BERITA SMK SMK Rohmatul Ummah dan Gamelab Indonesia Siap Mencetak Desainer Masa Depan dalam UKK

SMK Rohmatul Ummah dan Gamelab Indonesia Siap Mencetak Desainer Masa Depan dalam UKK

Oleh Vincentius Dimas | Senin, 6 Mei 2024

SMK Rohmatul Ummah dan Gamelab Indonesia Siap Mencetak Desainer Masa Depan dalam UKK

SMK Rohmatul Ummah dan Gamelab Indonesia bekerja sama untuk mengadakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK). Mari ketahui lebih lanjut apa itu UKK dalam artikel berikut.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Perkembangan industri  kreatif terus mengalami perkembangan, begitu pula dengan para pelaku yang ada di dalamnya. Untuk menanggapi perkembangan tersebut, SMK Rohmatul Ummah telah mengambil langkah yang apik dengan cara menganggandeng Gamelab Indonesia untuk mengadakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK). Materi yang diuji adalah Desain Komunikasi Visual yang telah berlansung pada 19 - 20 Februari 2024. 

Tentu kolaborasi ini menjadi bukti nyata komitmen SMK Rohmatul Ummah dalam menghadirkan pendidikan desain grafis yang berkualitas dan setara dengan standar industri. Melalui UKK bersama Gamelab Indonesia, para siswa SMK Rohmatul Ummah akan mendapatkan kesempatan emas untuk mengasah bakat mereka dan menerima penilaian langsung dari para expert trainer di bidang desain grafis. Dengan demikian, kebutuhan dunia pendidikan dan dunia industri bisa saling mengisi dan melengkapi guna memajukan pendidikan vokasi Indonesia.

Tentang UKK

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) di pendidikan kejuruan bukan sekadar tes biasa. UKK memiliki peran ganda, yaitu sebagai penilaian akhir dan penentu kelulusan siswa. Lebih dari itu, hasil UKK menjadi dasar sertifikat kompetensi yang sangat dihargai dunia kerja sebagai bukti nyata atas kemampuan yang dimiliki oleh siswa yang mengikuti UKK tersebut.

UKK juga berperan sebagai jembatan antara sekolah dan dunia kerja. Dengan melibatkan penilaian dari pakar industri, UKK dapat memastikan siswa memiliki keterampilan yang sesuai dengan kebutuhan nyata di lapangan. Lalu manfaat UKK tentu tidak hanya bagi siswa yang siap kerja, tetapi juga untuk memastikan kurikulum pendidikan kejuruan selalu relevan dengan perkembangan dunia industri.

Dok. Tim Gamelab: SMK Rohmatul Ummah - Gamelab.ID

Benefit UKK bersama Gamelab Indonesia

Di era pendidikan yang terus berkembang, kolaborasi antara institusi pendidikan dan industri menjadi kunci untuk melahirkan lulusan yang kompeten dan siap bekerja. Oleh karena itu, UKK tidak hanya menguntungkan siswa, tetapi juga sekolah dan industri. Berikut manfaat UKK yang bekerja sama dengan Gamelab Indonesia:

Keuntungan bagi Siswa

  • Pengukuran Kompetensi: UKK membantu siswa mengukur tingkat penguasaan kemampuan yang diharapkan di bidang keahlian mereka.
  • Sertifikat Nasional: Siswa yang lulus UKK memperoleh sertifikat kompetensi terverifikasi secara nasional, sebagai bukti nyata kemampuan mereka.
  • Proses Sertifikasi Cepat: UKK membantu mempercepat proses sertifikasi kompetensi, sehingga siswa dapat lebih cepat mendapatkan sertifikat yang dibutuhkan.

Keuntungan bagi Sekolah

  • Peningkatan Kualitas Lulusan: UKK membantu sekolah dalam meningkatkan kualitas lulusan dengan memastikan mereka memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri.
  • Penguatan Kerja Sama Industri: UKK menjadi sarana untuk membangun kerjasama dengan dunia usaha dan dunia kerja (DUDIKA), membuka peluang magang dan penempatan kerja bagi siswa.

Keunggulan UKK Bersama Gamelab Indonesia

  • Materi UKK Sesuai Standar Industri: Materi UKK disusun berdasarkan skema sertifikasi terbaru, sehingga memastikan kemampuan siswa sesuai dengan standar industri.
  • Ujian Berbasis Komputer: Ujian dilaksanakan secara online melalui LMS (Learning Management System) Gamelab Indonesia, lebih efisien dan modern.
  • Sertifikat Digital: Sertifikat kompetensi yang diperoleh siswa berbentuk digital, mudah diverifikasi dan disimpan.

Dok. Tim Gamelab: SMK Rohmatul Ummah - Gamelab.ID

Tentang SMK Rohmatul Ummah

SMK Rohmatul Ummah adalah salah satu sekolah kejuruan yang berkomitmen mencetak siswa yang berani berkompetisi di dunia industri. Hal ini terpancarkan lewat gerak-geriknya yang mengadakan UKK bersama industri yang relevan dengan kebutuhan siswanya. Tak hanya itu, SMK Rohmatul Ummah juga telah mengadakan Seminar Industri ke Gamelab Indonesia untuk memperkaya pengetahuan siswanya terkait bagaimana proses industri berkarya.

Dok. Tim Gamelab: SMK Rohmatul Ummah - Gamelab.ID

Baca Juga : SMK Shalatiyah Bitin Meningkatkan Kompetensi Siswa dengan UKK Web Front End & Administrasi bersama Gamelab Indonesia

Jalin Mitra UKK bersama Gamelab Indonesia

Gamelab Indonesia, perusahaan industri yang berkomitmen tinggi terhadap kualitas lulusan SMK di Indonesia, telah menjalin kerjasama dengan lebih dari 300 SMK dan perguruan tinggi di seluruh Indonesia. Sebagai bentuk komitmen tersebut, Gamelab Indonesia membuka kesempatan kerjasama dengan SMK yang memiliki jurusan-jurusan berikut:

  • Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim (PPLG)
  • Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
  • Multimedia (MM)
  • Desain Komunikasi Visual (DKV)
  • Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)
  • Bisnis Daring Pemasaran (BDP)
  • Otomatisasi & Tata Kelola Perkantoran (OTKP)
  • Akuntansi Keuangan dan Lembaga (AKL)

Ayo menjadi SMK Binaan Gamelab Indonesia untuk menciptakan pengalaman belajar yang sesuasi dengan kebutuhan industri. Apabila ada pertanyaan, langsung hubungi di sini ya!


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Senin, 6 Mei 2024

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI