BERITA KUNJUNGAN INDUSTRI Menilik Dapur Industri, SMA ABBS Surakarta Adakan Seminar Industri ke Gamelab Indonesia

Menilik Dapur Industri, SMA ABBS Surakarta Adakan Seminar Industri ke Gamelab Indonesia

Oleh Vincentius Dimas | Selasa, 7 Mei 2024

Menilik Dapur Industri, SMA ABBS Surakarta Adakan Seminar Industri ke Gamelab Indonesia

SMA ABBS Surakarta Seminar Industri ke PT. Educa Sisfomedia Indonesia. Lewat kegiatan ini, mereka memperoleh pengetahuan baru melalui seminar industri, berdiskusi dengan expert industri, serta eksplorasi karya Educa dan Gamelab.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Di era digital ini, kebutuhan informasi tentang industri terkini dan peningkatan keterampilan teknologi IT tidak hanya terpusat pada siswa SMK. Semua kalangan, termasuk siswa SMA dan bahkan masyarakat umum, memiliki kebutuhan yang sama untuk terus belajar dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang pesat. Maka, bagi siswa SMA, pengetahuan tentang industri terkini dan keterampilan IT dapat menjadi bekal yang berharga untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau memasuki dunia kerja.

Untuk menanggapi kemajuan teknologi yang terjadi, SMA ABBS (Al Abidin Bilingual Boarding School) Surakarta langsung mengadakan Seminar Industri bersama Gamelab Indonesia pada Selasa, 7 Mei 2024. Menariknya, para siswa yang hadir sangat antusias ditambah beberapa siswa sudah ada yang mulai belajar coding dan desain. Dengan begitu, dalam kegiatan ini, siswa bisa memperoleh pengetahuan yang mendalam karena belajar pada industri yang tepat.

Seminar Industri

Setibanya di Gamelab Indonesia, para siswa SMA ABBS Surakarta mengawali kegiatan mereka dengan mengikuti Seminar Industri bersama Kak Nia. Dalam seminar ini, mereka diajak menyelami dunia industri secara mendalam. Kak Nia memaparkan visi, misi, dan budaya kerja yang dianut PT. Educa Sisfomedia Indonesia. Tak hanya itu, mereka juga dibekali informasi mengenai kebutuhan dan keterampilan yang dicari dalam industri game dan animasi.

Lebih lanjut, Kak Nia mengupas tuntas konsep dan proses produksi terkini yang digunakan di industri. Beliau pun menghadirkan studi kasus untuk memberikan gambaran nyata tentang berbagai tantangan dan pencapaian yang dihadapi industri ini. Diharapkan, melalui kegiatan ini, para siswa SMA ABBS Surakarta memperoleh pemahaman yang lebih komprehensif dan relevan tentang perkembangan terkini di industri game dan animasi.

Dok. Tim Gamelab: Seminar Industri - Gamelab.ID

Diskusi bersama Expert Trainer

Usai seminar, para peserta melanjutkan kegiatan dengan sesi diskusi daring bersama Kak Galih, seorang expert trainer dari Gamelab Indonesia. Diskusi ini menjadi kesempatan emas bagi mereka untuk menyelami seluk-beluk industri game dan animasi secara komprehensif. Kak Galih menjabarkan secara detail setiap tahapan proses produksi, mulai dari perencanaan hingga peluncuran produk akhir.

Penjelasan Kak Galih meliputi lima tahapan utama: perencanaan, desain, pengkodean, pengujian, dan peluncuran produk. Melalui sesi ini, diharapkan para peserta dapat memahami fokus utama industri dalam menciptakan produk game dan animasi, serta memperoleh pengetahuan praktis yang dapat mereka terapkan dalam mengejar karier di bidang pilihan mereka.

Dok. Tim Gamelab: Diskusi bersama Kak Galih - Gamelab.ID

Eksplorasi Karya

Puncak acara Seminar Industri, akhirnya tiba, yaitu sesi Eksplorasi Karya Industri. Pada momen yang ditunggu-tunggu ini, para peserta diajak menyelami dunia virtual reality (VR) melalui karya-karya memukau dari Educa Studio. Tak hanya itu, mereka juga berkesempatan menjelajahi hasil karya animasi dari para peserta Program Magang/PKL dan Kelas Industri di Gamelab Indonesia.

Dengan demikian, sesi eksplorasi ini harapannya menjadi wadah bagi mereka untuk merasakan pengalaman bermain yang tak terlupakan sekaligus memperdalam pemahaman tentang keterampilan dan inovasi dalam industri animasi dan game. Lebih dari itu, mereka juga memiliki kesempatan untuk mengevaluasi kreativitas dan kualitas karya yang dihasilkan oleh para profesional di industri ini, sehingga dapat menjadi sumber inspirasi dan panduan bagi mereka dalam mengembangkan bakat mereka sendiri.

Dok. Tim Gamelab: Ekplorasi Karya Game VR dan Animasi - Gamelab.ID

Tentang SMA ABBS Surakarta

SMA ABBS, pelopor sekolah menengah Islam di Surakarta yang mengusung sistem pembelajaran bilingual. Bahasa Inggris menjadi bahasa pengantar di semua mata pelajaran, kecuali Pendidikan Agama Islam, Bahasa Indonesia, Bahasa Arab, dan Bahasa Jawa. Inovasi ini bertujuan untuk membekali para siswanya dengan kemampuan bahasa Inggris yang mumpuni dan mempersiapkan mereka menghadapi era globalisasi yang penuh tantangan.

Dok. Tim Gamelab: SMA ABBS Surakarta - Gamelab.ID

Baca Juga : SMK Muhammadiyah 4 Sukorejo Seminar Industri ke Gamelab Indonesia

Tentang PT. Educa Sisfomedia Indonesia

PT. Educa Sisfomedia Indonesia adalah sebuah industri besar yang bergerak di bidang pendidikan dan teknologi digital. Saat ini industri tersebut telah memiliki tiga unit bisnis yakni Gamelab Indonesia, Educa Studio, dan Educa Academy. Ketiganya juga memiliki visi yang sejalan yaitu memajukan sektor pendidikan yang berbasis teknologi digital di Indonesia.

Gamelab Indonesia, sebagai pembina talenta digital muda, telah meluncurkan berbagai program inovatif. Magang/PKL, Prakerja, Kelas Industri, Teacher Factory (TeFa), Uji Kompetensi Keahlian (UKK), dan Bootcamp merupakan beberapa contohnya. Program-program ini dirancang khusus untuk membekali generasi muda dengan keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan di era digital yang penuh tantangan ini.

Di sisi lain, Educa Studio memanjakan anak-anak dengan konten edukatif yang kreatif dan menarik. Marbel (Mari Belajar), Kabi (Kisah Teladan Nabi), Kolak (Lagu Anak Indonesia), dan Riri Cerita Anak Interaktif adalah beberapa produk unggulan mereka yang telah menjadi favorit para buah hati di seluruh Indonesia. Dikemas dengan cara yang menyenangkan dan mudah dipahami, konten edukatif ini membantu anak-anak belajar dengan lebih efektif dan penuh semangat.

Sementara itu, Educa Academy berperan penting dalam meningkatkan kompetensi para pendidik dan guru. Melalui berbagai pelatihan dan seminar, Educa Academy membantu para guru untuk menguasai teknologi terbaru dan menerapkan metode pembelajaran yang inovatif di dalam kelas. Dengan demikian, diharapkan kualitas pendidikan di Indonesia dapat terus meningkat dan melahirkan generasi penerus bangsa yang cerdas dan kreatif.

Ingin merasakan sensasi proses kreatif di balik layar industri digital? Seminar Industri bersama Gamelab Indonesia jawabannya! Dapatkan kesempatan untuk menyelami dunia pendidikan dan teknologi digital dengan cara yang seru dan interaktif. Tunggu apa lagi? Ajak sekolahmu untuk mengikuti kegiatan ini! Hubungi kami segera untuk informasi lebih lanjut di sini.


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Selasa, 7 Mei 2024

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI