasi Karya. Pada kesempatan tersebut, mereka dapat menjelajahi karya Virtual Reality (VR) dari Educa Studio dan juga karya animasi dari peserta Program Magang/PKL serta Kelas Industri di Gamelab Indonesia.

Dengan demikian, dalam sesi eksplorasi ini, mereka dapat merasakan sensasi bermain sambil memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang keterampilan dan inovasi dalam industri animasi dan game. Selain itu, mereka juga memiliki kesempatan untuk mengevaluasi kreativitas dan kualitas karya yang dihasilkan oleh industri, yang dapat menjadi sumber inspirasi dan panduan bagi mereka dalam mengembangkan bakat mereka sendiri.

Dok. Tim Gamelab: Eksplorasi Karya Game - Gamelab.ID

Tentang SMKN 3 Pamekasan

SMKN 3 Pamekasan terletak di Jalan Kabupaten No.103, Rw. 01, Bugih, Kecamatan Pamekasan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur. Saat ini sekolah tersebut telah menjadi mitra Gamelab Indonesia, dan sudah mengikuti beberapa program seperti Kelas Industri serta Magang/PKL. Dengan begitu, SMKN 3 Pamekasan turut andil dalam meningkatkan kolaborasi industri dan membuka peluang karier langsung dari industri bagi para siswanya. Berikut beberapa jurusan yang dimiliki oleh sekolah ini:

  • Desain Komunikasi Visual
  • Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim
  • Desain dan Produksi Busana
  • Kuliner/Tata Boga
  • Perhotelan
  • Kecantikan dan Spa

Dok. Tim Gamelab: SMKN 3 Pamekasan - Gamelab.ID

Baca Juga : Mempelajari Proses Pembuatan Game, SMKN 2 Demak Seminar Industri bersama Gamelab Indonesia

Tentang PT. Educa Sisfomedia Indonesia

PT. Educa Sisfomedia Indonesia saat ini mengelola tiga divisi bisnis utama, yakni Educa Studio, Gamelab Indonesia, dan Educa Academy. Penting untuk dicatat bahwa ketiga divisi tersebut memiliki tujuan yang sejalan dalam mengikuti perkembangan dunia pendidikan dan teknologi digital.

Gamelab Indonesia telah berhasil memperkenalkan beberapa program seperti Magang/PKL, Prakerja, Kelas Industri, Teacher Factory (TeFa), Uji Kompetensi Keahlian (UKK), dan Bootcamp. Sementara itu, Educa Studio bertanggung jawab atas kreativitas dalam menciptakan permainan digital dan animasi edukatif untuk anak-anak, termasuk Marbel (Mari Belajar), Kabi (Kisah Teladan Nabi), Kolak (Lagu Anak Indonesia), dan Riri Cerita Anak Interaktif. Sedangkan Educa Academy fokus pada pelatihan dan peningkatan kompetensi bagi pendidik atau guru.

Apakah kamu tertarik untuk mengadakan Kunjungan Industri? Jika kamu ingin merasakan pengalaman serupa dengan SMKN 3 Pamekasan, kamu bisa mengajak sekolah atau kampus untuk berkolaborasi dengan Gamelab Indonesia. Kerja sama ini tentu akan memberikan berbagai keuntungan, termasuk pemahaman yang lebih dalam tentang dunia industri, pengetahuan baru tentang peralatan industri modern, dan manfaat lainnya. Ayok, segera atur Kunjungan Industri yang menarik dan bermanfaat bersama Gamelab Indonesia!


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Jumat, 8 Maret 2024

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI