BERITA SMK SMK Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga : Kompetensi dan Peluang Kerjanya

SMK Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga : Kompetensi dan Peluang Kerjanya


#smk #vokasi #akl #akuntansi
SMK Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga : Kompetensi dan Peluang Kerjanya

SMK Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) akan membekali siswa dengan kompetensi dalam mengelola seluruh transaksi keuangan.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Akuntansi adalah segala proses yang berhubungan dengan transaksi keuangan. Transaksi keuangan tersebut antara lain adalah mencatat, mengelompokkan, mengolah, menyajikan data yang berhubungan dengan keuangan. Dari informasi yang ada tersebut akan dihasilkan laporan keuangan yang akurat dan bisa menjadi bahan untuk mengambil suatu keputusan. SMK Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) akan membekali siswa dengan kompetensi dalam mengelola seluruh transaksi keuangan. Materi apa saja yang dipelajari di SMK Jurusan AKL dan bagaimana peluang kerja bagi para lulusannya? Untuk tahu lebih lanjut, silakan simak artikel ini.

Mata Pelajaran SMK Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga

Selain mata pelajaran Muatan Nasional dan Muatan Kewilayahan, siswa akan diajarkan materi Muatan Peminatan Kejuruan. Mata pelajaran Muatan Peminatan Kejuruan ini dibagi menjadi 3, yaitu Dasar Bidang Keahlian, Dasar Program Keahlian, dan Kompetensi Keahlian. Berikut ini akan kita bahas mata pelajaran pada Dasar Program Keahlian dan Kompetensi Kelahlian.

  • Etika Profesi
    Mata pelajaran Etika Profesi akan membahas materi-materi yang menyangkut bagaimana kode etik dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan profesi sebagai akuntan.
  • Aplikasi Pengolah Angka
    Pada mata pelajaran ini siswa akan mempelajari aplikasi pengolah angka yang dapat digunakan untuk mempermudah proses kerja akuntansi.
  • Akuntansi Dasar
    Mata pelajaran ini akan membahas dasar-dasar ilmu akuntansi, seperti konsep debit-kredit, neraca keuangan, atau menyajikan laporan keuangan.
  • Perbankan Dasar
    Materi dasar-dasar perbankan yang akan diajarkan antara lain adalah sejarah uang, sejarah bank, fungsi bank, serta sistem operasional lembaga perbankan.
  • Praktikum Akuntansi Perusahaan Jasa, Dagang dan Manufaktur
    Pada mata pelajaran ini materi yang dipelajari adalah mengenai buku besar dan kegunaannya, menentukan debet dan kredit, melakukan posting (pemindahan) entri jurnal ke buku besar hingga menyajikan hasil posting entri jurnal ke dalam buku besar
  • Praktikum Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah
    Mata pelajaran ini akan membahas mengenai pengelolaan keuangan desa, perencanaan dan penganggaran keuangan desa, hingga mengolah perpajakan pada lembaga desa.
  • Akuntansi Keuangan
    Akuntansi Keuangan akan membahas tentang penyajian laporan keuangan kepada pihak luar berupa laporan neraca, rugi laba, perubahan modal dan arus kas kepada pemegang saham, kreditor, supplier dan pemerintah khususnya tentang profitabilitas dan kredibilitas perusahaan.
  • Komputer Akuntansi
    Mata pelajaran komputer akuntansi akan membahas mengenai sistem akuntansi yang menggunakan teknologi komputer untuk menjalankan berbagai aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan untuk melakukan proses pengelolaan keuangan.
  • Administrasi Pajak
    Dalam mata pelajaran administrasi pajak, siswa akan mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan perpajakan. Misalnya pengertian pajak, fungsi pajak, kedudukan pajak, jenis-jenis pajak, tata cara pemungutan pajak, dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan pajak.
  • Produk Kreatif Dan Kewirausahaan
    Pada mata pelajaran ini siswa akan mempelajari ilmu mengenai kewirausahaan dan akan diperkenalkan dengan berbagai produk kreatif yang bisa menjadi peluang wirausaha.

Peluang Kerja SMK Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga

Hingga saat ini SMK Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga masik banyak diminati. Hal tersebut karena prospek karier yang cukup menjanjikan bagi para lulusannya. Tiap perusahaan pasti membutuhkan tenaga profesional untuk mengatur keuangannya. Berikut ini adalah beberapa peluang kerja bagi lulusan SMK Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga :

  • Staff Akuntan
    Staff akuntan memiliki tugas untuk mengelola keuangan pada sebuah perusahaan.
  • Internal Auditor
    Tugas seorang internal auditor adalah mengurus dan memastikan seluruh laporan keuangan perusahaan telah sesuai dengan prosedur dan tidak ada penyimpangan dari alokasi-alokasi keuangan tersebut.
  • Perencana Keuangan
    Perencana keuangan bertugas untuk mengatur seluruh keuangan kliennya.
  • Credit Analyst
    Seorang credit analyst bertugas utnuk menganalisis kemampuan nasabah atau klien dalam membayar kredit yang mereka ajukan melalui beberapa aspek yang dimiliki oleh nasabah tersebut. 
  • Kasir
    Seorang lulusan akuntansi pastinya memiliki keahlian dalam menghitung yang cukup baik. Keahlian ini akan sangat bermanfaat jika kamu bekerja sebagai kasir.
  • Teller Bank
    Tugas seorang teller antara lain adalah melayani penarikan, transfer dan penyetoran uang dari pelanggan hingga melakukan pemeriksaan kas.
  • Customer Service Bank
    Meskipun tidak berhubungan langsung dengan uang, namun dengan ilmu akuntansi yang sudah dimilliki tentu akan lebih paham mengenai permasalahan-permasalahan yang ditanyakan oleh nasabah.
  • Budgeting Staff
    Budgeting staff bertugas untuk menyusun, mengelola, dan membuat laporan mengenai anggaran yang dibutuhkan oleh suatu perusahaan
  • Staff Inkaso
    Tugas seorang staff inkaso adalah untuk menyiapkan dokumen-dokumen penagihan, serta mengontrol dan mencatat hasil-hasil penagihan perusahaan.

Dengan pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan selama tiga tahun pembelajaran, jika ditekuni dengan baik seorang lulusan SMK Jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga bisa menjadi akuntan profesional. Banyaknya peluang kerja bagi lulusannya membuat jurusan ini masih banyak diminati hingga saat ini. Bahkan semboyan "SMK Bisa!" akan mencetak lulusan SMK Jurusan AKL dapat melanjutkan Pendidikan Profesi Akuntansi untuk dapat membuka praktik akuntan sendiri. 

Nah, dengan slogan "SMK Bisa!", siswa dipersiapkan agar kapabel, kompetitif dan siap kerja. Siswa SMK tidak hanya disuguhkan teori, akan tetapi juga praktek lapangan sesuai dengan bidang kejuruannya. Kami dari GAMELAB memiliki berbagai program kerjasama dengan SMK seperti pelatihan guru, pelatihan siap kerja, magang, kelas industri dan job matching. Adapun kami telah bekerja sama dengan lebih dari 30 SMK di seluruh Indonesia. Silakan jika SMK Anda berminat untuk kerjasama dengan kami, email ke support@gamelab.id atau WhatsApp ke https://wa.me/6281232596412

 

Sumber :

https://www.renesia.com/mengenal-materi-yang-dipelajari-di-jurusan-akuntansi-smk/

https://rencanamu.id/cari-jurusan-sma-smk/akuntansi-dan-keuangan-lembaga

https://www.boutiquerecruiting.com/wp-content/uploads/2018/09/accounting.jpg


Admin Kelas Industri

Admin Kelas Industri

Selasa, 1 Desember 2020