BERITA UMUM Mengupas Peran Magang dan PKL, serta 10 Alasannya Mengapa Penting untuk Siswa SMK

Mengupas Peran Magang dan PKL, serta 10 Alasannya Mengapa Penting untuk Siswa SMK

Oleh Vincentius Dimas | Jumat, 22 Maret 2024

Mengupas Peran Magang dan PKL, serta 10 Alasannya Mengapa Penting untuk Siswa SMK

Magang/PKL bukan hanya sekadar kewajiban dalam kurikulum SMK, tetapi juga merupakan bagian integral dari pembentukan karier dan kesuksesan siswa. Yuk, cari tahu manfaatnya program tersebut lewat artikel ini!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Dalam dunia pendidikan, magang dan praktik kerja lapangan (PKL) telah menjadi bagian integral dari kurikulum sekolah menengah kejuruan (SMK). Kedua program ini bertujuan untuk memberikan siswa pengalaman praktis di dunia kerja yang relevan dengan bidang studi mereka. Dalam artikel ini, kita akan membahas peran masing-masing, serta mengidentifikasi 10 alasan mengapa magang dan PKL sangat penting bagi siswa SMK.

Perbedaan Magang dan PKL

Sebelum masuk ke pembahasan lebih mendalam, penting untuk memahami perbedaan antara magang dan PKL. Meskipun sering digunakan secara bergantian, keduanya memiliki tujuan dan cakupan yang berbeda. Berikut penjelasan lengkapnya:

Apa Itu Magang?

Magang merupakan suatu bentuk pembelajaran praktis di mana siswa bekerja di suatu perusahaan atau organisasi dengan tujuan memperoleh pengalaman kerja langsung di lapangan. Lebih dari sekadar pengamatan dari kejauhan, magang memungkinkan siswa untuk terlibat secara aktif dalam aktivitas sehari-hari perusahaan, memperoleh pemahaman mendalam tentang operasi, proses, dan budaya kerja. Ini biasanya dilakukan sebagai bagian dari kurikulum formal pendidikan, memberikan siswa kesempatan untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan yang mereka pelajari di kelas dalam konteks nyata.

Apa Itu PKL?

Praktik Kerja Lapangan (PKL) merupakan program di mana siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menghabiskan waktu di suatu tempat kerja untuk mendapatkan pengalaman praktis yang relevan dengan bidang studi mereka. Dalam konsepnya, PKL mirip dengan magang, akan tetapi istilah ini lebih populer di kalangan anak SMK. Sedangankan untuk istilah magang atau intership lebih banyak dikenal oleh kalangan mahasiswa strata satu atau bahkan magister.

Sumber Freepik: Perbedaan Magang dan PKL - Gamelab.ID

10 Alasan Mengapa Siswa SMK Wajib Magang atau PKL

Selain memberikan pengalaman praktis dan keterampilan yang dibutuhkan untuk sukses di dunia kerja, magang atau PKL juga membantu siswa mengenal lingkungan kerja, membangun jaringan, dan menguji minat karier mereka. Oleh sebab itu, program ini menjadi sebuah kewajiban dan  kesempatan berharga untuk pertumbuhan dan pengembangan pribadi siswa SMK. Berikut 10 alasannnya yang perlu diketahui:

Penerapan Teori ke Praktek

Siswa SMK seringkali mendapat pembelajaran teori yang kuat di kelas. Namun, teori tanpa praktek seringkali tidak cukup untuk mempersiapkan mereka menghadapi dunia kerja yang sesungguhnya. Magang atau PKL memberikan kesempatan bagi siswa untuk menerapkan pengetahuan yang mereka peroleh dalam situasi nyata di tempat kerja. Misalnya, seorang siswa jurusan teknik rekayasa perangkat lunak dapat langsung mengaplikasikan pengetahuan mereka dalam mengembangkan suatu software dalam industri.

Mengenal Lingkungan Kerja

Setiap tempat kerja memiliki budaya dan dinamika tersendiri. Melalui magang dan PKL, siswa dapat lebih memahami atmosfer dan tata tertib yang berlaku di dunia kerja. Mereka akan belajar cara berinteraksi dengan rekan kerja, atasan, dan klien secara profesional. Ini adalah pengalaman yang sangat berharga karena membantu siswa untuk lebih mudah beradaptasi ketika mereka memasuki dunia kerja secara penuh setelah lulus.

Mengembangkan Keterampilan Praktis

Magang dan PKL adalah kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan keterampilan praktis yang sangat dibutuhkan di dunia kerja. Mulai dari keterampilan komunikasi, keterampilan pemecahan masalah, hingga keterampilan teknis yang spesifik sesuai dengan bidang keahlian masing-masing. Misalnya, siswa jurusan akuntansi akan belajar mengenai pengelolaan keuangan yang nyata dan penggunaan perangkat lunak akuntansi.

Membangun Jaringan dan Koneksi

Salah satu keuntungan besar dari magang dan PKL adalah kesempatan untuk membangun jaringan dan koneksi dengan profesional di industri tertentu. Siswa dapat belajar dari pengalaman orang-orang yang telah lama berada di dunia kerja dan memperluas lingkaran pertemanan dan kolaborasi mereka. Jaringan ini dapat menjadi modal sosial yang sangat berharga untuk membantu siswa mendapatkan pekerjaan atau peluang bisnis di masa depan.

Menguji Minat Karier

Banyak siswa mungkin masih bingung tentang karir apa yang ingin mereka tekuni setelah lulus dari SMK. Magang dan PKL memberikan kesempatan bagi mereka untuk mencoba berbagai bidang atau posisi di industri tertentu. Misalnya, seorang siswa yang tertarik pada teknologi informatika dapat mencoba berbagai peran seperti pengembang perangkat lunak, administrator jaringan, atau analis keamanan informasi. Ini membantu siswa untuk lebih memahami minat dan bakat mereka, sehingga mereka dapat membuat keputusan karir yang lebih tepat.

Mengasah Kemandirian

Selama magang dan PKL, siswa sering diberikan tanggung jawab yang memungkinkan mereka untuk bekerja secara mandiri. Hal ini membantu mereka untuk mengasah kemandirian dan rasa tanggung jawab, keterampilan yang sangat berharga untuk sukses di dunia kerja. Misalnya, seorang siswa yang ditempatkan di departemen pemasaran dapat diberikan tugas untuk menyusun strategi pemasaran untuk produk tertentu secara mandiri.

Peluang Ketenaran

Bagi beberapa siswa yang berprestasi selama magang atau PKL, mereka dapat menjadi terkenal di industri mereka. Ini bisa karena karya mereka yang luar biasa atau kontribusi signifikan yang mereka berikan kepada perusahaan tempat mereka magang. Ketenaran seperti ini bisa membuka pintu bagi mereka untuk mendapatkan tawaran pekerjaan yang menarik atau kesempatan lain yang mungkin tidak mereka dapatkan tanpa pengalaman praktis yang mereka miliki.

Menambah Nilai CV

Pengalaman magang dan PKL dapat menjadi poin penjualan yang kuat pada CV siswa. Ini menunjukkan kepada calon pemberi kerja bahwa siswa memiliki pengalaman praktis dan siap untuk langsung berkontribusi dalam lingkungan kerja. Siswa yang memiliki pengalaman magang yang relevan mungkin lebih diutamakan oleh perusahaan daripada mereka yang tidak memiliki pengalaman kerja sama sekali.

Mendapatkan Umpan Balik Konstruktif

Selama magang dan PKL, siswa memiliki kesempatan untuk menerima umpan balik langsung dari praktisi di lapangan. Ini membantu mereka memahami kekuatan dan kelemahan mereka, serta memberi mereka kesempatan untuk terus berkembang dan meningkatkan keterampilan mereka. Umpan balik ini sangat berharga karena berasal dari orang-orang yang telah berpengalaman dalam industri tertentu.

Persiapan untuk Dunia Kerja

Pada akhirnya, tujuan utama dari magang dan PKL adalah untuk mempersiapkan siswa untuk dunia kerja. Dengan menghadapi tantangan dan situasi yang nyata di lapangan, siswa SMK dapat menjadi lebih siap secara mental dan emosional untuk menghadapi persaingan di pasar kerja yang semakin ketat. Mereka akan memiliki kepercayaan diri yang lebih besar dan kesiapan untuk menghadapi tantangan yang ada di dunia kerja.

Sumber Freepik: Perbedaan Magang dan PKL - Gamelab.ID

Baca Juga : Ekplorasi Game VR dan Animasi, SMK PGRI 1 Ponorogo Kunjungan ke Gamelab Indonesia

Keuntungan Magang atau PKL bersama Gamelab Indonesia

Gamelab Indonesia adalah salah satu perusahaan industri yang siap untuk membantu meningkatkan mutu lulusan SMK. Saat ini, Gamelab Indonesia telah bermitra dengan lebih dari 300+ SMK dan Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia. Tak hanya itu, Gamelab Indonesia juga telah berhasil mengadakan berbagai program seperti Magang atau PKL, Prakerja, Kelas Industri, Teacher Factory (TeFa), Uji Kompetensi Keahlian (UKK), dan Bootcamp. Berikut adalah keuntungannya mengikuti program magang dan PKL di Gamelab Indonesia:

100% Langsung Diterima

Peserta kami memiliki jaminan bahwa mereka akan diterima langsung dalam program magang kami tanpa proses seleksi yang rumit. Kami menyambut siapa pun yang bersemangat untuk belajar dan berkembang dalam industri.

Bebas Pilih Durasi & Bidang Akademi Sesuai Passion

Kami memahami bahwa setiap individu memiliki minat dan keahlian yang berbeda-beda. Oleh karena itu, kami memberikan kebebasan kepada peserta untuk memilih durasi dan bidang akademi yang sesuai dengan passion mereka. Apakah itu pengembangan permainan, desain grafis, animasi, atau bidang lainnya, kami siap mendukungnya.

Dibimbing Trainer Expert dari Industri

Peserta akan mendapatkan keuntungan besar dengan dibimbing oleh para ahli industri yang memiliki pengalaman yang luas dalam bidang mereka masing-masing. Kami menyediakan akses kepada trainer-trainer yang berpengalaman untuk memberikan arahan dan bimbingan kepada peserta selama masa magang mereka.

Bersertifikat Magang Resmi

Setelah menyelesaikan program magang, peserta akan menerima sertifikat resmi yang mengakui partisipasi dan pencapaian mereka dalam program. Sertifikat ini merupakan bukti yang berharga untuk meningkatkan peluang karir di masa depan.

Akses LMS 24 Jam

Kami menyediakan akses tanpa batas ke platform pembelajaran daring kami (LMS) selama 24 jam penuh. Ini memungkinkan peserta untuk belajar dan mengasah keterampilan mereka kapan pun dan di mana pun mereka berada.

Bisa Dilakukan di Mana Saja

Program magang kami dirancang untuk fleksibilitas maksimum. Peserta dapat melakukan magang ini dari mana saja, baik itu dari rumah, kampus, atau bahkan saat bepergian. Dengan demikian, program kami memberikan kesempatan yang sama bagi semua orang, tanpa mengenal batasan geografis.

Dengan berbagai keuntungan yang ditawarkan, program magang atau PKL di Gamelab Indonesia adalah pilihan ideal bagi siapa pun yang ingin memulai karir mereka dalam industri. Bergabunglah sekarang untuk memulai perjalanan menuju sukses dalam industri bersama Gamelab Indonesia!


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Jumat, 22 Maret 2024

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI