BERITA UMUM Memperkaya Ilmu Digital Accounting, SMK Gema Nusantara Melaksanakan UKK bersama Gamelab Indonesia

Memperkaya Ilmu Digital Accounting, SMK Gema Nusantara Melaksanakan UKK bersama Gamelab Indonesia

Oleh Vincentius Dimas | Senin, 22 April 2024

Memperkaya Ilmu Digital Accounting, SMK Gema Nusantara Melaksanakan UKK bersama Gamelab Indonesia

SMK Gema Nusantara dan Gamelab Indonesia bekerja sama untuk mengadakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK). Mari ketahui lebih lanjut apa itu UKK dalam artikel berikut.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

SMK Gema Nusantara Wonosobo melangkah maju dalam dunia akuntansi digital dengan mengadakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK) bekerja sama dengan Gamelab Indonesia pada tanggal 6-7 Maret 2024. Uji kompetensi ini khusus untuk siswa jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) dan menjadi bukti komitmen sekolah dalam menghasilkan lulusan yang siap berkarya di industri digital.

UKK yang sudah dilaksanakan ini merupakan bagian dari program DUDIKA (Dunia Usaha dan Dunia Industri). Artinya, para siswa tidak hanya diuji dalam pengetahuan teoretis, tetapi juga dalam keterampilan praktis yang sesuai dengan kebutuhan industri saat ini. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa mereka siap terjun ke dunia kerja dengan bekal pengetahuan dan keterampilan yang relevan dengan tuntutan industri digital.

Tentang UKK

Dalam pendidikan kejuruan, Uji Kompetensi Keahlian (UKK) tidak bisa dipandang sebelah mata. Sebab, UKK bukan hanya evaluasi akhir, tetapi juga penentu kelulusan siswa. Yang lebih penting, hasil UKK menjadi standar untuk mendapatkan sertifikat kompetensi, yang di mana menjadi sebuah validasi kemampuan sangat dihargai dunia kerja.

UKK juga menjadi jembatan penghubung antara sekolah dan dunia industri. Dengan melibatkan asesmen oleh para ahli industri, UKK memastikan siswa memiliki keterampilan yang relevan dengan kebutuhan nyata. Jadi ini tidak hanya menguntungkan siswa yang siap kerja, tetapi juga memastikan kurikulum pendidikan kejuruan terus relevan dengan perkembangan dunia kerja.

Dok. Tim Gamela: UKK - Gamelab.ID

Benefit UKK bersama Gamelab Indonesia

Di era pendidikan yang dinamis, kolaborasi antara lembaga pendidikan dan industri menjadi kunci melahirkan lulusan kompeten dan siap kerja. Uji Kompetensi Keahlian (UKK) tidak hanya bermanfaat bagi siswa, tetapi juga bagi sekolah dan dunia industri. Berikut manfaat UKK bersama Gamelab Indonesia:

Bagi Siswa

  • Mengukur Pencapaian Kompetensi: UKK membantu siswa mengukur sejauh mana mereka telah mencapai kompetensi yang diharapkan dalam bidang keahliannya.
  • Memperoleh Sertifikat Nasional: Siswa yang lulus UKK akan mendapatkan sertifikat kompetensi yang terverifikasi secara Nasional, bukti nyata kemampuan mereka.
  • Mempersingkat Proses Sertifikasi: UKK membantu mengoptimalkan proses sertifikasi kompetensi, sehingga siswa dapat lebih cepat mendapatkan sertifikat yang dibutuhkan.

Bagi Sekolah

  • Meningkatkan Kualitas Lulusan: UKK membantu sekolah dalam meningkatkan kualitas lulusan dengan memastikan mereka memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri.
  • Memperkuat Kerjasama dengan Industri: UKK menjadi sarana untuk membangun kerjasama dengan dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja (DUDIKA), membuka peluang magang dan penempatan kerja bagi siswa.

Bagi Industri

  • Mendapatkan Tenaga Kerja Berkualitas: UKK membantu industri dalam mendapatkan tenaga kerja yang memiliki kompetensi sesuai dengan kebutuhan mereka.
  • Menyusun Materi UKK yang Relevan: Industri dapat terlibat dalam menyusun materi UKK, sehingga materi yang diujikan benar-benar sesuai dengan kebutuhan industri.

Keunggulan UKK Bersama Gamelab Indonesia

  • Materi UKK Berdasarkan Skema Sertifikasi: Materi UKK disusun berdasarkan skema sertifikasi yang up-to-date, sehingga memastikan kemampuan siswa sesuai dengan standar industri.
  • Ujian Berbasis Komputer: Ujian dilaksanakan secara online melalui LMS Gamelab Indonesia, lebih efisien dan modern.
  • Sertifikat Digital: Sertifikat kompetensi yang diperoleh siswa berbentuk digital, mudah diverifikasi dan disimpan.
    Dengan UKK bersama Gamelab Indonesia, semua pihak mendapatkan manfaat dan keuntungan. Siswa mendapatkan pengakuan atas kompetensi mereka, sekolah meningkatkan kualitas lulusan dan jalinan kerjasama dengan industri, dan industri mendapatkan tenaga kerja yang berkualitas.

Dok. Tim Gamelab: UKK - Gamelab.ID

Tentang SMK Gema Nusantara

SMK Gema Nusantara terletak di Jalan Pemuda No.142, Wonosobo Timur, Kecamatan Wonosobo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Saat ini sekolah tersebut telah memiliki dua komptensi keahlian untuk siswanya:

  • Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
  • Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL)

Dok. Tim Gamelab: UKK - Gamelab.ID

Baca Juga : Menuju Ahli Web Front-End Developer, SMK IT Rabbi Radhiyya Adakan UKK bersama Gamelab Indonesia

Jalin Mitra UKK bersama Gamelab Indonesia

Gamelab Indonesia, sebagai perusahaan industri yang berkomitmen tinggi, menaruh perhatian besar terhadap kualitas lulusan SMK di Indonesia. Komitmen ini dibuktikan dengan jalinan kemitraan dengan lebih dari 300 SMK dan perguruan tinggi di seluruh penjuru negeri. Berikut jurusan apa saja yang bisa UKK bersama Gamelab Indonesia, di antaranya:

  • Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim (PPLG)
  • Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
  • Multimedia (MM)
  • Desain Komunikasi Visual (DKV)
  • Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)
  • Bisnis Daring Pemasaran (BDP)
  • Otomatisasi & Tata Kelola Perkantoran (OTKP)
  • Akuntansi Keuangan dan Lembaga (AKL)

Melalui UKK bersama Gamelab Indonesia, kita bersama dapat mengantarkan pendidikan kejuruan ke level selanjutnya. Karena UKK ini tidak hanya menguji kemampuan siswa, tetapi juga memastikan relevansi kurikulum dengan kebutuhan industri saat ini. Mari UKK bersama Gamelab Indonesia untuk menciptakan pengalaman belajar yang luar biasa dan relevan dengan kebutuhan industri saat ini! Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut di sini.


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Senin, 22 April 2024

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI