BERITA UMUM Mepertajam Ilmu Desain Grafis, SMK Ma'arif Sudimoro Melaksanakan UKK bersama Gamelab Indonesia

Mepertajam Ilmu Desain Grafis, SMK Ma'arif Sudimoro Melaksanakan UKK bersama Gamelab Indonesia

Oleh Vincentius Dimas | Kamis, 18 April 2024

Mepertajam Ilmu Desain Grafis, SMK Ma'arif Sudimoro Melaksanakan UKK bersama Gamelab Indonesia

SMK Ma'arif Sudimoro dan Gamelab Indonesia bekerja sama untuk mengadakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK). Mari ketahui lebih lanjut apa itu UKK dalam artikel berikut.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Era baru dalam dunia desain grafis terbentang luas di depan mata SMK Ma'arif Sudimoro. Sebagai bentuk komitmen untuk menghasilkan lulusan yang siap berkarya di industri kreatif, SMK Ma'arif Sudimoro menjalin kerja sama dengan Gamelab Indonesia dalam melaksanakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) pada 6 - 7 Maret 2024. Lalu yang mengikuti UKK adalah siswa jurusan Multimedia (MM).

Tentu kerja sama ini merupakan wujud nyata dari komitmen SMK Ma'arif Sudimoro untuk memberikan pendidikan desain grafis yang berkualitas dan berstandar industri. Melalui UKK bersama Gamelab Indonesia, para siswa SMK Ma'arif Sudimoro diberi kesempatan untuk mengasah kemampuan mereka dan mendapatkan masukan langsung dari para profesional di bidangnya.

Tentang Uji Kompetensi Keahlian (UKK)

Di dunia pendidikan kejuruan, UKK adalah proses evaluasi penting yang menilai kemampuan, pengetahuan, dan keterampilan siswa dalam bidang keahlian spesifik. UKK tidak hanya berperan sebagai alat evaluasi, tetapi juga memiliki peran penting dalam menentukan kelulusan siswa. Selain itu, hasil UKK juga menjadi standar kompetensi yang harus dicapai untuk mendapatkan sertifikat kompetensi yang memvalidasi kemampuan siswa, dan memberikan informasi penting tentang keterampilan mereka kepada dunia kerja.

Lebih lanjut, UKK juga melibatkan asesmen oleh pihak industri, di mana para ahli atau perwakilan industri menilai siswa secara langsung. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa siswa memiliki keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja, serta memperkuat hubungan antara dunia pendidikan dan industri. Dengan demikian, UKK tidak hanya menilai kemampuan siswa, tetapi juga memastikan relevansi kurikulum dengan tuntutan pasar kerja.

Dok. Tim Gamelab: UKK - Gamelab.ID

Manfaat UKK bersama Gamelab Indonesia

Di tengah perkembangan pendidikan yang dinamis, menjalin kemitraan antara lembaga pendidikan dan industri menjadi kunci untuk melahirkan lulusan yang kompeten dan siap kerja. Sebab UKK kini tidak hanya bermanfaat bagi siswa, tetapi juga bagi sekolah dan dunia industri. Berikut beberapa manfaat UKK bersama Gamelab Indonesia:

Bagi Siswa

  • Mengukur Pencapaian Kompetensi: UKK membantu siswa mengukur sejauh mana mereka telah mencapai kompetensi yang diharapkan dalam bidang keahliannya.
  • Memperoleh Sertifikat Nasional: Siswa yang lulus UKK akan mendapatkan sertifikat kompetensi yang terverifikasi secara Nasional, menjadi bukti nyata kemampuan mereka.
  • Mempersingkat Proses Sertifikasi: UKK membantu mengoptimalkan proses sertifikasi kompetensi, sehingga siswa dapat lebih cepat mendapatkan sertifikat yang dibutuhkan.

Bagi Sekolah

  • Meningkatkan Kualitas Lulusan: UKK membantu sekolah dalam meningkatkan kualitas lulusan dengan memastikan mereka memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri.
  • Memperkuat Kerjasama dengan Industri: UKK menjadi sarana untuk membangun kerjasama dengan dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja (DUDIKA), membuka peluang magang dan penempatan kerja bagi siswa.

Bagi Industri

  • Mendapatkan Tenaga Kerja Berkualitas: UKK membantu industri dalam mendapatkan tenaga kerja yang memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan mereka.
  • Menyusun Materi UKK yang Relevan: Industri dapat terlibat dalam menyusun materi UKK, sehingga materi yang diujikan benar-benar sesuai dengan kebutuhan industri.

Keunggulan UKK Bersama Gamelab Indonesia

  • Materi UKK Berdasarkan Skema Sertifikasi: Materi UKK disusun berdasarkan skema sertifikasi yang up-to-date, sehingga memastikan kemampuan siswa sesuai dengan standar industri.
  • Ujian Berbasis Komputer: Ujian dilaksanakan secara online melalui LMS Gamelab Indonesia, lebih efisien dan modern.
    Sertifikat Digital: Sertifikat kompetensi yang diperoleh siswa berbentuk digital, mudah diverifikasi dan disimpan.

Dok. Tim Gamelab: UKK - Gamelab.ID

Tentang SMK Ma'arif Sudimoro

Sekolah berbasis kewirausahaan yang terletak di Jalan Raya Sudimoro No.10, Bakung, Gunung Rejo, Kecamatan Sudimoro, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Berikut program keahlian yang dimiliki oleh SMK Ma'arif Sudimoro:

  • Teknik dan Bisnis Sepeda Motor
  • Multimedia
  • Akuntansi dan Keuangan Lembaga
  • Tata Busana

Dok. Tim Gamelab: UKK - Gamelab.ID

Baca Juga : Menuju Ahli Web Front-End Developer, SMK IT Rabbi Radhiyya Adakan UKK bersama Gamelab Indonesia

Ayo UKK bersama Gamelab Indonesia

Gamelab Indonesia, sebagai perusahaan industri yang berdedikasi, menaruh perhatian besar terhadap kualitas lulusan SMK di Indonesia. Komitmen ini dibuktikan dengan menjalin kemitraan dengan lebih dari 300 SMK dan perguruan tinggi di seluruh penjuru negeri. Berikut adalah beberapa SMK yang memiliki kapasitas untuk menyelenggarakan UKK bersama Gamelab Indonesia:

  • Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim (PPLG)
  • Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
  • Multimedia (MM)
  • Desain Komunikasi Visual (DKV)
  • Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)
  • Bisnis Daring Pemasaran (BDP)
  • Otomatisasi & Tata Kelola Perkantoran (OTKP)
  • Akuntansi Keuangan dan Lembaga (AKL)

Siap untuk mengantarkan pendidikan kejuruan ke level selanjutnya? Mari berkolaborasi bersama untuk menciptakan pengalaman belajar yang luar biasa dan relevan dengan kebutuhan industri saat ini melalui UKK bersama Gamelab Indonesia. Apabila ada yang ingin dipertanyakan silahkan hubungi, di sini.


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Kamis, 18 April 2024

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI